25 April 2015

Cara membuat slide show dengan navigasi Sederhana

Siapa yang tidak tahu slideshow, saya kira sudah banyak yang mengetahuinya. Kebanyakan dipakai dalam situs-situs yang juga digunakan beberapa kode javascript yang diiringi dengan beberapa plugin tertentu. Kalau begitu, kita akan membuat plagiatnya tapi dengan versi powerpoint, nah daripada banyak bicara mending kita langsung membuatnya.

Karena dalam minggu-minggu Kartini, maka slideshow yang akan dibuat tentu saja mengandung unsur-unsur Kartini. Nah, kita akan menuangkannya pada edisi Slideshow sederhana, ya namanya hanya sederhana. Tentu saja hanya ada dua gambar didalamnya. 
01 | Masukkan gambar dan Teks
Untuk memasukkan gambar, klik tab Menu Insert lalu pilih Picture. Bila sudah, sekarang buat teks dengan tab menu insert lalu klik ikon textbox. Atur sesuai keinginan dan ketikkan kata-kata yang diinginkan. Anda sebenarnya bisa juga membuat kedua-dua dari slideshow berupa gambar. Namun, agar tampak bervariasi Anda bisa membuat teks dan gambar. Bila objek gambar dan teks sudah jadi, letakkan pada posisi berjauhan, pastikan gambar pertama berada pada posisi didalam slide, sedang objek lainnya diluar slide (baik itu gambar juga maupun teks yang sudah kita buat).
Gbr.27 menyisipkan Objek
02 | Lakukan Grouping
Apa itu Grouping ? grouping merupakan penyatuan antar elemen satu dengan yang lain, sehingga bila dipindahkan akan mengikuti seluruhnya. Blok semua elemen (baik yang ada didalam maupun diluar slide) lalu tekan tombol Ctrl + g pada Keyboard. Alhasil, semua elemen akan ditandai oleh garis putus-putus. Bila sudah dilakukan grouping, sekarang geser dulu garis putus-putus yang diklik akan menjadi garis menyambung dan pastikan bahwa ada garis putus-putus yang menyelubungi keseuruhan gambar yang ada didalam dan diluar slide. Untuk lebih mudahnya, Klik salah satu elemen (gambar atau teks) , bila muncul garis ganda seperti pada screenshoot maka grouping telah selesai. Taruh agak kebawah, pastikan semua elemen jadi turun serempak, kita akan membuat navigasinya.

Gbr.27a membuat navigasi

03 | Membuat Navigasi
fungsinya sebagai navigasi saat diklik akan bergerak eleman yang tadi kita buat. Untuk membuatnya kita bisa memakai bentuk Chevron. Caranya klik Ikon Shapes pada tab menu Home atau Insert —> Pilih bentuk Chevron pada bagian Block Arrows. Buat dua bentuk tapi yang satunya dibentuk berlawanan (kebalikan) dengan cara mengklik bulatan hijau untuk memutarnya.
04 | Memberikan animasi
Gbr.27b memberikan animasi
Animasi yang kita berikan yakni bergeser kearah kanan dari posisi kita maksudnya. Tarik gambar yang sudah kita sisipkan pada langkah pertama pada tengah-tengah posisi Slide. didampingi oleh dayang-dayang Navigasi. Klik gambar dan pastikan elemen yang diluar slide juga ikut terangkat. Klik Tab menu Animations —> Klik Lines pada bagian Motion Paths. Bila sudah, atur effect options menjadi Right pada tab menu Animations.
Bila langkah diatas sudah dilakukan, otomatis akan muncul panah hijau yang searah menunjuk panah merah. Klik panah merah lalu atur menjadi panjang, ini berguna membuat elemen pertama menjadi keluar dari slide dan elemen kedua (diluar slide) menjadi didalam slide. aktifkan Animation pane untuk melihat hasil dari pergerakan animasi dengan cara menekan Tombol Play.

Bila terlalu melebihi jauhnya pergerakan, Anda bisa mengklik panah warna merah dan mengaturnya menjadi pendek dengan menariknya secara hati-hati agar tetap dalam kondisi lurus. Mungkin ini akan menyita waktu, tapi animasi yang dihasilkan juga tak kalah menarik, atur hingga posisi elemen pertama dan kedua berjalan dan berhenti pada posisi yang tepat.
05 | Mengkoneksikan pada navigasi
Karena kita membuat animasinya berjalan kearah kanan, maka panah kearah kanan yang akan kita modifikasi. Klik animasi pada animation pane —> Pilih Timings. Muncul kotak dialog lalu klik Tombol Triggers. Klik bulatan Start effect on click of —> Klik panah kecil lalu pilih Chevron pada drop down, normalnya akan ada dua chevron. pilih yang memiliki angka lebih awal. Misalnya dalam anak panah ada chevron 5 dan Chevron 6 , maka pilih Chevron 5. Begitu seterusnya.

gbr.27c mengatur efek timing
Bila sudah, tekan area slideshow dengan tombol F5 pada Keyboard lalu coba klik navigasi kearah kanan yang sudah kita buat. Bila sukses, kita tinggal melakukan modifikasi sedikit, namun bila tidak ada reaksi, Anda bisa memilih Chevron yang lain atau Chevron dengan angka lain pada kotak dialog Timings.
06 | Melakukan Modifikasi
pada Navigasi yang kita klik tadi kita akan memberikan animasi menghilang, klik navigasi tersebut lalu klik Ikon Add animations pada tab menu Animations —> pilih Fade pada bagian Exit. Muncullah animasi baru pada animation pane, tarik kebawah pada animasi sebelumnya (biasanya bernama Group lalu diikuti angka) klik kanan pada animasi fade tadi lalu pilih Start with Previous. Ini akan membuat animasi berjalan otomatis ketika animasi pertama dijalankan.

Gbr.27d Membuat animasi Fade

Modifikasi selanjutnya kita akan membuat navigasi lain muncul saat navigasi yang diklik menghilang. Klik pada navigasi lainnya (disini saya memilih navigasi kiri yang diberikan animasi) caranya hampir sama dengan yang tadi, bedanya cuma Pilih Fade pada bagian Entrance bukan Exit. Lalu, lakukan hal yang sama yakni dtarik dibawah lalu klik kanan —> Start with previous.

Kembali jalankan animasi dengan cara tekan Tombol F5. Normalnya, ketika animasi dijalankan, maka navigasi salah satunya akan hilang.Lalu klik navigasi yang ada dan perhatikan bahwa navigasi yang lain muncul. Lalu, kenapa navigasi yang muncul itu tidak bisa diklik, itu karena kita belum memberikan sentuhan animasi didalamnya. Ini bisa menjadi bagian dari hiasan powerpoint agar tidak memakan tempat, namun tetap bisa bersatu dalam satu slide.


gbr.27e mengatur animasi otomatis

loading...

12 comments:

  1. Saya banyak juga mas koleksi nmodel slide show buatan orang. Memang semakin banyak koleksinya pasti makin banyak juga inspirasi buat mengembangkannya.

    Termasuk cara yang disuguhkan di atas sangat membantu dalam membuat navigasi dalam slide show yang berefek dimensi.

    Makasih banget mas.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas pujiannya. Semoga tutorial mengenai Powerpoint diatas dapat menambah koleksi sekaligus memberikan manfaat untuk diterapkan. Terima kasih juga sudah mau main kesini.

    ReplyDelete
  3. power point ini perlu sekali untuk guru guna presentasi baik di kelas maupun saat workshop atau penataran terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tentunya dengan penataan yang menarik akan membuat Slide Powerpoint tidak begitu membosankan.

      Delete
  4. Boleh dicoba nih mas kalo nanti bikin presentasi dengan sistem navigasi seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan Pak, semoga tutorialnnya mudah untuk dimengerti. Memang, dengan slide yang minimal menuntut untuk disajikan topik yang diolah dengan baik tentunya.

      Delete
  5. saya serap ilmunya, pekan depan saya juga mau pake power point di sebuah acara nih
    thank u banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terima ya kasih dan selamat mencoba untuk menyerap tutorialanya, kalo misalnya ada yang kurang paham, Silahkan ditanyakan lebih lanjut,, baik selamat mencoba.

      Delete
  6. tentunya dengan adanya slide show, lebih memudahkan lagi dalam presentasi ya mas, boleh dicoba nih,trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan tutorial Membuat Slideshow dengan Powerpoint Bisa membuat slide lebih ringkas dan lebih rapi tentunya. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  7. Replies
    1. Makasih ya buat pujiannya kak Adi Kurniadi Silakan dicoba buat sendiri.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...