28 April 2015

Cara membuat slideshow dengan navigasi sederhana bag.2

Bila sebelumnya kita sudah membuat animasi kartini, nah ini merupakan lanjutan dari tutorial slideshow yang kita sempurnakan agar hasilnya lebih optimal tentunya. Bila Anda belum mengikuti tutorial sebelumnya, Anda bisa membacanya melalui link dibawah ini :
Cara membuat slideshow dengan navigasi sendiri

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Berikan animasi
Klik pada gambar agar terseleksi, lalu berikan animasi dengan langkah yang sama seperti langkah sebelumnya, namun pada ikon Effect Options, silahkan pilih Left untuk arahnya. Ketika pada awalnya kita membuat arah kanan ( Right ), maka pada selanjutnya kita membuat arah yang berlawanan. Bila sudah, Lakukan hal yang sama, yakni menarik panah warna merah dan sesuaikan panjangnya dengan animasi sebelumnya. Yakni, animasi pada arah menuju RIght (kanan). Sehingga, bila kita melakukan pergerakan animasi, bisa berjalan dengan baik.

Gbr.28 mengatur animasi 
02 | Koneksikan dengan Chevron
Tentu kita sudah tahu, apa yang dimaksud Chevron, ya navigasi yang kita gunakan untuk mengatur jalannya animasi. Jangan lupa untuk tetap mengaktifkan animation pane dengan cara mengklik ikonnya pada tab menu Animations. Animasi yang baru saja kita buat, normalnya terletak pada urutan yang paling atas. Klik kanan --> Timings.
Gbr.28a Mengkoneksikan dengan Chevron

Muncul kotak dialog, selanjutnya Klik tombol Triggers, klik opsi Start effect on click of, klik panah drop down lalu pilih chevron yang nilai angkanya lebih besar, jadi bila ada chevron 5 dan 6 seperti yang kebetulan saya dapatkan, maka saya memilih Chevron 6. Akhiri dengan menekan tombol OK.

Ketika langkah diatas telah dilakukan, maka deret animasi tadi akan turun kebawah dengan ditandai Chevron 6 atau chevron yang sesuai piihan pada animation Pane. Anda bisa mencobanya dengan menekan Tombol F5, eitss tutorial animasi belum selesai.

03 | Pemberian efek pendukung
Selanjutnya mudah saja, perhatikan bintang merah dan hijau pada animation Pane di Chevron 5. Nah, ada bintang merah yang berfungsi menghilangkan, sedangkan bintang hijau memunculkan. KIta tinggal memberikan efek yang sama saja namun dibalik. Jadi, bila bintang merahnya chevron 5, maka selanjutnya bintang merahnya Chevron 6, begitu pula dengan bintang hijau.

Gbr.28b Efek pendukung dengan animasi Fade

Untuk memberikan efek bintang merah, klik navigasi yang menunjuk arah kiri lalu klik ikon Add animations lalu pilih Fade pada bagian Exit. Sedangkan untuk memberikan bintang hijau sama dengan tutorial sebelumnya, hanya saja pilih fade bagian Entrance.

04 | Sesuaikan Animasi
Bila langkah-langkah diatas sudah diterapkan, selanjutya tarik bintang merah dan hijau pada bagian atas pada bagian bawah Chevron 6 sesudah Group, klik kanan pada masing-masing efek dan klik opsi Start with Previous. Ini akan membuat animasi berjalan otomatis ketika tombol diklik (navigasi Chevron 6).

Gbr.28c Pengaturan animasi berjalan otomatis

Tutorial diatas mengakhiri pembuatan animasi slide show sederhana tema kartini kali ini, Anda bebas untuk mengembangkannya agar tampak lebih menarik, misalnya memberi gradasi warna, memberikan sedikit penjelasan hingga mengganti gambarnya dan membuatnya lebih banyak.

Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang mungkin saja cukup direpotkan untuk menampilkan banyak gambar pada slide yang sama, namun ingin membuatnya lebih bersih dan canggih tentunya, sampai bertemu di Tutorial animasi Powerpoint selanjutnya. Berikut ini hasilnya, silakan dilihat dulu.

Gbr.28d Hasil Akhir Slideshow


Kalo ada masukan, jangan dipendam sendiri. Yuk, dibagi. Siapa tahu dapat memberikan manfaat bagi penulis maupun pembaca yang lain tentunya.

Bagi yang mau mengunduhnya untuk belajar lebih jauh tentang Slideshow diatas, silakan melalui link dibawah ini :

Download Kartini.pptx (172Kb)


Bila bingung cara mendownloadnya, Anda bisa membaca caranya pada link dibawah ini :
Cara mengunduh file di Themediastorage

Artikel dengan tag Tutorial :
Membuat lampu sorot dengan mudah di Powerpoint
Cara membuat animasi tombol sulap
Menampilkan gambar dengan Tombol animasi
Yuk, buat animasi lampion di Powerpoint
loading...

2 comments:

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...