17 July 2015

Yuk, Buat Masjid di Slide Powerpoint

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah
Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf lahir dan Batin

Bagi Umat Islam tentu saja bukan hal yang baru bila bertemu dengan Masjid, mengingat tempat ibadah bagi setiap umat, apalagi keberadaannya yang kini begitu mudah dijumpai di Desa maupun Kota. Nah, kali ini kita akan membahas tentang tempat yang satu ini. Tentu saja dengan modal Powerpoint, kira-kira seperti apa sih penampakannya, dibawah ini hasil yang mungkin setidaknya bisa kita dapatkan. Mungkin saja buatan Anda jauh lebih baik dari ini tentunya.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori :Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Membuat Kubah Masjid
Untuk membuat Kubah Masjid, pertama-tama buat lingkaran dulu dengan cara mengklik Ikon shapes --> pilih Circle (lingkaran) pada bagian Basic Shapes. Tarik pada area slide secukupnya dan melonjong, selesai. Sekarang buat Bangun Teardrop  (bangun ini adalah bangun lingkaran dengan ujung yang meruncing. jika memang kurang paham, bisa menggeserkan pointer pada bangun-bangun dekat Bangun Lingkaran. Nantinya akan muncul informasi nama-nama dari bangun. Intinya bangun ini berbentuk lingkaran dengan ujung meruncing yang miring ke Kanan.

Selanjutnya tarik secukupnya Bangun Teardrop yang sudah kita buat dan putar agar posisinya menjadi tegak. Dengan begitu, bangun teardrop menjadi mirip telur lancip. Satukan dengan bangun lingkaran yang pertama kali sudah kita buat, berikan warna dengan menggunakan Ikon Shape Fill dan hilangkan garis terluar atau border dengan menggunakan Shape Outline.

02 | Membuat bangunan dan Menara
Untuk membuat bangunannya, gunakan bangun Kubus yang pada Microsoft Powerpoint disebut dengan cube. Bangun ini termasuk bagian Basic Shapes. Selanjutnya tarik dan sesuaikan. Untuk Bangun utama buat melebar, sedangkan buat memanjang untuk menaranya. 

Bagian atas menara dapat diberikan bangun Teardrop agar memberikan kesan yang menarik. Berikan warna pada bangun yang sudah dibuat, Anda bisa juga memberikan hiasan dengan menggunakan media seperti texture ataupun pattern yang disediakan secara langsung dalam Slide Powerpoint.

03 | Membuat Pintu Masjid
Pintu masjid dapat dibuat sesuka hati, namun disini saya memberikan tutorial dengan menggunakan bangun persegi panjang yang melengkung pada sisi atasnya, bila kurang jelas Anda bisa melihat dari gambar dibawah ini. Namanya cukup panjang, tapi yang jelas ada pada bagian Rectangles.

Pintu masjid ini dapat Anda tambahkan pada bangunan masjid maupun menaranya. Intinya Anda bebas untuk mengkreasikannya. Anda bebas menambahkan sesuai keinginan Anda tentunya. Berikan warna serta pengaturan lainnya untuk membuatnya jauh lebih menarik. 

04 | Pengaturan Pattern (Opsional)
Bila Anda ingin mencoba hal yang berbeda, Anda bisa membuat pattern pada bangunan yang diinginkan. Caranya, Klik bangun yang ingin ditambahkan pattern. Selanjutnya pada klik kanan --> Pilih Pattern. Anda bisa memilih corak yang Anda inginkan untuk menjadi hiasan sekaligus warna latar corak dan corak itu sendiri. Anda bebas unuk mengkreasikannya dan memberikan modifikasi warna maupun corak.


Langkah diatas mengakhiri tutorial kita kali ini dalam edisi Idul Fitri 1436 Hijriah Tahun 2015 kali ini. Sebelumnya Admin minta maaf bila selama ini menyajikan artikel yang mungkin kurang menarik serta kesalahan lain yang Admin tidak sengaja lakukan. Minal Aidzin Wal Faidzin.

Tertarik untuk menyimpannya
Caranya mudah, silakan dibaca melalui postingan sebelumnya melalui link dibawah ini

Artikel terkait dengan Tutorial
loading...

11 comments:

  1. Oke deh gambar masjid nya sekalian ngucapin selamat lebaran mohon dimaafkan lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga sebagai admin Sipowerpoint mohon maaf di Bulan syawal ini.

      Delete
  2. Replies
    1. juga mudah menurut saya, alatnya mudah didapatkan dan gambarnya mudah dibuat. Selamat membuat.

      Delete
  3. muantab juga nih dan menarik untuk utak-atik grafis....makasih ilmunya ya gan...


    تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ وَجْعَلْنَا مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين
    Beningkan hati dengan zikir
    cerahkan jiwa dengan cinta
    lalui hari dengan senyum
    tetapkan langkap dengan syukur
    sucikan hati dengan permohonan maaf
    kami sekeluarga mengucapkan selamat idul fitri...mohon maaf lahir dan batin. semoga kita mendapat berkah dan rahmat Allah selamanya, amin....

    ReplyDelete
  4. tipsnya keren, minal aidzhin wal faidzin, mohon maaf lahir batin kawan

    ReplyDelete
  5. si blog nya sangat menarik menjadikan wawasan bagi pembaca

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...