18 April 2015

Mari membuat jajanan dadar Gulung Coklat

Jajanan Jawa  ini memang banyak dijumpai baik diwarung-warung maupun pasar jajanan, ya namanya juga jajanan. Bila kita membuatnya dengan menggunakan adonan. Ya, Sipowerpoint akan membahas jajanan dadar gulung coklat versi Microsoft Powerpoint. Dibawah ini merupakan penampakan dari jajanan Dadar gulung Coklat yang akan kita buat.

dadar gulung, makanan dadar gulung, powerpoint
Gbr.25 Dadar gulung versi Powerpoint

Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Menengah
Jenis : Tutorial

01 | Buat inti dadar gulung
Tentunya siapkan dulu slide powerpoint kosong dan mengatur layout menjadi Blank. Setelah itu, klik ikon shapes -> pilih Flowchart : Direct access storage (bentuk tabung mendatar). Hilangkan garis terluar bangun, caranya klik Shape Outline menjadi no outline.

Selanjutnya, kita akan membuat bagian dalamnya jadi lebih berwarna, klik kanan pada bangun lalu pilih opsi Format Shapes. Muncul kotak dialog, pilih Gradient fill pada tab Menu Fill. Muncul Pengaturan gradient. Dengan posisi tetap pada Type : Linear, lalu pada direction pilih linear up. Cara mengetahuinya, geser kursor pada pilihan warna direction, muncul teks informasinya.

Gbr.25a membuat bangun inti dadar gulung

Sedangkan, pada warna gradient disini saya menggunakan Tan. Pada panah pertama di Gradient Stop, saya menggunakan Tan dengan  darker 25 % (Posisi tan dapat dilihat pada gambar) untuk mengetahui tingkat kegelapan (darker) dapat dengan cara menggeser melalui kursor pada deretan warna. Sedangkan pada bagian paling tengah menggunakan tingkat kegelapan lebih rendah, tentunya dengan pewarnaan yang sama yakni Tan.


2. Buat Lingkaran
Lingkaran disini berfungsi sebagai bagian depan dadar gulung agar memberikan kesan bahwa bagian depannya memang tampak digulung. Cara membuat lingkaran dengan cara Klik ikon shapes —> oval. Atur secukupnya dan letakkan pada ujung kanan bentuk inti, hilangkan warna defaultnya (biru tua) dengan cara klik Shape Fill -> No fill. Sedangkan, atur garis bordernya cukup tebal. Yakni dengan cara Klik shape outline-> PIlih warna tan yang memiliki darker 50% lebih gelap dari gradasi warna pada bangun inti.

Mengatur gradasi warna pada powerpoint
Gbr.25b memberikan warna paa powerpoint

Atur ketebalan garis pada bangun lingkaran, Klik Shape Outline -> Pilih Weight -> Pilih opsi ketebalan yang diinginkan. Disini, saya menggunakan 6pt, Anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan tentunya.

3. Buat Bentuk Arc
Arc merupakan bentuk garis yang cukup melengkung, Untuk membuatnya cukup Klik Ikon shapes -> Arc pada bagian Basic Shapes. Tarik secukupnya pada slide, atur ketebalannya dengan menggunakan shape outine -> Weight —> 4,5 pt (empat setengah pt). Gunakan titik kuning bagian bawah untuk membuatnya lebih melengkung pada garis yang sudah kita buat (arc sebelumnya).

Gbr.25c Membuat bentuk Arc

Gandakan bentuk Arc dengan cara menekan Tombol Ctrl + d pada Keyboard. Maka akan terbentuk dua bentuk Arc, perkecil bentukArc kedua. Lalu, putar sampai bisa tersambung dengan arc pertama.Perbesar slide bila dirasa kurang jelas, usahakan tersambung dengan baik antar kedua Bentuk Arc.

Bila keduanya telah tersambung dengan baik, selanjutnya sisipkan pada lingkaran yang telah kita buat sebelumnya. Dengan begitu, maka bagian ujung sudah selesai. Selanjutnya, kita akan menambahkan hiasan pada dadar gulungnya. Buat bentuk Bulan, Shapes —> Moon pada basic Shapes. Tarik dan sesuaikan besarnya dengan bangunan inti, karena fungsi bentuk ini akan menjadi hiasan bangun inti.

Gbr.25d menyatukan dua bentuk Arc

Atur pewarnaan dan gandakan secukupnya, disini saya menggandakannya menjai tiga bagian. Bila dirasa hiasannya terlalu tebal, Anda bisa sedikit mengaturnya dengan mengkil bentuk segi empat warna kuning ketika ingin membuatnya terkesan lebih tipis.

4. Penataan Dadar gulung 
Untuk memberi kesan menarik dan tetap rapi, gandakan menjadi dua bagian sehingga berjumlah tiga bentuk, lalu susun secara bertingkat, paling bawah dua dan sisanya berada diatas. Anda bisa menggunakan warna tan yang sama pada border yang digunakan pada desain terdahulu.

Bila dadar gulung model Powerpoint sudah diatur, saatnya membuat piring sebagai tempat untuk penyajian. Caranya Anda bisa membuat lingkaran kecil dengan warna lebih gelap, lalu buat lagi lingkaran dengan posisi yang juga oval dengan ukuran lebih besar dari sebelumnya. Berikan warna yang sesuai dan diinginkan.

Gbr.25e Penataan dadar gulung

Hasilnya ? Tentu saja seharusnya sudah cukup menarik, melihat penataan dadar gulung yang begitu menarik. Anda tentunya bisa melihat santapan kuliner yang ada pada Microsoft Powerpoint. Pada kesempatan selanjutnya, kita akan coba memberikan hiasan pada Dadar gulung coklat yang sudah selesai kita buat, tinggal menambahkan sedikit hiasan agar terkesan lebih menarik. Oh ya, jangan lupa mengatur posisi piring berada dipaling bawah (lingkaran kecil dan lingkaran besar), caranya klik Arrange —> Send to Back.

Pada bahasan selanjutnya, kita akan memberikan hiasan pada dadar gulung coklat yang sudah kita buat. Yakni dengan membuat hiasan daun maupun buah cery dan stick coklat.

Artikel dengan tag Tutorial :
Yuk, buat cupcake di Powerpoint
Cara membuat hiasan mawar merah di Microsoft Powerpoint
Mari membuat galeri foto modal Powerpoint
Membuat lampion dengan mudah dengan aplikasi ini
loading...

21 comments:

  1. kkkk ada ada aj lo sob...kirain gw selama ini power point hanya buat presentasi,,, eh taunya juga bisa buat dadar gulung
    wkwkkwkw ngakak gw..
    knpa buat blog cm membahas powerpoint?? harusnya lebih umum dong, misalnya MS. office sehingga bisa banyak pembahasan yg bisa diposting dan dibuat artikel seperti: ms word, powerpoin, excel,
    http://www.pojokshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, karena memang khusus buat powerpoint aja emang kreasinya. Makasih ya buat pujiannya dari admin Pojokshare.

      Delete
  2. Replies
    1. Waduh...nggak yakin juga bisa buat kayak beginian.

      Delete
  3. lama-lama sepertinya photoshop dan corel draw bisa ditinggalkan orang nih..
    pake power point aja bisa desain cantik begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak juga sih, kedua aplikasi tersebut nyatanya masih ngeksis diunduh. Ini sih nggak ada apa-apanya dibanding kedua aplikasi tersebut.

      Delete
  4. Replies
    1. Makasih ya mas Adi atas sanjungannya. Semoga, makin banyak yang lebih keren dari ini, tentunya yang juga enak buat dilihat.

      Delete
  5. kalo ada printer yang 4 dimensi mantap masak bisa pake pc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para koki bisa-bisa merapikan penggorengannya. Tapi, enak dong yang jadi designer atau ilustrator yang mungkin akan membuat jajanan yang lebih enak, mulai dari penggunakan aplikasi biasa hingga berbayar untuk urusan desain.

      Delete
    2. ya para koki harus ganti propesi . :D

      Delete
  6. hehehe sy baru tau lho bisa bikin dadar gulung di powerpoint, selama ini saya bikinnya pake photoshop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, kecanggihan aplikasi memang memberikan hasil menakjubkan kalau kreatif dalam mengelolanya.

      Delete
  7. Wah, baru tahu kalau power point juga bisa digunakan untuk membuat gambar seperti itu, saya kira cuma hanya bisa dibuat di Corel, Photoshop, dan editor mages lainnya. Thanks mas, ini sangat membantu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kalo dengan Powerpoint aja bisa, kenapa enggak. Tapi ya terlepas itu semua, aplikasi-aplikasi diatas memang masih diperlukan untuk membuat kreasi-kreasi lain yang nggak kalah keren.

      Delete
  8. serius gokil nih tutorial, saya kira sejak dulu power point hanya digunakan untuk presentasi.... hehehe good job

    ReplyDelete
  9. Kok gue baru tau yah? Apa jangan2 gara2 dulu pas pelajaran Komputer suka tidur saking acnya dingin banget? Jiakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benarkah ? Tapi saya dulu udah melototin pelajaran ini sekalipun, nyatanya nggak ada guru yang mau ngajarin kayak ginian tuh kelihatannya.

      Delete
  10. kreatif banget n hasilnya kereeeen,,heheee

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...