22 May 2015

Cobain Kue Lidah Kucing di Powerpoint

Bicara soal kue, ada salah satu kue yang menurut saya cukup unik, namanya Kue Lidah Kucing. Kue ini memang kelihatannya bisa menjadi bahasan mengenai tutorial Powerpoint edisi Kuliner. Cara membuatnya cukup mudah kok, dalam beberapa langkah saja semua telah selesai. Intip dulu deh, bagaiman penyajiannya.


Gbr.37 Hasil Kue Lidah Kucing
Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buat bangun Terminator
Bangun Terminator dapat dibuat dengan menggunakan Klik Ikon Shapes. Untuk membuatnya, Klik Ikon shapes yang terdapat pada tab Home atau Insert. Klik Ikon shapes lalu klik Flowchart : Terminator atau gambar seperti bangun persegi panjang dengan seluruh ujung yang melengkung. Tarik pada area slide dan sesuaikan dengan keinginan.

Gbr.37a Membuat bangun FLowchart : Terminator

Bangun ini sebagai awal dari kue yang sudah kita buat, selanjutnya kita akan memberikan sentuhan gradasi warna untuk membuatnya tampak jauh lebih menarik.

02 | Memberikan gradasi warna
Untuk memberikan gradasi warna, klik Objek lalu klik kanan dan pilih Format Shapes. Muncul Kotak dialog, klik opsi Gradient Fill. Muncul beberapa pengaturan, sesuaikan dengan gambar. Lewati beberapa opsi yang sementara tidak dibutuhkan.

Preset  Colors : -
Type : Path

Pada bagian Gradient stops, ada tiga stops disana. Pada stops pertama berikan warna dengan mengklik Ikon shape fill tepat pada bagian panahnya dan klik opsi More colors. Lakukan pengaturan pada RGB Colors di kotak dialog, namun Anda bisa juga menciptakan kreasi lainnya selama itu masih terlihat manis dan menarik tentunya.

Anda bisa menyesuaikan Gradient Stops seperti gambar dibawah ini, tinggal klik stops (panah mirip progress) lalu Klik Ikon Shape Fill --> Pilih More Colors. Lakukan pengaturan warna dengan mengganti Warna RGB (Red, Green, dan Blue). Namun, Anda tidak dibatasi untuk memberikan kreasi lainnya. Setidaknya panduan awal untuk menyesuaikan tutorial seperti gambar dibawah ini.
Gbr.37b mengatur gradasi
03 | Memberikan hiasan
Hiasan Kue Lidah mungkin tidak ada, namun pada beberapa variasinya ada yang memberikan coklat diatasnya. Nah, coklat inilah yang akan kita coba hiaskan diatas Kue yang sudah kita buat. Untuk membuat lengkungannya, klik Ikon shapes --> pilih Curve pada bagian Lines. Mulai klik dan hentikan saat mencapai daerah yang ingin dilengkungkan.

Jadi, kursor yang berbentuk tanda tambah digerakkan untuk membuat garis miring menjulang keatas lalu diklik dan kursor ditarik kebawah lalu diklik, jadi menurut saya seperti orang yang menjahit, tapi bukan menjahit. Mungkin ini akan membutuhkan kesabaran untuk mengolahnya. Klik ganda ( dua kali) untuk mengakhiri.

Gbr.37c Membuat hiasan Kue

Selesai dengan hiasannya, berikan warna dengan mengklik Ikon shape outline dan pilih warna yang diinginkan.Kebetulan saya menggunakan warna coklat yang cukup pekat. Tinggal mengklik Ikon shape fill --> Lalu klik warna yang diinginkan. Anda bisa juga mengatur ketebalan garis melalui Opsi Weight pada bagian Shape Outline.

04 | Penataan
Penataan Kue Lidah kucing cukup mudah, siapkan bangun lingkaran melalui Ikon shapes. Tarik pada area slide dan sesuaikan. Buat lingkaran menjadi cukup lonjong. Berikan warna dan pengaturan lainnya. Seleksi bangun lingkaran dengan cara mengkliknya lalu klik Ikon Arrange pada tab Menu Home. Arrange berfungsi untuk mengatur keberadaan bangun, pilih Send to Back. Artinya, kita akan meletakkannya pada bagian paling bawah.

Gbr.37d Memberikan tempat Kue

Sebagai tambahan agar terlihat seperti bentuk piring. Buat Bangun Trapezoid pada Bagian Basic shapes. Untuk mengetahui namanya, cukup geserkan saja kursor dengan hati-hati dan muncullah nama-nama bangun yang terkena efek hover tersebut.

Tarik dan sesuaikan, jangan lupa juga untuk mengatur Arrange menjadi Send to Back. Selesai, sekarang putar 360 derajat (satu putaran penuh). Anda bebas untuk menambahkan banyak hiasan, misalnya saja buah ceri dedaunan hias dan yang lainnya. Jangan batasi kreasi Anda di Aplikasi Microsoft Powerpoint ini.

Langkah diatas mengakhiri pembuatan Kue Lidah Kucing Coklat. Tentunya masih menggunakan media yang sama namun menghasilkan keragaman bentuk, khususnya dibidang Kuliner. Tetap pantau terus, karena bahasan-bahasan selanjutnya juga tidak kalah menarik untuk disimak.

Tertarik untuk Menyimpannya
Dengan menyimpannya, Kue lidah kucing yang sudah kamu buat dapat disisipkan pada dokumen lain atau bisa juga disimpan begitu saja. Anda bisa membaca tutorialnya melalui link dibawah ini :
Cara menympan gambar di Microsoft Powerpoint.

Apa Minumnya ?
Kalau pada bahasan ini kita membahas mengenai makanan, lalu apa bisa minumannya dibuat dengan media yang sama, Powerpoint. Baca aja langsung.
Cara membuat Jus strawberry di Powerpoint


Artikel dengan tag Tutorial :
Cara membuat bunga mawar sebagai hiasan
Kue cupcake mini dengan media Powerpoint
Membuat Lampion unik dengan media Komputer
Cara membuat Vektor pensil dengan mudah
Ketika Strawberry bisa dibuat di Powerpoint
loading...

12 comments:

  1. Wah, keren ya gambarnya. Pengen jg rasanya mencicipi Kue Lidah Kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengen lebih baik beli aja mas di toko-toko kue, selain murah juga bisa lanngsung dimakan.

      Delete
  2. langsung ke TKP mas, dan coba tips ini, terima kasih sebelumnya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh mas, semoga tutorialnya mudah dipahami untuk diterapkan.

      Delete
  3. Replies
    1. Makasih, semoga makin banyak tutorial lain yang tak kalah menariknya.

      Delete
  4. Asli keren mas, padahal pake power point bikinnya

    ReplyDelete
  5. Langsung praktekkin mas, terima kasih buat tutorialnya. Salam kenal, senang bisa blogwalking disini :)

    ReplyDelete
  6. gak pernah gambar-gambar di PP. Sekarang nyoba ah :D

    ReplyDelete
  7. jadi kayak beneran yaa... nih daya imajinasinya juga harus tinggi yaa, biar gambarnya jadinya juga bagus seperti ini

    ReplyDelete
  8. di blog ini banyak sekali artikel yang sangat menrik untuk dibaca

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...