08 August 2015

Cara menyisipkan video di Slide Powerpoint

Kehadiran video memang dirasa penting tatkala ingin membuat variasi Slide powerpoint yang kebetulan sulit bila dijelaskan menggunakan kata atau media visual gambar. Menyisipkan Video di Powerpoint mungkin bisa jadi solusinya. Nah, kali ini bahasan kita mengenai Tutorial menyisipkan Video di Slide Powerpoint, tidak butuh waktu berjam-jam kok untuk melakukannya.

Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01.  Buka Slide baru
Tentunya setelah aplikasi Microsoft Office Powerpoint sudah terinstal di Perangkat Komputer Anda. Nah, siapkan slide baru dan atur Layout menjadi blank. Layout blank berfungsi untuk membuat slide bersih dari apapun, sehingga bisa lebih bebas dalam melakukan modifikasi.


02. Menyisipkan Video
Untuk menyisipkan video, klik tab menu Insert --> Video. Ikon Video bersebelahan dengan Ikon Audio. Klik panah drop down lalu pilih Video from File. Ini artinya kita menyisipkan video di Slide Powerpoint menggunakan file video yang kita siapkan pada lokasi tertentu.

Sedangkan Clip art video berfungsi untuk penyisipan video melalui clip art yang telah disediakan oleh Microsoft dan dapat diunduh melalui tautan yang ada. Setelah memilih Video from file, muncullah kotak dialog yang menampilkan lokasi untuk disesuaikan dengan tempat dimana letak video yang akan disisipkan. Akhiri dengan menekan tombol Insert, ada beberapa pilihan file video yang bisa disisipkan pada slide. Anda bisa mencocokannya terlebih dahulu melalui pilihan Video Files dan melakukan drop down.    
 

03. Pengaturan pada Video
Setelah melakukan kedua langkah diatas, Powerpoint akan melakukan penyisipan Media Video, tunggu sebentar dan video yang Anda pilih akan disisipkan. Anda bisa melakukan sedikit pngaturan, misalnya saja memperlebar panjang maupun lebarnya. Mengatur ukuran video tidak jauh berbeda dengan pengaturan objek lain, seperti teks maupun gambar.

Cara mengatur video dapat dilakuan dengan mudah di powerpoint, Anda bisa memberikan sedikit teks sebagai kombinasi didalamnya. Gunakan kotak kecil untuk melebar maupun memanjangkan video dan menyesuaikan dengan selera.


Memutar video dapat dilakukan bila ingin memberikan kesan berbeda namun tidak berlebihan, gunakan bulatan hijau untuk membuatnya cukup miring ke kanan maupun sebaliknya. Penggunaan seperti ini sangatlah cocok bila kebetulan video yang Anda buat nyatanya tidak pas atau bahkan terlalu miring, jadi bisa diluruskan saat di slide powerpoint.

Hari ini kita telah belajar mengenai Cara memasukkan video di Powerpoint, semoga bisa menambah wawasan dan membuat slide presentasi jadi jauh lebih menarik.
                                                 
loading...

9 comments:

  1. Saya jarang utak-atik powerpoint, penjelasan di atas sangat sinkat, namun mudah untuk dipahami, saya bookmark mas, kapan-kapan saya coba. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh kalau begitu, semoga bermanfaat kedepannya.

      Delete
  2. gampang sekali kang. saya bisa kayanya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh, berarti bakalan mudah untuk dipahami kayaknya.

      Delete
  3. Perlu dicoba nih kelihatannya mudah

    ReplyDelete
  4. silakan, cukup membantu bila para penyaji ingin juga menampilkan video dalam slidenya. Cukup mudah kelihatannya.

    ReplyDelete
  5. mengapa saya tidak bisa...ketika di klik insert..tolong saya dunk

    ReplyDelete
  6. power point....knpa saya tidak bisa ....tolong bntu saya penting banget....niiii
    ...

    ReplyDelete
  7. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...