03 April 2015

Cara membuat tombol sulap dengan Powerpoint

Powerpoint memang menyajikan banyak hal yang menakjubkan bila kita pandai-pandai dalam melakukan kreativitas didalamnya bahkan hingga sulap, ya sulap. Kali ini, kita akan membuat sulap tombol. Jadi, tombol yang kita klik bisa secara ajaib berganti warna maupun teks didalamnya. Beberapa diantara mungkin sudah tahu dengan konsep animasi powerpoint yang satu ini dan bahkan menganggapnya menjadi hal yang mudah. Bagi yang mau lihat hasilnya, bisa langsung klik linknya.

 Hasil Tombol sulap Powerpoint

Nah, bagi yang belum tahu kita akan belajar bersama-sama disini.  Kamu hanya butuh Microsoft Powerpoint lebih disarankan yang versi 2010, tapi bila adanya versi 2007. Kamu bisa melakukan pencocokan saja, namun saya kira juga bisa karena fiturnya sudah ada di Microsoft Office 2007, hanya beda posisi maupun letaknya saja.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buat Bangun Persegi panjang
Untuk membuatnya, klik ikon Shapes pada tab menu Home maupun Insert. Bila sudah, klik Rectangle pada bagian Rectangle. Persegi panjang ini berguna untuk menjadi tombol yang menjadi sasaran klik pada animasi yang dibuat.

Gbr.12 Membuat bangun di powerpoint

Berikan warna dengan mengklik ikon shape fill lalu pilih warna yang dikehendaki. sedang untuk mengatur garis terluar / border. 

02 | Berikan Teks dan gandakan
Bila bangun sudah dibuat dan diatur, selanjutnya adalah memberi teks pada bangun tersebut. Klik bangun untuk menyeleksi lalu ketikkan kata-kata yang diinginkan. Anda bisa mengatur teks tersebut mulai dari ukuran, jenis, hingga warna huruf.

Bila sudah membuat hal-hal diatas, selanjutnya gandakan bangun yang terdapat teks didalamnya. Gunakan kombinasi keyboard Ctrl + d maka bangun tersebut akan otomatis menjadi ganda. Atur salah satu diantaranya, baik warna bangun dan warna teks. Namun untuk bangunnya usahakan untuk tidak merubahnya.
Gbr.12a memberi teks dan menggandakan powerpoint

03 | Jadikan satu
Caranya dengan menggesernya pada bangun pertama, jadi bangun kedua disini saya berwarna hijau sedang bangun pertamanya adalah berwarna biru. Jadi, bangun saya berwarna hijau ada didepan dan saya satukan dengan menggesernya dengan menekan tombol panah keyboard pada bangun berwarna biru. Bangun berwarna biru akan tertutup oleh bangun kedua.

04 | Berikan animasi
Gbr.12b memberikan animasi powerpoint
Saatnya memulai sulap powerpoint. Sekarang klik bangun hingga muncul garis yang mengeliling (bukan garis putus-putus). Klik tab menu Animation -> Klik Add Animation. Pilih Animation Wipe pada bagian Exit. Normalnya, ketika kita mengklik animasi maka animasi akan diterapkan secara otomatis.

Nah, ketika animasi dijalankan, maka seharusnya bangun yang pertama akan terlihat. Ketika animasi sudah diterapkan, maka animasi bisa dijalankan ketika diklik disembarang slide. Kita akan membuat animasinya berjalan hanya saat mengklik bangun yang kita ubah menjadi tombol ajaib.

Gbr.12c mengatur start with previous
05 | Mengatur Animasi
Animasi yang sudah kita terapkan mungkin perlu diatur agar berjalan sesuai rencana. Terlebih dahulu klik panel animasi atau animation task pane. Bila sudah, Klik kanan animasi pada panel samping Slide. Pilih Effect Options.

Bila sudah, muncul kotak dialog, pilih tab menu Timing. Klik tombol triggers, lalu klik Start Effect on click (ini menjadi kunci utama bahwa efek akan dijalankan bila bangun diklik). Klik tanda panah atau drop down lalu pilih bangun yang diberi animasi tadi.

Disini, bangun 1 saya tadi bertuliskan kreasi dan bangun ke 2 atau yang diberi animasi bertuliskan powerpoint. Makan pada start effect pilih Rectangle : Powerpoint. Ini menunjukan bawa kita memilih bangun persegi panjang dengan teks Powerpoint didalamnya.

06 | Kembangkan
Selesai, Anda bisa memainkannya dengan menekan tombol F5 (slide show) karena hubungannya dengan klik, maka tidak bisa dilihat dengan mode preview atau play. Bila sudah, silakan Anda coba klik maka tampilannya akan menghilang dan digantikan dengan tombol lainnya.

Hasil diatas hanya sebagai media preview, karena saya jalankan dengan mode animasi maka bisa bergerak otomatis, namun bila Anda mempraktekan langkah-langkah diatas, maka animasi hanya akan berjalan bila Anda melakukan klik pada bangun tersebut.
Gbr.12d Hasil akhir Mtombol sulap


Cukup mudah, bukan. Anda bisa menjadikan tombol awalnya sebagai cover presentasi Anda, dan mengklik dengan memberi tulisan Buka maka tombol belakangnya berisi materi yang Anda presentasikan. presentasi lebih canggih hanya modal Microsoft Powerpoint.

Artikel dengan Tag animasi :
Cara membuat animasi Lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat footer yang menarik di Powerpoint
Cara membuat animasi Tabel powerpoint dengan mudah
Cara membuat animasi tulisan mengecil
loading...

6 comments:

  1. enak ya Mas kalo udah menguasai powerpoint begini. mau bikin tayangan bukan lagi sesuatu yang menyulitkan. nggak kayak saya nih, dari tayangan ke tayangan, templatenya sama mulu, hehe. siip mas, makasih, saya coba pelajari lagi. perlu waktu sih memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa diatasi dengan mengikuti kursus atau beli buku-buku yang menjelaskan tentang Microsoft Powerpoint.

      Soal template, sebenarnya banyak dijumpai di Internet kok, tinggal ketik saja mau template model apa di Mesin Pencari. Semoga membantu.

      Delete
  2. Keren bisa dicoba neh biar buat hiburan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, silakan dicoba mas. Semoga tutorial diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

      Delete
  3. wah lengkap tutorialnya di sini, saya baca - baca buat belajar juga ini
    saya baru yang biasa saja bisanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Dedaunan Yogya atas komentarnya. Silakan dibaca-bisa postingan lainnya, barangkali bisa memberikan manfaat. Salam Powerpoint.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...