27 March 2016

Membuat animasi teks pembuka Versi 2

Diversi yang kedua ini, tentu saja hasil animasi diharapkan jauh lebih menarik dari versi terdulunya. Dengan mengandalkan aplikasi yang sama, Microsoft Office Powerpoint. Kita akan bersama-sama membuat animasi teks pembuka slide seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.


Ya, tulisan yang digabungkan dengan bentuk yang diberikan gradasi. Inilah topik kita, langsung ke bagian pertama (nggak mungkin kan kalau langsung bagian terakhir, kelar dong ceritanya).

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Menengah
Jenis : Animasi

A. Buat bentuk Hexagon

Siapkan slide dengan layout kosong, selanjutnya klik ikon shapes lalu pada bagian basic shapes, klik bangun hexagon. Arahkan kursor pada bagian bangun untuk mengetahui nama masing-masing bangun. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini, bangun tersebut pada bagian basic shapes.


Buat beberapa bangun yang tentunya bisa disesuaikan dengan jumlah huruf yang membentuk nantinya. Kebetulan pada postingan ini saya membuat contoh tulisan Welcome, tentu saya membuat tujuh bangun untuk masing-masing hurufnya.

Buat bangun sekali dan gandakan dengan mengklik bangun yang terbentuk lalu diikuti dengan tombol Control atau Ctrl pada keyboard. Sedang untuk hurufnya bisa dibuat dengan mengklik bangun dan mulai mengetik huruf yang diinginkan, klik di area lain slide bila selesai, dan lanjutkan untuk bangun yang lainnya.


B. Memoles bangun dan teks

Bangun yang telah diberikan teks, selanjutnya akan dipoles agar hasilnya jauh lebih menarik. Mulai mengatur ukuran teks beserta jenis fontnya. Selanjutnya berikan gradasi pada bangun dengan cara mengklik kanan pada bangun lalu klik format shapes.

Munculah kotak dialog Format shapes. Pilih Gradient fill lalu sesuaikan warna dengan yang diinginkan, disini saya menggunakan warna gradasi emas. Klik seperti yang ditunjukan pada gambar untuk mengganti warna yang diinginkan.


Untuk menghilangkan garis terluar pada bangun, klik ikon shape outline. Klik tab menu drawing yang muncul saat bangun diklik lalu klik ikon shape outline dan pilih no outline. Maka hilanglah border pada bangun.

Namun Anda juga bisa memberikan border pada bangun dengan mengklik ikon yang sama dan mengaktifkan ikon dan memilih warna yang diinginkan, jika ingin membuat garis putus-putus. Bisa mengklik opsi dashes dan pilih model garis putus-putus.

Untuk menyingkat waktu, Anda bisa mengatur satu bangun beserta font dan warna, selanjutnya klik ikon Format Painter atau ikon mirip kuas untuk mengecat dan klik pada bangun lainnya, maka otomatis bangun yang lain akan memiliki style yang sama.

C. Memberikan animasi

Selanjutnya kita akan memberikan animasi, Gandakan bentuk dengan mengklik bangun lalu menekan Tombol Ctrl dan arahkan diluar slide. Sehingga bangun yang berisi huruf menjadi dua atau seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.


Mungkin sampai itu dulu bahasan kita kali ini, pada postingan selanjutnya kita akan meneruskan bagian pemberian animasi di Powerpoint. Selamat Mencoba.
loading...

9 comments:

  1. Waw keren banget animasi teksnya mas.... baca lagi ah biar saya cepet paham :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja Mang Yono, silakan dibaca berulang biar paham. Semoga menginspirasi mang.

      Delete
  2. Dipasang di blog cakep juga tuh ada animasinya perlu mencoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dibuat lebih simple namun tetap menarik mungkin bisa cocok dipasang di Blog.

      Delete
  3. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...