13 September 2015

Membuat animasi bayangan teks sederhana

Bayangan teks biasanya dibuat dengan menggunakan aplikasi dan seringkali digunakan pada pembuka teks meskipun tidak selalu. Setidaknya, kali ini kita akan membahas mengenai hal itu. Ini menjadi awal yang baik setelah seminggu ini saya tidak begitu aktif disini, namun kedepannya akan saya usahakan untuk kembali aktif. Gambar dibawah ini rupanya dapat menjelaskan tentang Animasi Shadow yang kita buat kali ini.


Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01. Menyisipkan Teks
Untuk menyisipkan teks tentu caranya dengan menggunakan ikon text box pada bagian Tab menu Insert. Selanjutnya klik pada area slide dan mulailah mengetik sesuatu disana. Saya menggunakan nama blog ini sebagai teks yang akan diberikan animasi. Anda bisa melakukan kreasi lain yang mungkin bisa membuatnya tampak lebih menarik tentunya.


Selesai, berikan pengaturan warna dan gandakan dengan menggunakan Tombol Ctrl + d pada Keyboard Anda, atur ukuran teks agar lebih besar salah satunya dan tempatkan dibagian paling belakang. Caranya dengan mengklik teks tersebut dan mengklik ikon Arrange -> Send to back di tab Menu Home.

Berikan teks yang besar dengan warna yang cukup gelap atau terang yang bisa disesuaikan agar memiliki kesan seperti bayangan teks.

02. Memberikan animasi
Animasi dimulai dengan mengatur pada bagian teks muncul terlebih dahulu dan diikuti dengan munculnya bayangan yang menyertai dan menghilang dengan segera.

Mulai dengan mengklik teks yang besar yang akan menjadi bayangan dan mengklik tab menu Animations. Klik Add animations -> disappear (Ikon Bintang Merah).


Selanjutnya, klik teks yang lebih kecil dan berikan animasi Fade (Ikon bintang hijau), tentunya dengan langkah yang sama.

Klik teks yang menjadi bayangan selanjutnya berikan animasi yang sama seperti teks yang kecil, Fade dengan bintang hijau. Selanjutnya dengan teks yang sama, berikan animasi Fade dengan ikon bintang merah.

03. Pengaturan animasi
Pada versinya powerpoint  2007, animation pane akan muncul secara otomatis, namun untuk versi diatasnya seperti 2010 dapat mengklik animation pane pada tab menu Animations. Sehingga muncullah daftar animasi yang sudah kita terapkan pada slide tadinya.

Bila sudah muncul, blok semua animasi atau menyeleksinya satu persatu sambil menekan tombol Shift di Keyboard, klik kanan dan pilih start with Previous. Selanjutnya tinggal berikan pengaturan seperti gambar dibawah ini, klik batang warna jingga yang muncul pada masing-masing animasi di Animation pane. Untuk menggeser posisinya tinggal arahkan kursor dekat batangan jingga hingga tandanya berubah menjadi panah kanan kiri dan mulailah menggeser.


Namun, bila dirasa rumit bisa dengan mengatur delay maupun duration pada tab menu Animations. Atur saja delaynya sesuai urutan berikut.
 
1. Duration : Auto, Delay : 00.00
2. Duration : 01.00, Delay : 00.00
3. Duration : 00.90, Delay : 00.70
4. Duration : 01.60, Delay : 00.70
5. Duration : 00.50, Delay : 02.00

Sekarang, Anda bisa melihat hasilnya dengan menekan Tombol F5 untuk Slide show maupun mengklik tombol play yang disediakan disana. Langkah diatas mengakhiri tutorial kita kali ini tentang Bagaimana membuat animasi bayangan teks di Powerpoint, Semoga tutorial diatas bermanfaat bagi kita semua tentunya. Terima kasih.
loading...

13 comments:

  1. Bayangan teks ini membuat penampilan teksnya lebih elegan mas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih sih begitu biar kesannya lebih ok.

      Delete
  2. Jadi tambah keren ya gan, makasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh, silakan dicoba untuk dikembangkan.

      Delete
  3. Tulisannya jadi keren karena ada bayangannya perlu dicoba nih untuk latihan membuat gambar sendiri

    ReplyDelete
  4. Saya jarang sekali membuka power point, paling-paling sekedar membuat slide presentasi, namun bila ditekuni pasti juga mengasikkan ya mas belajar power point,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga kang. tapi kalo ada yang berbagi gini jadi mau aja buka kang penasaran juga

      Delete
    2. @Isrofi Achmad
      Ya memang rata-rata hanya dipakai slide presentasi

      @Mang Aduls
      Semoga tutorialnya bermanfaat

      Delete
  5. ini bisa saya praktekan kayanya. gampang juga nih caranya. terimakasih dulu kalo gitu

    ReplyDelete
  6. Wew mantapp,, saya gak kepikiran sampai ke situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kebetulan dapat ide untuk buat yang beginian.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...