17 May 2015

Membuat Efek Loading dengan Mudah

Bila sebelumnya, kita sudah membuat animasi background slide modal bangun lingkaran seperti link postingan dibawah ini :
Cara membuat animasi Background dengan lingkaran
Masih berhubungan dengan bangun lingkaran kita akan membuat loading, Kalau biasanya kita menjumpai klik dari loading di Situs-situs yang banyak bertebaran di Internet, hal ini bisa diwujudkan melalui Aplikasi Microsoft Powerpoint. Ya, adanya efek loading tentunya dapat diberikan fungsi atau hanya sekedar hiasan belaka, tentunya agar slide persentase yang dibawakan dapat memberikan kesan yang halus dan mudah ditangkap, jadi tidak secara langsung muncul.

Gbr.34 Efek Loading di Powerpoint
Adanya efek loading akan memberi jeda yang pasti, itu karena tak perlu melakukan pengambil data, tinggalah penampilan data yang sudah dibuat. Sehingga peserta akan diberikan kesan yang lebih mudah sooal pemahaman. Tentu Anda memiliki kebebasan dalam melakukan kombinasi didalamnya, Misalnya seperti penampakan pada gambar dibawah ini. Ketika Tombol diklik, maka animasi loading akan berjalan dan ketika loading selesai akan memunculkan gambar.

Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buat 2 bangun Lingkaran
Buatlah Bangun lingkaran dengan Mengklik Ikon Shapes yang terdapat pada Tab Menu Home atau Insert. Klik Bangun circle atau Lingkaran, usai itu tarik dan sesuaikan besarnya terserah. Berikan warna agar lebih menarik dengan Menggunakan Ikon shape Fill dan berikan garis terluar (border) klik ikon Shape Outline.

Gbr.34a Membuat bangun Lingkaran

Buat lagi bangun lingkaran dengan cara yang sama, namun buat bangun lebih kecil dari bangun awal. Anda tidak harus membuat bangun Lingkaran, bisa juga bangun lainnya yang bisa Anda gunakan pada Ikon Shapes. Jangan lupa untuk mengatur ukurannya saja agar lebih kecil, karena bangun lingkaran dilangkah pertama akan menjadi sasaran animasi Loading.

02 | Berikan Animasi
Selanjutnya, Klik bangun lingkaran atau lingkaran pertama yang kita buat, Klik tab menu Animations. Klik Ikon Add animations atau Add effect (Pada Microsoft Office Powerpoint 2007). Selanjutnya, Klik Animation Entrance (bintang hijau) Pilih Animasi Wheel. Otomatis, animasi bangun Lingkaran sudah ditambahkan.
Gbr.34b Memberikan animasi

Aktifkan Animation Pane dengan mengklik Ikon Animation pane (Pada beberapa versi sudah otomatis aktif). Klik bangun lingkaran kedua atau bangun lainnya yang sudah Anda buat pada langkah sebelumnya, Anda ketikkan huruf atau karakter apapun. Selesai, Klik Animasi pada Animation pane, klik kanan pilih opsi Timings. Muncul kotak dialog klik Tombol Triggers, Klik Opsi start effect on click of , klik panah drop down lalu Pilih Bangun selain oval, ini bila bangun keduanya tidak menggunakan bangun lingkaran.

Bila kebetulan kedua bangun yang digunakan adalah sama-sama lingkaran, Klik bangun oval yang diikuti dengan karakter yang diketikkan, kebetulan saya mengetikkan kata Mulai pada Bangun Lingkaran, maka pada kotak dialog saya mengklik opsi Oval : Mulai, kata bagian akhir mengikuti kata yang diketikkan pada elemen. Akhiri dengan menekan Tombol OK.

03 | Uji coba dan kembangkan
Langkah diatas telah membuat animasi loading berjalan, selanjutnya lakukan uji coba dengan menekan Tombol F5, Bila kebetulan kursor belum muncul, tunggu beberapa sesaat sambil digeserkan pada area slide, lalu coba klik tombol yang muncul, bila animasi berjalan maka Kita sudah berhasil membuat animasi Loading di Powerpoint tentunya.

Gbr.34c Mengatur Triggers

Selanjutnya Anda bisa melakukan pengembangan terhadap animasi tersebut, misalnya saja dengan menampilkan gambar saat animasi loading selesai, menampilkan elemen lain atau menuju pada slide selanjutnya. Pada efek diatas, saya menyisipkan efek Fade (entrance) pada gambar dan meletakkannya pada bagian bawah animasi dengan tanda kursor, selanjutnya khusus animasi fade lakukan klik kanan dan pilih opsi Start with Previous. Sehingga animasi akan berjalan otomatis, tanpa perlu perintah berulang.

Semoga tutorial diatas dapat memberikan manfaat bagi slide Anda, meskipun hanya sebatas hiasan belaka. Setidaknya, efek laoding yang dipadukan dengan beragam efek menarik mungkin akan.

Artikel hampir mirip :
Cara membuat Tombol sulap Loading (dengan efek yang berbeda) 

Artikel dengan Tag Animasi :
Cara membuat lampu sorot untuk Slide
Membuat animasi lampion menyala
Slideshow sederhana dengan navigasi di Powerpoint
Membuat animasi Tirai di Slide
loading...

20 comments:

  1. Memang serba bisa sipower point ini sering kesini jadi tambah ilmu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Dwi, Semoga bisa bermanfaat apa yang dibagikan.

      Delete
  2. Tampilan gambarnya jadi semakin atraktif ya mas, pingin juga belajar deh jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, soalnya kalo ditampilkan sederhana atau bersifat statis kesannya lebih beku. Jadi, bagaimana membuatnya atraktif namun tidak berlebihan juga.

      Delete
  3. keren mas efeknya di tangan sipowerpint aplikasi ms. powerpoint jadi keren gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa aja kok mas, saya yakin mas denyy pasti bisa membuat dan tentunya mengembangkannya agar menjadi hal yang lebih menakjubkan, pastinya.

      Delete
    2. iya sih mas kalau mau belajar pasti bisa

      Delete
  4. Wah, gitu ya mas cara buat animasi di power point. Ntar dicoba deh, dapat ilmu baru neh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, kurang lebih sih begitu. Namun tentunya pada masing-masing versi Powerpoint terdapat sedikit perbedaan, meskipun memiliki hasil yang sama.

      Delete
  5. ternyata bsa juga ya membuat efek seperti ini di PP. keren deh infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pujiannya, tentu bakalan ada yang lebih keren lagi kok.

      Delete
  6. bisa di coba dan diterapkan nih mas efek loading nya, semangat berkarya ya mas moga makin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, terima kasih buat masukan positifnya. Saya bakalan lebih rajin lagi untuk berbagi informasi yang bermanfaat.

      Delete
  7. perdana nih masuk kesini mas, salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kunjungan berapapun bahkan berkai-kali juga nggak masalah kok mas, bahkan saya seneng malahan ada yang nemenin.

      Delete
  8. bisa belajar banyak disini nih mengenai power point mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat dan mudah diikuti semua tutorialnya, terima kasih juga atas kunjungannya.

      Delete
  9. Wah bagus banget nih infonya makasih gan. jadi tambah ilmu nih

    ReplyDelete
  10. Wah tutornya keren juga ni mas, saya terkesan......anda memang ahli memanfaatkan powerpoint.....

    ReplyDelete
  11. Wah hebat juga animasi power pointnya...tapi apakah animasi loading ini bisa disimpan dalam bentuk gif mas ?

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...