11 May 2015

Cara membuat Pensil di Microsoft Powerpoint

Membuat Pensil tentu tak harus datang ke Pabriknya bila itu berwujud gambar. Kalaupun, Anda memang membutuhkan gambar pensil mungkin tak harus direpotkan dengan mencari gambar pada situs-situs yang menyediakannya secara gratis, baik dengan gratis seutuhnya ataupun memberikan kredit sebagai bentuk penghargaan terhadap karya mereka. Sekarang, Anda bisa membuat hasil karya Anda sendiri untuk membebaskan segala bentuk hak cipta dengan menggunakan Perangkat lunak Microsoft Powerpoint.

Pensil, Hiasan Pensil, Ilustrasi Pensil, Kreasi Pensil, Kreasi Powerpoint
Gbr.32 Hasil Modifikasi Pensil

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007,2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : tutorial

01 | Buat Bentuk Persegi Panjang
Sebelumnya, buat dulu slide baru dengan menggunakan ikon New lalu atur Layout menjadi Blank yang berarti kosong. Bila sudah buat bentuk persegi panjang dengan cara Klik Ikon Shapes yang terdapat pada Tab menu Home atau Insert. Pilih bentuk persegi panjang pada bagian Rectangle.

membuat gambar pensil, Kreasi Powerpoint
Gbr.32a membuat bentuk Persegi Panjang
Drag atau tarik membentuk persgi panjang memanjang kebawah, sehinga bentuknya menyerupai badan pensil. Bila sudah, silakan berikan warna dengan menggunakan Shape Fill maupun memberikan warna luar atau border dengan menggunakan Shape outline.

02 | Membuat ujung Pensil
Untuk membuat ujung pensil, dapat menggunakan Bentuk segitiga. Dengan cara yang tak jauh berbeda dengan Klik Ikon shapes lalu pilih bentuk segitiga atau Triangle. Drag atau tarik pada area slide secukupnya, lalu putar searah jarum jam dengan menekan Tombol Lingkaran hijau yang muncul saat segitiga diseleksi.
Pensil untuk Powerpoint, Kreasi Powerpoint
Gbr.32b membuat bentuk Segitiga
Jangan lupa untuk menempatkannya pada bawah badan pensil lalu sesuaikan dengan besarnya. Gandakan bentuk segitiga lalu perkecil bentuk tersebut. Bila sudah, tempatkan pada segitiga. Ini akan memberi kesan adanya arang dalam pensil yang sudah kita buat sebelumnya.

03 | Pemberian Penghapus
Penghapus yang diselipkan pada bagian atas pensil memang banyak dijumpai. Untuk membuat hal yang sama, kita bisa membuatnya dengan mengklik bangun tabung yang disebut juga Can lalu drag secukupnya pada slide. Anda bisa mengatur dan meletakkannya pada bagian atas badan pensil yang sudah jadi, Selesai Pensil Anda sudah selesai dibuat.

Kreasi Pensil di Kreasi Powerpoint
Gbr.32c Membuat bentuk Tabung

Anda bisa melakukan perubahan warna maupun perubahan warna garis terluar atau border pada Gambar pensil buatan Anda. Bila dirasa tidak ingin memberikan warna, Anda bisa memilih opsi No fill pada Shape Fill dan No Outline pada Shape Outline.

Anda bisa melakukan kreasi, misalnya dengan membuat gambar agak miring sesuai keinginan Anda. Anda bisa menggabungkan seluruh elemen lalu melakukan grouping. Caranya, blok semua bagian pensil lalu Klik kanan -> group --.>Grouping. Bisa juga langkah cepatnya dengan menekan Tombol Ctrl + G pada Keyboard.

Anda bisa juga membuat bentuk persegi panjang dan menempatkannya pada bagian badan pensil tentunya dengan ukuran yang lebih kecil. Ini berguna untuk menghias badan pensil, Anda bisa mengkreasikan banyak bentuk untuk bisa dikembankan lebih lanjutnya tentang alat tulis ini. Semoga Bermanfaat.

Bila kebetulan Anda ingin menjadikannya sebagai gambar, Anda bisa membaca tutorialnya melalui link dibawah ini :
Cara menyimpan gambar di Powerpoint


Artikel dengan Tag Tutorial :
Cara  membuat Galeri foto yang menarik dengan Microsoft Powerpoint
Cara Membuat Lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat hiasan mawar merah di Microsoft Powerpoint
Cara membuat Jajanan Dadar gulung di Powerpoint
loading...

2 comments:

  1. one simple method

    terkutuk lah aku yang terlalu pemalas dan lebih suka nyari vektor pensil di google hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem banget, kalo gitu mulai sekarang buat sendiri aja lalu tinggal disimpannya. Lagian kalau buat sendiri kan bisa disesuaikan mulai model hingga warnnya, bener nggak ?

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...