04 April 2016

Membuat animasi Teks pembuka versi 2

Ini merupakan versi lanjutan dari artikel pertama, bagi yang kebetulan belum membaca, bisa mengintip dari link dibawah ini:
Membuat animasi teks pembuka versi 2

Pada bagian yang kedua ini kita akan membahas mengenai cara memberikan animasi pada teks yang sudah kita buat pada bagian sebelumnya.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01. Buka File Slide yang sudah kita buat mengenai teks welcome, selanjutnya mulai menyeleksi huruf awal yang berada diluar slide bukan yang ada didalam slide, pada bagian ini saya kebetulan menggunakan tulisan Welcome, otomatis yang saya seleksi terlebih dulu adalah huruf W. Klik pada bagian shapes, pastikan yang muncul adalah seleksi yang berupa garis sekeliling, bukan garis putus-putus seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.



 02. Berikan animasi pada teks dengan mengklik tab menu Animation, klik icon add animation lalu klik opsi line pada bagian Motion Paths. Bila langkah benar, otomatis akan muncul tanda panah hijau dan merah pada sisi yang berbeda. Bila sudah, klik panah yang berwarna merah dan arahkan pada huruf yang sama, jadi bila hurufnya W arahkan pada hurufnya yang W, begitu juga dengan huruf yang lainnya.


03. Atur huruf yang lainnya sesuai keinginan asalkan diarahkan pada huruf yang sama, bila sudah diterapkan. Langkah selanjutnya adalah atur animasi agar berjalan otomatis, aktifkan animation pane terlebih dulu (Pada versi sebelumnya, bagian ini sudah aktif otomatis). Blok semuanya dengan drag kursor atau mengklik satu demi satu sambil menekan tombol shift. Klik kanan dan pilih start with previous.


04. Agar animasi berjalan lebih menarik, kita akan membuatnya berjalan berurutan, pada bagian animation pane sudah berbaris bar warna jingga yang menunjukan durasi dari masing-masing jalannya animasi. geser dengan mengarahkan kursor pada bagian bar lalu saat berubah menjadi panah dua arah, geser posisinya menjadi mundur sedikit, hal yang sama juga berlaku untuk bar-bar yang ada dibawahnya. Bila sudah semua sekarang mainkan dengan menekan tombol play atau F5 untuk melihat tampilan penuh.

05. Sebagai akhir dari tutorial ini, hilangkan tulisan Welcome pada bagian tengahnya, sehingga bila dimainkan nantinya animasi seolah-olah baru saja masuk pada bagian slide, kesannya menjadi pembuka slide yang terlihat menarik. Anda bebas mengganti huruf yang ada pada shapes yang sudah kita buat, Anda tentu bebas berkreasi dan bahkan membuat kolaborasi warna dan penambahan latr belakang agar menarik, selamat Mencoba dan sampai ketemu lagi pada postingan selanjutnya.


loading...

14 comments:

  1. Ohh begitu ya mas cara membuat animasi pada teks pembuka, terima kasih mas telah berbagi ilmunya, saya mau coba dan langsung praktekan saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga kang sudah mau berkunjung dimari, sukses terus untuk situsnya.

      Delete
  2. heheh, keren juga yah kang,, kalau cara yang kayak gitumah saya baru tahu...jarang ngulik soalnya heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, coba kalau ngulik lebih dalam pasti hasilnya lebih menarik.

      Delete
  3. Presentasi jadi lebih hidup ya mas kalau ada ucapan welcome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget pak Dwi, hitung-hitung sebagai membuat audiens jauh lebih santai sebelum berhadapan dengan topik utamanya.

      Delete
  4. g ada crenshot animasi nya yang sudah jadi mas? wah perlu dipelajari ini mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kok, dibagian awal mungkin bisa dilihat hasil jadinya.

      Delete
  5. ternyata akang kita yang satu ini pinter utak atik Powerpoint... sayah mah nyerah deh .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...Semoga bermanfaat ya Mang....jangan gampang nyerah gitu aja.

      Delete
  6. Wah muantappp nih kang keren saya mau nih yang kaya gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semogaa bisa dipraktekan ya dan Trims

      Delete
  7. Wah jadi atraktif nih, jadi saya ga bakal bosan buat melihatnya.

    Nanti saya praktekkan ah, sekedar saran nih mas selanjutnya ada demo presentasi yang bisa didownloadnya.

    Makasih ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget pa Adam. Semoga bisa saya terapkan saran yang diberikan.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...