09 April 2015

Cara menampilkan Gambar dengan Tombol Powerpoint

Slide show, apa yang terlintas dibenak Anda mengenai kata tersebut. Apakah itu Slide Show yang dipasang pada Blogger yang biasanya terdiri atas gambar atau terdiri atas teks atau keduanya. Seringkali kita menemukan hal itu pada beberapa Blogger, beberapa posting terbaru yang mereka buat biasa ditampilkan dalam bentuk slide Show.

Namun, Slide Show yang kita tahu sebenarnya tak hanya Slide Show yang memiliki hubungan dengan Javascript maupun Jquery didalamnya. Kali ini kita akan membuat Slide Show Powerpoint. Sedang dibawahnya akan diberi tombol angka sebagai navigasi untuk menuju gambar selanjutnya atau kembali pada navigasi sebelumnya.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2010 dan diatasnya
Kategori : Menengah
Jenis : animasi

01 | Penyisipan gambar
Usahakan gambar yang memiliki ukuran yang sama atau bisa disesuaikan selama tidak pecah. Cara memasukan gambar di Microsoft Powerpoint yakni dengan klik Insert -> Klik Ikon Picture. Ini akan membuat kotak dialog keluar, pilih gambar yang mau digunakan.

Gbr.13 Penyisipan gambar pada powerpoint

Klik Open untuk mengakhiri penyisipan, Lakukan pengaturan bila gambar terlalu besar atau begitu pas dengan Slide, Karena pada bagian bawahnya kita akan membuat beberapa tombol sebagai navigasi gambar tersebut.

02 | Membuat Navigasi
Navigasi yang kita buat menggunakan bentuk oval sebagai Latihan, klik Ikon Shapes yang terdapat pada Tab menu Home maupun Insert. Bila sudah, Klik oval pada bagian Basic Shapes. Drag sesuai keinginan pada bagian bawah dan geser menyamping agar bentuknya tidak melingkar tapi menyamping bentuk oval.

Lakukan pengaturan dan berikan teks dengan cara mengkliknya sebagai seleksi. Lakukan pengaturan yang diperlukan dan gandakan atau salin. Berikan Teks untuk penampil dan penyembunyi gambar sebagai navigasinya. Disini saya menggunakan tombol dengan teks 'Tampilkan' dan 'Sembunyikan'.

03 | Memberikan animasi
cara memberikan animasi powerpoint
Gbr.13a mengatur animasi powerpoint
Berikan animasi pada gambar, Klik Gambar yang dipilih lalu Klik Tab Menu Animations. Klik Ikon Add animation lalu pilih efek Float in (sebagai latihan saja, Anda bisa mengeksplorasi). Efek akan muncul. Lalu kita akan melakukan pengaturan terhadap efek tersebut. Yakni, animasi yang hanya bisa dijalankan saat kita mengklik tombol 'Tampilkan'.

Klik Animation task pane untuk menampilkan panel animasi yang digunakan. Setelah itu, klik kanan pada animasi yang ada lalu pilih effect Options. Muncul Kotak dialog masuk pada tab menu Timings. Klik tombol Triggers lalu pilih Start effect on click of. Klik panah kecil atau drop down lalu pilih tombol yang ingin kamu gunakan untuk menampilkan gambar.

04 | Hilangkan Gambar
Bukan sulap bukan sihir, kamu juga bisa menampilkan dan menghilangkan gambar di Microsoft Powerpoint loh! Caranya, Klik gambar yang akan diseleksi lalu pilih Animasi Float Out pada bagian Exit. Ini akan memberikan kesan bahwa gambar seolah-olah menghilang.


Gbr.13b Penyelarasan tombol dengan efek kli
Untuk mengaturnya agar sesuai klik tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya, hanya saja dalam drop down tentu dipilih yang tombol untuk menyembunyikan gambar yang ada.
Selesai, Anda bisa menekan tombol F5 untuk melihat hasilnya. Silakan Klik Tombol yang ada dan rasakan hilang munculnya gambar.

Anda bisa melakukan pengembangan yang lebih lanjut, misalnya seperti efek animasi, ukuran tombol dan jenisnya hingga warna maupun bingkai gambar yang Anda buat. Sekian animasi kali ini dan Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait dengan Animasi :
Yuk, membuat lampion bergerak dengan Powerpoint
Membuat footer seperti pemberitahuan televisi
Kreasi animasi tabel yang mudah dibuat
Bagaimana membuat lampu sorot mirip flash
loading...

9 comments:

  1. ni powerpointnya harus 2010 keatas kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya 2007 juga bisa kok. Dicoba aja kalo mau coba, Semoga bermanfaat.

      Delete
  2. saya pake 2007, apa bisa gax mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok kelihatannya, karena animasinya bisa menggunakan bawaan Powerpoint 2007. Kebetulan saya pakai versi 2010, jadi kebawa sampai nulis yang diingat hanya 2010 dan diatasnya.

      Delete
  3. jarang maen power point nih saya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak masalah, disimak aja saya udah seneng. Mungkin saja kurang berminat sama dunia powerpoint atau memang sangat jarang akrab sama powerpoint.

      Delete
  4. saya simak dulu sob, kalau praktek ampun saya huehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kenapa kalo praktek ? kalo mau nyimak dulu juga nggak masalah, Oke.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...