19 August 2015

Cara membuat animasi Lampion di Microsoft Office Powerpoint

Artikel Terkait postingan ini: 
Cara membuat lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat Lampion di Powerpoint bagian 2

Salam Kreasi Lampion, kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang Cara membuat Lampion di Microsoft Powerpoint, sekarang kita akan memberikan sentuhan animasi yang mudah untuk Lampion yang sudah kita buat. Bagi yang sudah memiliki atau hasil Kreasi sendiri. Tak ada salahnya untuk memberikan sentuhan animasi dengan modal hanya Microsoft Powerpoint.

Daripada dibuat penasaran, mungkin seperti inilah animasi jadinya. Meskipun dengan Software yang sederhana, nyatanya kita juga bisa membuat sesuatu yang luar biasa.

membuat animasi lampion powerpoint
Gbr.7 Animasi Lampion Powerpoint
Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Menengah
Jenis : Animasi

01  | Buka Dokumen
Buka File Lampion yang sudah kita buat sebelumnya di Windows Explorer. Bisa juga membuka Aplikasi Microsoft Powerpoint terlebih dahulu dan mengakses dokumen yang sudah kita buat sebelumnya. Dnegan menekan tombol File -> Pilih Recent. Recent berguna untuk menampilkan dokumen powerpoint yang baru-baru ini kita buat.

Cari nama file yang sesuai, disini saya menggunakan nama Lampion. Maka saya pilih file dengan nama tersebut dan dokumen pun tampil.

Membukan dokumen terbaru di Microsoft Powerpoint
Gbr.7a Membuka Dokumen powerpoint

02 | Penyatuan komponen Lampion (Grouping)
Penyatuan seperti ini berguna untuk membuat komponen-komponen seperti lampion hingga aksesorisnya bisa digeser dengan mudah. Kalau biasanya kita mengkliknya satu demi satu untuk melakukan pemindahan. Dengan grouping kita bisa memindahkan komponen secara bersamaan.

Tanda dari komponen yang sudah digrouping garis seleksinya akan muncul lebih sedikit. Sehingga tatkala kita mengklik salah satu bagian dari Lampion, semuanya akan ikut terseleksi. Untuk melakukannya cukup mudah. Kamu hanya perlu memblok area yang ingin kamu satukan lalu pada keyboard tekan CTRL + G hampir bersamaan. Jadi, tekan tombol Ctrl lalu G.

Bisa juga dengan melakukan klik kanan lalu pilih Group -> Group. Kamu bisa memilih Ungroup untuk membuat komponen terpisah kembali atau seperti belum disatukan sebelumnya.

Gbr.7b Melakukan pengelompokan / grouping

03 | Memberikan animasi
Bila semua lampion sudah dikelompokan, klik salah satu lampion tersebut lalu klik tab Animation. Klik Ikon Add Animation lalu pilih Emphasis Effect. Pada emphasis effect pilih Pulse. Animasi ini akan memberi kesan Lampu lampion yang meredup dan agak menonjol sedikit.

Lakukan pada semua lampion yang ada, Bila Anda menggunakan Microrosoft Powerpoint 2010. Anda bisa langsung menerapkan Animation Painter. Animation Painter berguna untuk menggandakan hasil animasi terpilih. Jadi, Anda bisa membuat animasi serupa dengan hanya mengambil sampel dari animasi lainnya.

Untuk melakukannya Anda bisa mengklik lampion yang sudah diberikan animasi lalu klik Animation painter. Seketika kursor akan berubah menjadi animation painter lalu letakkan pada lampion lainnya dengan mengkliknya. Jadi, Animasi serupa telah dibuat

Gbr.7c Memberikan animasi powerpoint

04 | Mengatur munculnya animasi
Normalnya, ketika kita sudah memberikan animasi pada keseluruhan Lampion akan muncul tanda mouse pada setiap deretan animasi. Bila Anda tidak menjumpai deretan tersebut Anda bisa mengklik tulisan Animation. Animation pane berguna untuk menampilkan panel animasi yang sudah kita berikan.

Tanda mouse tersebut menandakan bahwa setiap animasi akan dijalankan saat terjadi klik pada kursor, untuk membuatnya berjalan secara otomatis, kita akan melakukan sedikit modifikasi didalamnya. Klik pada semua animasi, bisa dengan menekan Shift lalu klik animasi paling atas selanjutnya paling bawah. Bisa juga dengan menekan ctrl sambil mengklik satu demi satu deretan animasi.

Ketika semua telah terpilih, selanjutnya klik kanan lalu pilih Start with Previous. Ini akan membuat animasi berjalan secara otomatis ketika slide dimainkan.

Cara mengatur Start with previous
Gbr.7d Membuat animasi agar berlajan otomatis
05 | Mengatur perulangan
Ketika animasi sudah diatur secara otomatis, tentu saja animasi akan berjalan secara bersamaan lalu selesai. Nah, kita akan memberikan sedikit pengaturan tentang bagaimana membuatnya terkesan lebih menarik.

Seleksi semua animasi dengan cara sebelumnya, ketika semua animasi telah terpilih selanjutnya klik kanan lalu pilih Effect Options. Muncul Kotak dialog selanjutnya pilih tab Timing. Pada Repeat drop down panah lalu pilih Until end of slide.

cara membuat animasi berjalan berulang-ulang di powerpoint
Gbr.7e Mengatur Pengulangan animasi

Repeat berguna untuk mengulangi animasi yang ada, dengan memilih Repeat Until end of slide tentu saja pengulangan akan dilakukan seterusnya (tanpa batas) terhadap animasi yang terpilih. Setelah menekan OK, kita akan menjumpai deretan animasi yang tadi menjadi lebih banyak.

06 | Mengatur Durasi animasi
Ketika animasi diatas dijalankan, tentunya akan berjalan terus menerus dan bersamaan. Nah, pada akhir tutorial ini kita akan membuatnya berjalan secara bergantian agar terlihat lebih alami. Namun, kita harus sabar karena kita melakukannya satu demi satu.

Klik pada salah satu animasi di Animation pane (deretan animasi, bukan lampionnya). Lalu geser pada garis setiap potongan animasi. Untuk lebih mudahnya Anda geser dengan hati-hati pada garis warna kuning sampai muncul tulisan Loop (Beberapa versi mungkin menampilkan hal yang berbeda). Bila sudah ketemu tulisan loop dan kursor berubah menjadi panah dua arah geser cukup panjang. Bila berhasil, maka garis yang lain sebagai perulangannya akan memiliki panjang yang sama namun tetap pada satu animasi terpilih saja.

Lakukan hal yang sama pada animasi yang lain namun atur agar memiliki panjang yang berbeda. Dengan begitu setiap efek akan berjalan secara alami dan terkesan elegan. Seperti ini nantinya.

Cara membuat animasi tidak berjalan bersamaan
Gbr.7f Pengaturan animasi Powerpoint

Tutorial diatas mengakhiri cara pembuatan animasi lampion di Microsoft Office Powerpoint. Sampai ketemu lagi pada animasi selanjutnya.
loading...

15 comments:

  1. wah mantap jadi animasi beneran ya, mantap super tutornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pujiannya, saya berharap semoga bisa bermanfaat.

      Delete
  2. banyak ilmu yang saya dapatkan di sini. saya tidak menyangkan kalau powerpoint juga dapat membuat animasi, saya taunya cuma pake photoscape saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kang ucup, semoga bisa dikembangkan lebih lanjut.

      Delete
  3. Kalau sekarang kan lagi marak Microsoft Powerpoint 2013 mas, apa yang Microsoft Powerpoint 2013 juga bisa untuk membuat animasi seperti ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja, namun mungkin pada beberapa bagiannya ada yang berbeda tentunya.

      Delete
  4. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bu Fatimah, semoga ada banyak sekali hal-hal yang bisa berguna untuk menambah wawasannya.

      Delete
  5. lucu lampion nya ya, ternyata cukup mudah juga bikin animasi di power point

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah Mbak, karena memang mudah kenyataannya kalau mau belajar lebih jauh soal Powerpoint.

      Delete
  6. saya nggak nyangka powerpoint juga bisa buat yang kayak gini

    kalau yang powerpoint 2007 gimana mas
    bisa juga gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan ini buatnya dengan Microsoft Powerpoint 2007

      Delete
  7. Wahaa keren juga ya, nanti aku coba deh.

    Tapi sebelumnya ada juga deh yang bikin animasi pesawat-pesawatan lewat power point aku pikir susah eh pas liat video tutorialnya ternyata gak susah

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalau pulse bisa digunakan sebagai variasi yang bagus buat animasi ppt, nice ni buat di coba kalo presentasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba mas fatkur, semoga bermanfaat.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...