26 July 2015

Membuat Doraemon versi Powerpoint

Doraemon, Robot kucing dari abad ke 22. Hampir setiap orang tahu film yang satu ini, dimana mengusung hal-hal ajaib dari kantong ajaib, semuanya bisa dikabulkan, ya bisa banget. Bicara soal Doraemon, kali ini kita akan membuat robot yang menjadi teman Nobita ini. Meskipun tentunya tidak mirip 100%, setidaknya masih ada mirip-miripnya meskipun sedikit, beginilah jadinya bila Doraemon di Powerpoint.
Mungkin Anda tertarik : Cara membuat Karakter Angry Birds

Versi : Microsoft Powerpoint
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

Membuat Bagian Kepala

01 | Buat Bangun Teardrop
Untuk membuat bangun Teardrop. Klik Ikon Shapes --> Teardrop pada bagian Basic Shapes. Teardrop merupakan bangun lingkaran dengan ujung lancip. Letaknya bersebelahan dengan Bangun Lingkara dan bangun setengah lingkaran. Klik dan tarik pada area slide untuk membuat bangun ini, gandakan dengan menggunakan Tombol Ctrl + d pada Keyboard. Kecilkan bangun teardrop kedua agar bisa memberikan kesan kepala Doraemon. pada Teardrop yang pertama  berikan warna biru dan warna putih untuk Bangun Teardrop ke dua atau teardrop yang lebih kecil.


02 | Membuat Mata
Dalam membuat mata Doraemon, gunakan bangun lingkaran yang juga terdapat paa Bagian Basic Shapes, dengan langkah mirip No.1, tarik melonjong dan mengecilkan bangun lingkaran, gandakan lalu tempatkan pada pertemuan bangun teardrop, lebih mudahnya mungkin bisa dilihat pada karakter Doraemon yang banyak beredar di Internet. 

Sedang untuk pengaturan pewarnaan bisa menggunakan Ikon Shape Fill dan Shape Outline untuk mengatur garis terluar atau yang biasa disebut dengan Border. Mata Doraemon masih belum termasa menarik sampai disini, oleh karena itu berikan border warna hitam dan background warna putih. Buat lagi lingkaran namun lebih kecil dan ditempatkan pada kedua bola tadi, berikan warna hitam dan hilangkan garis border atau piih No Outline.


Buat lagi lingkaran tapi lebih kecil agar lebih terkesan seperti mata, tempatkan lingkaran yang paling kecil pada kedua lingkaran berwarna hitam tadi yang sudah kita buat sebelumnya. Bila sudah, harusnya sampai disini sudah menunjukan tanda-tanda mirip mata. Anda bisa melakukan kombinasi agar muncul ekspresi lainnya yang tak kalah menarik seperti marah, tersenyum dan yang lainnya.

03 |  Membuat Hidung
Hidung sebenarnya bisa dibuat dengan mudah, karena bentuknya memang lingkaran dengan menggunakan warna solid atau gradasi. Buat dulu bentuk lingkaran dan gandakan, lingkaran yang lebih kecil letakkan diujung agak kiri bagian atas. berikan warna putih didalamnya. Sedangkan bangun lingkaran yang lebih besar berwarna merah dengan tingkat kecerahan yang bisa diatur sesuai keinginan. 


Bisa juga untuk membuatnya lebih mudah, yakni dengan  membuat lingkaran yang sesuai saja dan melakukan pengaturan gradasi dengan cara mengklik kanan objek lalu pilih Format Shapes. Selesai, muncul kotak dialog pilih gradient Fill. Ini akan memunculkan beberapa pilihan yang bisa diatur mulai pewarnaan, model, hingga arah gradasinya.
 
Silakan melakukan pengaturan warna dan sesuaikan, normalnya menggunakan warna merah dengan model radial atau melingkar. Tapi, bila dirasa membingungkan bisa menggunakan metode dengan membuat hidung seperti pada langkah sebelumnya. Buat lingkaran cukup besar, lalu buat lagi lingkaran agak kecil. Lingkaran yang besar berwarna merah, sedangkan yang kecil berwarna putih. Sehingga, kesannya juga tak kalah menarik, tapi lebih mudah.

04 | Membuat Kumis
Kumis bisa dibuat dengan mudah, tinggal memanfaatkan garis atau Lines. Klik bentuk garis dan sesuaikan pada area muka Doraemon. Buat masing-masing 3 pada bagian wajah Doraemon, di kiri dan kanannya. jangan lupa buat juga garis tengah yang menghubungkan hidung dengan mulut yang akan kita buat nantinya, entah apa nama garis tengah di Wajah Doraemon ini, tapi buat sajalah. Lagipula, cukup mudah dan tidak makan banyak waktu.


05 | Membuat Mulut
Untuk membuat mulut di wajah Doraemon, caranya cukup mudah. Gunakan Bangun Block Arc yang bentuknya seperti bentuk donat tapi hanya setengah, letaknya tak begitu jauh dengan bangun mirip donat di Basic Shapes. Klik dan sesuaikan besarnya pada area slide Powerpoint Gunakan bulatan kecil berwarna kuning untuk mengecilkan bangun Block Arc.


putar arahnya dengan bulatan hijau yang muncul ketika objek diklik. Putar searah jarum jam satu lingkaran penuh. sehingga posisinya berada dibawah tepat dibawah garis tegak yang terhubung dengan hidung. Berikan warna hitam dan hilangkan garis Border.

06 | Membuat ikatan leher
Sebenarnya mungkin bukan ikatan lahir atau memang benar ikatan leher, saya juga bingung. Gunakan bangun persegi panjang berwarna merah dan tempatkan pada bagian bawah sehingga menutupi ujung bangun teardrop yang cukup lancip.


Mungkin sampai disini dulu tutorial mengenai pembuatan doraemon di Powerpoint. Pada bahasan selanjutnya, kita akan membahas tentang bagian tubuh dan bagian tubuh lainnya agar lebih utuh doraemonnya, biar tidak horor juga hanya kepalanya yang nongol. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Artikel lainnya dengan tag Tutorial :
Cara membangun masjid di Powerpoint
Membuat Ikan hias di Powerpoint
Membuat Jus strawberry di Powerpoint
Bagaimana membuat tanaman sederhana 
Cara membuat karakter Snow Pea (PVZ)
loading...

1 comment:

  1. Hasilnya jadi bagus ya ternyata hampir menyerupai, sangat inspiratif. Saya simpan dulu tutorialnya biar bisa dicoba.

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...