28 July 2015

Cara membuat Lock Screen mirip Windows 8

Lock Screen, ini biasa ditemui bagi Pengguna Windows 8. Biasanya terdapat banyak sekali pemberitahuan yang muncul, misalnya saja seperti indikator baterai, koneksi, hingga tanggal dan Waktu. Sekarang, kita coba membuatnya di Powerpoint. Lalu, Apa manfaatnya membuat Lock Screen. Anda bisa memberitahu para audiens tentang apa topik yang sedang dibahas, bisa juga sebagai sisipan mengenai kata-kata penting yang mungkin ingin ditekankan sebelum masuk pada deskripsi lebih lanjut.


Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Buat Pesan pada Slide
Teks atau gambar yang ingin ditampilkan pada slide memanglah penting, karena ketika Lock Screen dijalankan. Maka pesan akan ditampilkan kepaa audiens. Bisa ucapan selamat datang, bahasan topik hingga galeri yang mungkin ingin ditampilkan. Anda bebas membuatnya sesuai selera, disini saya hanya membuat Judul Selamat datang dengan sedikit hiasan.


02 | Sisipkan gambar
Karena Lock Screen Windows 8 memang identik dengan gambar, tentu saja menyisipkan gambar menjadi poin penting dalam tutorial kali ini. Anda bisa menyisipkan foto terserah, baik itu asli, editan atau beragam foto yang cocok tentunya dengan presentasi yang Anda bawakan saat itu. Untuk menyisipkan gambar, klik Ikon tab menu Insert lalu pilih Picture.

Muncul kotak dialog, pilih gambar yang diinginkan lalu klik Ok. Muncul gambar, usahakan lakukan sedikit pengaturan hinga gambar menutupi selutuh layar.Berikan animasi dengan cara mengklik tab menu Animations --> Add Animations. Pilih Motion Paths dan pilih yang Lines. Ini akan membuat animasi model garis. Selesai melakukannya, masih dalam keadaan gambar diklik lakukan pengaturan pada effect Options --> up. Ini berguna untuk mengatur animasi berjalan naik, tapi bisa juga Anda kreasikan menjadi turun.


Menu Effect Options bisa ditemui pada tab menu Animations, tapi bisa juga ditemukan dengan cara mengklik animasi pada deretan animation pane. Pada Microsoft Office Powerpoint 2010 bisa dilakukan dengan mengaktifkan terlebih dahulu Opsi Animation Pane di tab Menu Animations, sedangkan versi sebelumnya sudah ada secara otomatis disamping kanan. Klik kanan animasi yang dipilih lalu pilih Effect Options.

Bila sudah mengklik Effect Options dan mengaturnya, jangan tutup dulu kotak dialognya, pilih tab menu Timings. Klik Tombol Triggers lalu klik opsi start effect on click of. Pada kotak, klik panah dan pilih tulisan Picture atau intinya yang mengandung kata tersebut. Akhiri dengan menekan Tombol OK.

03 | Memberikan Teks
Teks sebagai pengganti pemberitahuan, Anda bisa menuliskan judul yang dibahas beserta tanggalnya. Bisa juga perkenalan sebagai sapaan atau hal lain yang sekiranya cocok untuk diletakan pada bagian Lock Screen. Untuk mnambahkan teks, Klik Tab menu Insert --> Pilih Text Box. Tarik pada area slide dan sesuaikan dengan kebutuhan. Lebih baik lagi bila dilakukan pengaturan baik font maupun warnanya. Berikan animasi menghilang agar saat gambar digeser, teks ini tidak mengganggu slide utama.


Klik Text Box lalu klik tab menu Animations --> Klik Add Animations. Pada Animasi, pilih bagian Exit, Anda sebenarnya bisa memilih animasi yang Anda inginkan. Namun, agar kesannya lebih halus. Tak ada salahnya bila Anda memilih Fade (bintang Merah). Animasi ini akan membuat teks menghilang secara perlahan.

Bila langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya animasi akan muncul pada deretan paling atas dengan ikon bintang merah, tarik kebawah sendiri dan klik kanan --> start with Previous. Ini bertujuan untuk membuat animasi berjalan setelah gambar diklik dan animasinya langsung otomatis berjalan, tanpa klik dua kali jadinya.


Langkah diatas mengakhiri pembuatan Lock Screen Windows yang lebih tepatnya mungkin disebut dengan Lock Slide Powerpoint. Semoga bisa menambah inspirasi untuk membuat Slide persentasi lebih canggih dan berkembang tentunya.

Artikel dengan Tag Animasi :
  1. Membuat tirai pembukaan slide
  2. Cara membuat Footer dengan mudah
  3. Membuat Animasi daun tumbuh di Powerpoint
  4. Bagaimana membuat Slideshow
  5. Membuat animasi Pop Up
loading...

2 comments:

  1. muantan penerapannya dan cukup mudah juga. bermanfaat sekali dan bisa digunakan untuk bereksplorasi ke hal yang lebih bagus ya mas. makasih ilmu.

    ReplyDelete
  2. muantan penerapannya dan cukup mudah juga. bermanfaat sekali dan bisa digunakan untuk bereksplorasi ke hal yang lebih bagus ya mas. makasih ilmu.

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...