10 March 2015

Cara membuat animasi tulisan mengecil

Animasi powerpoint memang memiliki banyak sekali kecanggihan, apalagi bila diolah oleh orang-orang yang kreatif atau mau bereksperimen didalamnya. Tentu saja, hasil yang ditampilkan bisa-bisa seperti tidak dibuat dengan Microsoft Powerpoint. Nah, salah satunya yang kita bahas kali ini, yakni membuat animasi tulisan mengecil di software buatan Microsoft ini.

Gunanya ?

Ketika diawal maupun diakhiri tentunya kita biasa memperkenalkan topik yang akan kita angkat dan diskusikan bersama, ketika diakhir mungkin kita bisa memberikan sedikit kredit maupun hak cipta tentang siapa pembuat presentasi tersebut. Nah, cara itu bisa kita wujudkan dengan cara yang lebih kreatif, tentunya dengan menggunakan Microsoft Powerpoint. Bagi Anda yang sudah siap, langsung saja kita bahas langsung animasi yang satu ini.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2010 dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

 01 | Buat Teks
Sebelumnya siapkan terlebih dahulu dokumen presentasi baru dan atur layoutnya menjadi blank agar kita mudah untuk melakukan modifikasi didalamnya. Setelah itu Klik Tab Insert lalu Klik Ikon text box. Drag pada sembarang area slide lalu ketikkan kata-kata yang diinginkan, sebagai contoh saya mengetik kata Kreasi Powerpoint lalu mengatur ukuran dan jenis huruf.

Sebagai saran agar hasil yang dihasilkan cukup baik, Anda bisa mengatur ukuran hurufnya melebihi besarnya ukuran slide. Saya menggunakan ukuran 175px dengan jenis Font Open Sans Light.

Gbr.11 Membuat Teks  di Powerpoint
02 | Animasikan
Bila sudah selesai utar-atur sana-sini sampai wah banget, sekarang waktunya memberikan efek goyangnya (Goyang dumang emangnya). Bukan, kita mulai membuatnya tidak mematung begitu saja. Klik tulisan lalu klik garis putus-putusnya. Bila sudah, klik Tab menu Animations. Klik ikon Add animation lalu pilih animasi Grow/Shrink pada bagian Emphasis. Otomatis efek animasi akan muncul dan huruf Anda akan membengkak luar biasa.

Gbr.11a memberikan animasi emphasis

Nah, sekarang kita bisa memberikan pengaturan pada animasinya. Jangan lupa Klik ikon animation Task Pane untuk memunculkan panel animasi yang kita berikan.

03 | Dari besar jadi mengecil
Ketika sudah memberikan sentuhan animasi, selanjutnya kita akan makan besar. Tentu saja tidak, selanjutnya klik Effect Options (Masih pada Tab menu Animations). Pastikan animasi pada task pane terseleksi dengan ditandai bingkai yang mengelilingi. Bila sudah, selanjutnya pilih Smaller pada Bagian Amount.
Gbr.11b mengatur animasi pada effect options

Nah, animasi yang kita maksud sudah jadi rupanya, tinggal diatur saja untuk bisa dikembangkan lebih lanjut, misalnya dengan pemberian kata penutup lalu baru ditunjukan hak cipta dan siapa pembuatnya. Dengan begitu, animasi yang muncul akan memberikan kesan yang baik.

04 | Membuatnya berjalan otomatis
Terkadang atau bahkan animasi yang sudah kita buat baru bisa berjalan setelah diklik, Bagaimana cara animasi powerpoint berjalan otomatis. Tentunya ada sedikit triknya, klik animasi pada animation task pane lalu pilih Start with Previous.

Sekarang mainkan slide show Anda, dengan mengklik ikon preview pada ribbon maupun menekan tombol F5. Animasi akan berjalan secara otomatis. Berikut pengembangan yang bisa dilakukan dengan menggunakan animasi yang sama.

Gbr.11c mengatur animasi pada start with previous

Anda juga bisa melakukan beragam bentuk modifikasi, misalnya dari kecil ke besar, besar -> kecil -> Besar atau karya inovatif lainnya. Saya membuat dua sesi teks, awalnya hanya kata salam lalu menunjukan karya yang kita buat diatas.


Saya menggunakan efek fade dan fade out, serta efek Grow/shrink dan Fade out Jangan lupa untuk dibagikan biar bisa saling mengembangkan dan saya juga mau lihat. Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait dengan animasi :
Cara membuat Footer yang menarik di Powerpoint
Cara membuat animasi Lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat animasi Tabel Powerpoint dengan Mudah 
Cara membuat Lampu sorot di Microsoft Powerpoint

loading...

8 comments:

  1. Bagus juga nih efek slidenya jadi makin terpana orang melihatnya, makasih mas. Perlu dicoba buat berkreasi dan artikel ini sebagai dasarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak atas pujiannya. Semoga artikel Animasi Powerpoint dapat memberikan banyak manfaat kedepannya.

      Delete
  2. pengen bisa bikin emot yang gerak gerak, biar bisa ikutan lomba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, emot itu apa ya mbak. Ya, semoga mbaknya bisa ikutan Lomba syukur kalo menang deh.

      Delete
  3. o begini caranya ya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya Mang Aduls bisa mengembangkannya lebih lanjut, agar hasilnya jauh lebih menarik

      Delete
  4. ane biasa pake template gan, jadi tinggal diubah captionnya aja hehe

    salam kenal gan, baru pertama main kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gk ada masalah kok gan, yang penting bagaimana presentasinya juga, kan. Sip deh, makasih udah nyempetin buat dateng kesini.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...