28 January 2017

Cara membuat Kartu Ucapan Digital (Spesial Imlek)

Gong Xi Fa Cai, Selamat Tahun Baru Imlek buat yang merayakan (Jangan lupa bagi Angpaonya). Kali ini kita akan membuat kartu ucapan versi Powerpoint. Tentunya dalam rangka Imlek yang juga dijuluki tahun baru Shio Ayam. DIbawah ini meruapakan hasil yang akan kita buat.



Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01. Mengganti  Background

Backgroundnya biasa menggunakan warna merah, bisa disesuaikan dengan model dan kreasi. Pada tutorial kali ini saya menggunakan background dengan gambar dibawah ini, Anda bisa menyimpannya juga untuk membuat kartu ucapan digital.


Lalu, Bagaimana mengganti background slide ? Klik kanan pada area slide lalu pilih opsi Format Background. Nantinya akan muncul kotak dialog, pada bagian Fill pilih Opsi Picture and Texture Fill. Klik tombol File, cari file yang akan dijadikan background dan akhiri dengan menekan tombol Open.

02. Memberi Lampion

Bagi yang kebetulan bingung cari gambar lampion, bisa menggunakan gambar dibawah ini. Buat yang ingin variasi lain bisa cari di Google, Tempatkan beberapa gambar lampion pada tepi slide sesuai selera, disini saya menggunakan 3 lampion sebagai hiasan slide kartu ucapan digital.

03. Memberikan Gambar ayam

Karena Shionya ayam, nggak cocok rasanya bila gambar monyet, tikus, bahkan ular. Cocoknya tentu gambar kambing (ups, yang ini juga salah). Gambar ayam tentunya, bisa dicari tuh macam-macam vectornya, bila pusing bisa pakai gambar dibawah yang saya temukan di Google.

04. Memberikan Tulisan

Kartu Ucapan umumnya pakai tulisan biar tahu dalam rangka apa. Nah, jangan lupa buat ngasih tulisan beberapa baris biar slidenya tetap seimbang, nggak hanya gambar. Saya menulis Tahun baru cina, tahun, dan tulisan Tahun Ayam seperti gambar dibawah ini.

05. Memberi sentuhan animasi

Sentuhan animasi diberikan agar kesannya tidak monoton,  Mulai dengan klik objek lampion, klik tab menu Animations lalu Klik Add Animations -> More Entrance Effects -> Swivel. Objek akan berputar beberapa kali saat kemunculannya. Jangan lupa untuk mengatur Duration dan Delay ( Waktu Tunda) jalannya animasi.
Durations : 02.00, Delay : -

Atur setiap animasi agar berjalan otomatis sebelum mengatur Duration and Delay
Klik Animation Pane -> Nantinya akan muncul beberapa baris animasi, klik kanan dan pilih start with Previous, baru mulai mengetikan Duration dan Delay pada kotak yang disediakan.

Ayamnya kita buat muncul perlahan keatas, klik Add Animations -> More Entrance Effects -> Float Up.
Duration : 01.00, Delay : 01.40

Tulisannya kita buat muncul dan melebar kekanan dan kiri. Klik Add Animations -> More Entrance Effects -> Compress.
 Duration :  01.00, Delay : 02.70

Menghilang ...
 Normalnya, setelah animasi muncul juga akan menghilang. Kita mulai dari tulisannya dulu.

Tulisannya kita buat melebar kanan kiri juga dengan menggunakan efek exit (Bintang Merah). Klik Tulisan, lalu klik Add animations ->More Exit Effects -> Stretchy. Duration : 01.00, Delay : 05.40

Ayamnya kita buat menghilang dengan efek animasi yang sama, caranya dengan memberikan Add Animations -> More Exit Effects -> Float Down. Durations : 01.00, Delay : 06.30

Lampionnya juga kita buat menghilang, tentunya dengan efek yang sama. Add Animations -> More Exit Effects -> Swivel. Duration : 02.00, Delay : 06.60

Tentunya bagian diatas hanya sebagai panduan saja, Anda bisa mengubah dan memberikan banyak sentuhan animasi agar hasilnya lebih menakjubkan tentunya. Sampai jumpa dan Selamat Mencoba.  

GONG XI FA CAI

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...