06 June 2015

Ini dia caranya membuat Ikan di Slide Powerpoint

Ikan, siapa yang tidak tahu hewan yang satu ini. Memang, banyaknya keragaman laut mengundang banyak spesies ikan untuk terus berkembang biak setiap harinya. Kali ini bahasan kita adalah binatang air ini, tentunya dengan menggunakan Microsoft Powerpoint sebagai andalannya.

Bila sebelumnya kita sudah membuat Tanaman Bonsai di Powerpoint, kalii ini bahasan kita memang seputar binatang, Seperti apakah penampakan dari Ikan yang dibuat dengan Powerpoint, dibawah ini merupakan hasil yang sudah saya buat sebelumnya. Meskipun hasilnya tidak bagus-bagus amat, setidaknya kita bisa saling berbagi informasi dan mengembangkannya agar menjadi lebih baik.

Gbr.43 Hasil Ikan di Powerpoint
Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Menengah
Jenis: Tutorial

01 | Buat bentuk Teardrop
Bentuk ini dapat dibuat dengan terlebih ulu menggunakan Ikon Shapes  yang terdapat pada tab menu Home atau Insert. Selepas itu, klik bangun Teardrop pada bagian Basic shapes. Umumnya ketika bangun dibentuk terlihat miring. Jangan lupa untuk mengklik bulatan hijau dan membentuknya menjadi datar, dengan ujung meruncing kekanan (bisa juga kekiri, sesuai keinginan Anda). Runcingkan pada bagian yang lanicip dengan mengklik bulatan kuning dan memanjangkannnya. Untuk memahami bentuk ini seperti apa, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gbr.43a Membuat bangun Teardrop

02 | Buat bangun Heart
Bangun Heart atau Hati, seringkali juga disebut ikon tanda cinta. Dengan mengklik ikon yang sama (yakni Shapes). Pilih bangun Heart pada bagian basic shapes. Tarik pada area slide dan sesuaikan besarnya sesuai keinginan, untuk pertama kita akan menjadikannya sebagai ekor. Maka, Buat bentuk heart kecil saja dan tempatkan pada bagian belakang Teardrop.

Gbr.43b Membuat Bangun heart

Namun, untuk membuatnya nampak lebih menarik kita bisa meletakkannya pada bagian belakang, Klik bangun Heart yang sudah kita buat, lalu klik ikon Arrange pada tab menu Home. Pilih opsi send to back, sehingga seharusnya posisinya sekarang sudah berada dibelakang.

03 | Membuat sirip
Untuk membangun sirip bagian atas, gunakan bangun yang sama pada langkah no.2, cuma perbedaannya. Buatlah cukup melonjong sehingga ketika diatur posisinya menjadi dibelakang, maka terlihat lebih menarik. Lalu, bagaimana dengan sirip bagian bawahnya ? Apakah menggunakan bangun yang sama.

Gbr.43c Membuat sirip Ikan

Tidak, kita menggunakan bangun lingkaran. Gunakan Ikon shapes --> Lalu, Klik Bangun Lingkaran atau circle pada bagian Basic Shapes. Buatlah bentuk melonjong dan terapkan posisinya menjadi dibelakang. Putar dengan menggunakan bulatan hijau yang muncul saat bangun diseleksi menjadi 45 derajat, sehingga sirip nampak lebih menarik dan cocok tentunya.

04 | Memberikan warna
Untuk Memberikan warna, saya rasa kelihatannya cukup mudah, karena dengan mengklik bangun agar terseleksi dan memilih warna pada Ikon shape fill pada tab Menu Home saja sudah cukup menarik. Sebagai saran, hilangkan semua garis border yang menyelimuti elemen dengan cara memblok seluruh bangun yang sudah kita buat. Klik Ikon Shape outline lalu pilih opsi no outline.

Buat bangun lingkaran dengan menggunakan Ikon shapes, berikan warna putih lingkarannya dan tempatkan pada bagian bangun heart  yang sudah kita buat,sehingga ekor jauh lebih menarik, dengan tidak meninggalkan kesan ikon cinta tentunya.

Gbr.43d Mewarnai dan menghias Ekor

Sekarang Anda lebih bebas mewarnai dengan menggunakan Ikon Shape fill atau menggunakan gradasi warna. Untuk memberikan warna gradasi, cukup klik kanan pada bangun yang diinginkan lalu pilih opsi Format Shapes. Pada bagian Fill pilih opsi Gradient Fill. Selanjutnya tinggal menyesuaikan saja sesuai keinginan.

05 | Membuat Mata Ikan
Mata Ikan, disini dalam artian sebenarnya ya bukan konotasinya. Untuk membuat mata ikan caranya mungkin semua orang sudah tahu, cukup gunakan bangun lingkaran yang dibuat dengan menggunakan Ikon Shapes. Selanjutnya tinggal berikan warna putih pada lingkaran yang lebih besar dan warna hitam pada bagian yang lebih kecil, hilangkan semua garis border dengan Ikon Shape Outline --> No Outline.

Gbr.43e Membuat hiasan mata pada Ikan

Langkah diatas mengakhiri pembuatan ikan di Komputer, ya semakin berkembangnya zaman memang semuanya jadi lebih mudah. Termasuk membuat gambar di Slide Powerpoint. Tentu saja jangan berhenti disini, Anda bisa mengembangkannya lebih lanjut seperti pada contoh diatas, gunakan perpaduan bentuk dan kombinasikan dengan warna yang menarik agar hasilnya sangat begitu fantastik. Semoga Membantu.
Pada bahasan selanjutnya, kita akan membuat ikan dengan hiasan lainnya. Tentu saja lebih singkat karena akan melakukan perubahan pada beberapa bagiannya.
Tertarik untuk menjadikannya sebagai Gambar
Tentu saja, Gambar Ikan yang ada di Microsoft Powerpoint bisa disimpan untuk disisipkan pada dokumen lain atau dicetak. Silakan membacanya melalui postingan dibawah ini.
Cara menyimpan gambar di Microsoft Powerpoint

Artikel dengan Tag Tutorial 
Cara membuat bunga Mawar
Membuat jajanan Kue mangkuk
Bagaiamana membuat daun rimbun di Slide + Bunganya
Membuat Es Krim di Slide Powerpoint
Hiasan Pohon Kelapa di Powerpoint
loading...

19 comments:

  1. naaah ini nih yang saya cari. thanks sipowerpoint :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga bermanfaat ya tentunya untuk bisa diterapkan pada slide Powerpointnya.

      Delete
  2. terimakasih tutorialnya, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh, semoga bermanfaat ya tenu kedepannya.

      Delete
  3. mudah juga ya caranya, bisa di jadikan referensi yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, meskipun mudahnya selama hasilnya nggak jelek-jelek amat juga kenapa nggak dicoba aja.

      Delete
  4. Gambar ikannya imut imut mas jadi pengin nyoba buat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba, dibuat sampai 1000 spesies ikan dengan ragam corak agar lebih menarik, Wkwkwk.

      Delete
  5. Nama blognya ini sob SI Power Point ((: spesifikasi powerpoint yah!, ini software keren bangat tuk persentasi... bahkan di beberpa kursus online banyak lho, cara menggunkan powerpoint ini di jadikan tema kursus

    Gokil ini sob keren abis, gambar ikannya!! kreative sob ((:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, penggunaan namanya memang dikhususkan pada Powerpoint. Tentu saja kursus powerpoint memang bukan hal baru,meskipun dikhususkan presentasi sih. Padahal kan kita bisa membuat hal yang lain dengan media yang sama.

      Delete
  6. wah ada yang baru nih. mantap fariasi ikannya banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu ada yang baru biar yang baca dan adminyya nggak bosen meski dengan media yang sama tentunya.

      Delete
  7. Keren sob udah kaya pake corel aja hasil nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu kalau pakai corel hasilnya juga nggak kalah keren, tapi syukur deh kalau hasilya juga nggak kalah keren.

      Delete
  8. aih keren mas, aku mau coba bikin kucing aja ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneren, serius tuh mau bikin kucing tapi pake powerpoint loh ya. Saya tungguh deh, bagi linknya ke saya.

      Delete
  9. dapat ilmu baru nih, terimakasih

    ReplyDelete
  10. kak, ijin download dan menggunakan gambar ikannya yaaa

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...