15 May 2015

Membuat animasi Background dengan lingkaran

Kalau biasanya kita membahas mengenai animasi yang tampil diberikan kepada objek, kali ini kita akan membahas dengan kategori yang sama yakni Animasi, namun lebih difokuskan pada latar belakang atau background. Untuk membuat animasi background yang sederhana, kita akan menggunakan objek lingkaran sebagai sasaran yang dipoles sedikit. Meskipun kelihatannya animasi diberikan pada objek, tapi dalam artian Objek tidak memiliki fungsi hanya sebagai hiasan latar belakang. Sebagai contoh, berikut buatan saya, dengan kombinasi Teks tentunya.


Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010 (Direkomendasikan) dan diatasnya.
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buat Objek Lingkaran
Untuk membuat objek lingkaran cukup mudah, klik Ikon Shapes --> Circle pada basic shapes. Circle atau lingkaran yang dibuat sesuaikan besarnya sesuai keinginan, disini saya membuatnya dengan beragam ukuran yang ditempatkan diluar slide. Jika dirasa terlalu sulit untuk meletakkannya pada luar slide, Anda bisa mengecilkan ukuran slide dengan memperkecil persentase pada bagian pojok kanan.

Gbr.33 Membuat Bentuk Lingkaran

Sekarang Anda bisa memberikan warna dan menyesuaikan garis terluar / border bila diperlukan. Kebetulan saya tidak menggunakan garis luar dan menggunakan warna putih. Semakin banyak objek lingkaran yang Anda buat, maka hasilnya akan terkesan lebih menarik. Tak harus melakukan langkah awal, Anda cukup membuat satu bentuk dan memberikan warna lalu gandakan dengan menekan Tombol Ctrl + d pada Keyboard. Selanjutnya atur agar rapi dan sesuaikan besarnya bila ingin membuat bentuk dengan ukuran yang beragam.

02 | Mengatur warna Background Slide
Cara mengatur warna background pada Powerpoint cukup mudah, klik kanan pada area slide --> Format Background. Muncul kotak dialog, Pada tab menu Fill --> Anda bisa memilih warna background yang diinginkan. Anda bisa memilih satu warna dengan mengklik Opsi Solid Fill dan memilih Gradient Fill untuk memberikan gradasi warna pada Powerpoint. Sedangkan untuk pattern maupun texture dan yang lainnya bisa Anda coba dan kombinasikan.


Saya menggunakan Gradient Fill, Preset Colors dengan warna mirip api dengan type radial, dan direction yang berada pada posisi ketiga, akhiri dengan menekan Tombol Close. Sekarang, latar belakang slide harusnya sudah berubah bila menerapkan langkah-langkah diatas.

03 | Memberikan Animasi
 
gbr.33a Memberikan animasi
Blok seluruh objek lingkaran, untuk memberikan animasi pada powerpoint, klik tab menu Animations. Klik Ikon Add animation atau Add effect (Pada Versi Microsoft Powerpoint 2007 dengan mengaktikan animation pane). Pilih animasi Zoom pada Entrance effect (Bintang hijau).

Otomatis, seluruh lingkaran akan memiliki animasi membesar kalau langkah-langah diatas diterapkan secara benar. Klik Ikon Animation pane (bila belum diaktifkan). Otomatis akan muncul deretan animasi. Untuk mengehmat waktu, klik urutan animaisi paling awal lalu diikuti dengan menekan Tombol Shift pada keyboard. Klik opsi Start with Previous.

Dengan mgnklik opsi ini, animasi akan dijalankan secara otomatis.Klik Effect Options pada Tab menu Animations klik Effect Options --> Slide Center., sedangkan Untuk Microsoft Office 2007 opsi ini belum ada, solusinya klik deretan animasi pada Animation Pane lalu klik kanan pilih Effect Options.  Ini akan membuat lingkaran akan muncul dari pusat tengah dan membesar hingga keluar dari slide.

Gbr.33b Mengatur Effect Options
04 | Mengatur Kecepatan Animasi
Pada Microsoft Office 2007, Anda bisa mengatur kecepatan dari jalannya lingkaran dengan mengklik satu persatu atau beberapa diantaranya pada animation pane lalu klik opsi durasi, dimulai dari
Very fast artinya sangat cepat, fast artinya cepat, Medium artinya Menengah, Slow artinya lambat, sedangkan Very Slow artinya sangat lambat. Anda bisa menyesuakan satu persatu agar animasi yang dijalankan lebih bervariasi, ada yang lingkarannya berjalan cepat, menengah hingga yang versinya melambat.

Gbr.33c Memberikan Start With Previous

Pada Microsoft Office 2010 dan diatasnya, Anda bisa lebih bebas lagi dalam memberikan pengaturan kecepatan gerak objek animasi. Anda bisa mengatur durasi pada Opsi Duration di Tab Menu Animation. Anda bisa berkreasi mengenai deretan angka-angka yang Anda inginkan untuk disesuaikan. Semakin sesuai dan beragam, kreasi background yang dihasilkan tentunya akan lebih beragam.

05 | Animasi tanpa batas (Bebas)
Bebas artinya bukan menjadi bagian yang wajib untuk diikuti. Animasi yang dijalankan akan berjalan dalam periode tertentu atau berjalan terus menerus hingga ada klik bahkan animasi yang terus berjalan dan hanya bisa dihentikan ketika berganti slide.

Gbr.33d Memilih opsi Until End of Slide

Blok semua deretan animasi pada Animation Pane. Klik kanan lalu ---> Timings. Muncul kotak dialog, Pada bagian Repeat atau mengulangi, klik panah dropdown lalu pilih jumlah angka atau memilih animasi yang berjalan dan berhenti ketika ada klik selanjutnya. Bisa juga memilih opsi seperti yang saya gunakan, Until End of Slide. Animasi akan terus menerus dijalankan hingga slide berakhir.

Akhrii dengan menekan Tombol OK, sekarang Anda bisa menjalankannya dengan menekan Tombol F5 pada keyboard atau mengklik opsi Slide show paa Tab menu Show. Langkah diatas mengakhiri tutorial animasi background powerpoint yang sudah kita bahas. Beberapa cara diatas mungkin memiliki perbedaan pada versi sebelumnya, namun menggunakan metode yang tidak jauh berbeda hasilnya juga tak kalah menari. Saya sudah mencobanya di Microsoft Office 2007 maupun 2010.

Anda tentunya bebas untuk berkreasi dan mengembangkannya agar lebih sesuai, Misalnya memberikan teks pembuka, bisa juga menjadi kredit dibagian paling akhir presentasi. Anda bebas untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Artikel dengan tag Animasi :
Cara membuat Lampu Sorot dengan Mudah
Membuat Lampion menyala
Cara membuat Animasi Tulisan Mengecil
Membuat Tirai Pembukaan Slide Powerpoint
Cara Membuat Slidedshow dengan navigasi Sederhana
loading...

1 comment:

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...