22 November 2015

Yuk, buat lampu taman di Powerpoint

Lampu Taman, bahasan kita kali ini mengenai benda yang bercahaya di malam hari ini. Dengan menggunakan Microsoft Office Powerpoint, kita akan membuat versi sederhana dari lampu taman seperti gambar dibawah ini.



Versi :  Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01. Buat bangun Trapezoid
Trapezoid atau Trapesium terletak pada bagian Basic shapes. Klik dan drag sesuai keinginan, putar satu lingkaran penuh, sehingga posisinya terbalik. Berikan warna pada bangun tersebut dengan menggunakan ikon shape fill dan berikan pewarnaan border dengan menggunakan ikon shape outline.

Selanjutnya buat garis dan bentuk seperti gambar dibawah ini, gunakan bentuk garis pada bagian Line di bagian Shapes.


02.  Memberikan bentuk segitiga
Bentuk segitiga dapat dibuat dengan menggunakan ikon shapes dibagian Basic shapes. Sambil menekan sesuaikan besarnya segitiga dengan ujung atas bangun trapezoid dan buat agar sedikit miring, tidak menegak. Berikan warna yang sama atau berbeda, selanjutnya buat tiga lingkaran yang agak lonjong 3 buah dan disusun dari besar ke kecil seperti gambar dibawah ini.

Jangan lupa juga untuk memberikan bangun persegi panjang sebagai penghubung 3 buah lingkaran yang melonjong tadi. Anggap saja ini sebagai ornamen dan letakan diatas segitiga yang sudah kita buat tadi.


03. Membuat tiang Lampu
Untuk membuat tiang lampu cukuplah mudah, gunakan saja bangun persegi panjang yang ditarik memanjang sehingga tanpa menekan tombol shift, buat juga bangun segitiga sama kaki dan satukan dengan bangun persegi panjang yang sudah kita buat tadi.


Selanjutnya tinggal dibuatkan bangun diamond yang menyerupai bangun belah ketupat. Letakan pada bagian tengah persegi panjang yang sudah kita buat tadi. Sekarang tinggal disatukan dengan bagian lampu dan jadilah lampu taman yang sederhana di Microsoft Office Powerpoint.

Untuk memberikan efek menerangi pada lampu, klik kanan pada bagian trapezoid lalu pilih Format Shapes. Pilih Glow and Soft Edges. Presets berfungsi untuk memilih opsi glow yang ditawarkan atau Anda bisa langsung memilih warna dengan menekan Pilihan Color. Atur size yang diinginkan dan akhiri dengan menekan Tombol Close.


NB : Dalam pengaturan opsi Glow and Soft Edges, Pada beberapa versi Microsoft Office Powerpoint mungkin berbeda, Anda bisa menggunakan Drawing Tools pada tab menu yang otomatis muncul dan memilih ikon Format Shapes.

Mungkin itu saja tutorial yang dapat dibagikan kali ini, sampai bertemu pada tutorial-tutorial selanjutnya di Sipowerpoint.
loading...

8 comments:

  1. Sepertnya saya harus banyak belajar powerpoint sama masnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin terus aja tutorial di blog ini mas, nanti juga bisa lebih ahli powerpoint kedepannya.

      Delete
  2. Kalau disertakan file yang udah jadinya dan bisa didownload kayaknya akan lebih memudahkan para penggguna yang ingin belajar deh kang.... heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi saran yang bagus, tapi kelihatannya dengan menerapkan tutorial disini yg juga disertai gambar juga jadi mudah.

      Delete
    2. Ngomong ae nek medit mas! Sempak!

      Delete
  3. Kreatif seperti biasa
    Waaa slide pun jadi romantis seketika ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi bila dalam keadaan gelap, tentu akan lebih menarik tentunya.

      Delete
  4. info nya sangat menambah wawasan
    terus update gan

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...