18 February 2015

Cara membuat Footer yang menarik di Powerpoint

Salam Kreasi Powerpoint. Pada suatu berita di Televisi, tak jarang kita melihat Tulisan yang berjalan dibawah Televisi. Bagaimana bila kita membuat tulisan seperti itu pada Slide Powerpoint, Kita bisa menambahkan beberapa teks dengan penataan animasi yang tidak membosankan. Dalam tutorial kali ini, kita akan membuat animasi seperti gambar berikut ini.

Membuat tulisan seperti ditelivisi dengan powerpoint
Gbr. 8 Hasil tulisan bergerak di Microsoft Powerpoint
Versi : Microsoft Office 2007, 2020, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buka Aplikasi
Buka Aplikasi Microsoft Office Powerpoint, otomatis akan tampil slide baru. Lalu, Ubah layoutnya menjadi Blank. Maka tampillah slide dengan posisinya yang kosong melompong didalamnya.

02 | Membuat Latar Belakang (background)
Apa gunanya ? Tentu saja untuk menjadi tempat tulisan sebagai landasan untuk berjalan. Untuk membuatnya pastikan kamu berada pada Tab Menu Home atau Insert. Lalu kilk Ikon Shapes -> Pilih rectangles. Bila sudah, tempatkan kursor pada area slide lalu drag hingga sesuai kebutuhan. Disini saya menempatkan pada seluruh area slide pada bagian bawah.

Gbr.8a Membuat Latar Belakang
Berikan warna pada Latar belakang menggunakan Shape fill dan hilangkan garis terluar pada Bangun persegi panjang tersebut. Caranya dengan menekan bangun persegi panjang lalu klik ikon Shape Outline. Pilih pilihan No Outline.

03 | Membuat Teks dan mengaturnya
Selesai membuat latar belakang, sekarang kita membuat isinya, yakni teks yang berjalan. Pastikan kamu berada pada Tab menu Insert, klik Ikon Text ox. Bila sudah, Tempatkan pada latar belakang dan geser sesuai keinginan. Ketikan kalimat yang ingin kamu buat berjalan. Atur Warna yang cukup terlihat saat kamu menempatkannya pada Latar Belakang. Disini saya menggunakan Warna Putih, terserah kamu memilih warna lainnya.

Saya menggunakan Font 'Segoe UI Light' dan Ukurannya '20px'. Kamu bisa berkreasi sendiri sesuai keingianan. Bila sudah klik teks hingga muncul kotak yang mengelilinginya lalu pindahkan diluar slide namun masih sejajar dengan Latar belakang, kita akan membuat efek seolah-olah teks baru saja keluar dan masuk pada slide tersebut.


Gbr.8b Mengatur text box untuk animasi
 04 | Memberikan animasi
Pastikan Teks telah terseleksi (Tandanya, ada bangun yang mengelilingi, ditambah beberapa lingkaran untuk mengatur). lalu Klik Tab menu Animation -> Klik Ikon Add Animation. Pada Bagian Motion Paths -> Pilih Lines. Kita akan memberikan efek berjalan teks selurus garis. Bila sudah, Klik ikon effect Options -> Lalu pilih Left.

Ini berguna untuk memberikan kesan animasi berjalan lurus kearah kiri, Bila Anda ingin merubahnya Anda bisa memilih opsi lainnya, misalnya seperti piliha keatas, kebawah, maupun kesamping kanan. Bila animasi sukses diterapkan, tandanya akan muncul panah dengan awal berupa panah hijau dan akhir dengan panah merah.

Klik lingkaran warna putih dan tarik garis sepanjang slide dan melewati slide. Jadi intinya semua terletak pada teks yang Anda buat, bila semakin banyak otomatis Anda harus menarik panah merah sampai jauh melewati slide. Karena nantinya efek yang akan kita buat adalah bagaimana membuat tulisan muncul dan keluar dari Slide.
Gbr.8c mengatur animasi Motion paths

05 | Menjalankan animasi secara otomatis
Normalnya, setiap animasi yang kita buat pada slide akan menunggu klik agar animasi dapat berjalan secara optimal. Nah, daripada repot-repot, tak ada salahnya untuk mengatur animasi agar berjalan otomatis. Klik kanan pada animasi di Animation pane. Bila tidak muncul, Anda bisa mengaktifkannya dengan mngklik ikon Animation Pane. Klik kanan lalu pilih Start with Previous.

Gbr. 8d Mengatur start with previous


06 | Memperpanjang durasi
Animasi yang Anda jalankan mungkin terlalu cepat atau mungkin Anda bisa melakukan percobaan terlebih dulu. Yakni dengan mengklik Tombol play. Bila dirasa terlalu cepat Anda bisa menambahkan durasi lebih panjang. Caranya, pastikan masih di Tab Menu Animation -> Cari Ikon duration lalu ganti angkanya lebih besar. Anda bisa mengetiknya manual atau mengklik panah drop down untuk menambah dan mengurangi jumlah durasi. Disini saya memberikan angka tujuh.

07 | Membuatnya terus berjalan
mengatur repeat di Powerpoint
Gbr. 8e mengatur perulangan animasi
Normalnya, setelah animasi sudah dibuat dan berjalan lancar mungkin Anda hanya melihatnya sekali saja lalu selesai. Anda bisa membuat animasi tersebut berjalan berulang-ulang. Ini merupakan optional, karena mungkin tak semua orang suka dengan animasi yang berulang-ulang.


Cara membuatnya yakni dengan Klik kanan pada animasi di Animation Task Pane -> Lalu pilih effect Options. Muncul Kotak dialog lalu pilih tab menu Timing. Pada bagian Repeat, klik panah drop down lalu pilih Until End of Slide. Bila sudah, akhiri dengan menekan tombol OK. Selesai, Anda bisa melihatnya lebih jelas dengan menekan Tombol F5. Sekian animasi kali ini, sampai ketemu pada animasi selanjutnya.

Artikel terkait dengan Animasi :
Cara membuat animasi Tabel Powerpoint dengan Mudah
Cara membuat animasi Lampion di Microsoft Powerpoint
loading...

1 comment:

  1. waah menarik nih,perlu dicoba,hehehe.Terimakasih tipsnya :D

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...