31 July 2015

Membuat animasi teks tersorot lampu

Membuat animasi tersorot lampu bukan jadi hal yang tidak mungkin untuk dipraktekan di Microsoft Powerpoint. Karena itu, tak ada salahnya bila bahasan kali ini seputaran animasi yang melibatkan teks. Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan pembuka Slide Powerpoint atau bagian Footer untuk membuat Hak cipta yang lebih menarik namun tidak berlebihan pastinya.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 Pengaturan Background
Atur background menjadi gelap, mudahnya diatur menjadi warna hitam. Disini saya kebetulan menggunakan warna tersebut. Klik kanan sembarang area slide lalu pilih opsi Format Background.


Muncul Kotak dialog, silakan pilih warna hitam atau warna gelap lain yang Anda suka, akhiri dengan menekan Tombol Close, seharusnya sekarang warna slide telah berubah dengan warna pilihan Anda.

02 Sisipkan Teks
Untuk menyisipkan Teks Anda bisa menggunakan bawaan Template Slide, bisa juga menambahkannya secara mandiri. Untuk menambahkan secara mandiri, Klik Insert lalu klik Opsi Text Box. Sekarang tarik diarea slide sesuai kebutuhan dan mulai ketikkan kata yang ingin diberikan efek animasi.

Anda bisa mengatur bentuk font maupun ukurannya, namun untuk warna huruf usahakan sama dengan warna background slide yang kebetulan Anda gunakan. Ini akan memberikan kesan bahwa huruf yang Anda ketikan tersembunyi dibalik slide yang Anda bawakan.


03 Buat Bangun Persegi panjang
Membuat bangun Persegi panjang di Powerpoint bukan hal yang sulit saya rasa, namun tentunya tidak hanya membuatnya saja, tapi pewarnaan yang kiranya begitu menentukan. Klik kanan pada bangun persegi panjang lalu pilih opsi gradient Fill. Pada bagian Preset Color abaikan, sedangkan typenya radial. 


Pengaturan lainnya dapat Anda lihat pada gambar, meski begitu ada beberapa bagian yang mungkin berbeda pada masing-masing versi dari Microsoft Officenya.

04 Berikan animasi
Sebelumnya, letakan terlebih dahulu bangun persegi panjang tadi sejajar dengan posisi teks yang sudah disisipkan tadi. Klik bangun persegi panjang lalu klik tab Animations. Klik Lines pada Motion Paths. Normalnya animasi akan berjalan kebawah, atur menjadi bergerak kearah samping kanan dengan mengatur effect options-->Left. 

Namun, bila Anda kebetulan meletakan bangun persegi panjang disisi sebaliknya, maka effect options juga berlaku sebaliknya. Jangan lupa menghilangkan garis border dengan memilih no outline pada bagian Shape Outline. Klik panah merah dan tarik sampai keluar area slide.



05  Ubah posisi Teks
Untuk mengubah posisi teks berguna agar tidak terhalang oleh bangun persegi panjang. Klik teks yang sudah kita buat lalu klik Ikon Arrange pada tab menu Home lalu klik opsi Bring to Front. Seharusnya sekarang posisinya sudah berada didepan slide. Untuk mengujinya Anda bisa menekan Tombol F5 pada Area slide lalu klik disembarang area. Sekarang animasi sudah muncul menyoroti teks yang Anda buat tadi.


Langkah diatas mengakhiri pembuatan Animasi powerpoint yang menarik dengan melibatkan teks. Semoga bisa memberikan manfaat dan dapat menambah wawasan kita kali ini. Sampai jumpa ditutorial selanjutnya.
loading...

5 comments:

  1. Masih bigung saya mas, ini maksud'a buat bikin seperti apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas kalo masih membingungkan, jadi animasinya persegi panjang yan kita buat tadi akan menyoroti teks yang gelap, jadi kelihatannya mirip sinar lampu begitu.

      Delete
  2. setiap kali saya ke sini ada aja trik power point yang menarik...kayaknya mulai diekplore untuk menambah skil dalam design. menarik mas dan lebih mudah diterapkan. makasih.

    ReplyDelete
  3. oh jadi gitu gan
    bagus info nya saya suka
    terimakasih

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...