24 May 2016

Cara membuat transisi square

Transisi memang sudah disediakan pada Microsoft Office Powerpoint, namun bukan berarti kita tidak bisa membuat kreasi sendiri didalam slide. Nah, pada bahasan kali ini kita akan membuat efek transisi square atau efek yang melibatkan bentuk kotak ini. Biar nggak penasaran, coba deh lihat demo dibawah ini.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2010
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01. Buat bangun Square

Bangun Square dapat dibuat dengan menggunakan Ikon shapes pada tab menu Home maupun Insert. Pilih bangun pada bagian Basic shapes. Arahkan kursor pada slide dan drag sambil menekan Tombol Shift pada keyboard. Anda bisa menyesuaikan besar kecilnya bangun sesuai selera.

Agar kesannya lebih 3d, klik bangun dan klik tab menu Drawing Tools yang muncul otomatis saat bangun diseleksi. Selanjutnya klik ikon shape effects, pilih opsi bevel dan pilih bevel seperti yang ditunjukan melalui gambar dibawah ini. Untuk pemberian warnanya Anda bisa menggunakan opsi Ikon Shape Fill yang posisinya diatas Shape Effect. Anda bisa menyesuaikan selera Anda untuk bagian ini.

Bangun Square yang sudah kita buat tadi, selanjutnya digandakan dengan menggunakan Fitur Copy Paste atau bisa juga dengan menyeleksi bangun terlebih dahulu, tekan Tombol Ctrl lalu drag ke area slide yang lain, alhasil bangun akan menjadi ganda. Lakukan hal itu seterusnya hingga layar slide menjadi penuh dengan bangun tersebut.

02. Membuat animasi transisi Square

Animasi transisi square ini bisa dibuat dengan terlebih dulu mengklik bangun pertama lalu klik tab menu Animations dan klik ikon add animations. Pilih Fade dengan kategori Exit dan Lambang Bintang merah. Kita akan membuat bangun menghilang namun secara halus.


Nah pada bagian animation pane akan muncul daftar animasi yang selesai kita buat, bila belum muncul aktifkan dengan mengklik ikon animation pane pada tab menu Animation. Klik kanan pada daftar animasi yang pertama lalu pilih Start With Previous, ini akan membuat animasi berjalan secara otomatis saat slide dimainkan. Selanjutnya untuk urutan kedua hingga terakhir atur menjadi start after previous.

Nah, lakukan hal yang sama untuk bangun square lainnya, bisa dengan cara diatas atau dengan menggunakan ikon animation painter. Ikon ini bisa mempermudah dengan menggunakan konsep copy paste effect, pertama-tama klik bangun yang sudah diberikan animasi, lalu klik ikon animation painter. Otomatis kursor akan berubah, lalu sapukan pada bangun yang lain. Alhasil, bangun tersebut akan memiliki efek animasi yang sama. Anda bisa mempersingkat waktu dan mulai memainkan kreasi Anda disini, Saya menggunakan efek ular, dari atas lalu menyamping hingga kebawah dst.


03. Modifikasi Animasi

Nah, biar hasilnya tidak melamban. kita akan melakukan sedikit modifikasi. Blok seluruh daftar animasi pada bagian animation pane dan atur duration menjadi lebih cepat, tentunya sesuai selera. Namun, saya menggunakan durasi 00.50 biar hasilnya cukup cepat.


Nah, Sekarang Anda bisa memainkannya dengan menekan Tombol Play atau F5 untuk melihat dalam bentuk slide show. Anda bisa menambahkan teks untuk menjadi pembuka slide Anda. Namun tentunya, sembunyikan terlebih dulu dengan memanfaatkan animasi exit disappear (bintang merah)  pada urutan pertama , lalu munculkan dengan menggunakan Animasi Entrance Appear (bintang hijau ) pada urutan terakhir dibagian animation pane.

Ini merupakan Bentuk penyambutan audiens terhadap slide Anda. Animasi yang hampir serupa juga dapat dilihat pada postingan dibawah ini :
Cara membuat animasi Teks Pembuka Versi 2
Animasi yang lebih mengandalkan teks Welcome untuk menyapa para audiens

Anda bisa melakukan banyak modifikasi dan mencoba fitur lainnya untuk membuat hasilnya jauh lebih menakjubkan, Selamat mencoba dan sampai ketemu di tutorial selanjutnya di Sipowerpoint
loading...

7 comments:

  1. Gak disangka ya Mas...
    Gambar bergerak tersebut di buat melalui power point...
    Keren Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau makin sering ngutak-atik Microsoft Office Powerpoint mungkin bakalan lebih menarik hasilnya.

      Delete
  2. TERNYATA POWR POINT ITU BANYAK SEKALI DESAINNYA YA!

    ReplyDelete
  3. Mic.power point memang punya banyak fitur menarik. Sangat membantu sekali untuk kegiatan presentasi.

    ReplyDelete
  4. mantasp sekali info yang di share
    semoga blogagan tambah maju

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...