10 April 2015

Cara membuat lilin di Microsoft Powerpoint

Mati lampu .... Kok jadi curhat. Daripada nyanyi, mending segera cari penerangan untuk meredupkan suasana, eh maksud saya menerangkan suasana. Kita bisa cari lilin dulu nih, dimana ? Ya di Kreasi Powerpoint. Kok bisa ? Karena kali ini kita akan membagikan tutorial mengenai cara pembuatan lilin di Microsoft Powerpoint, sebelum kita buat, ayo kita lihat dulu gimana sih hasilnya dari membuat lilin dengan aplikasi yang satu ini.

Hiasan Powerpoint, hiasan ulang tahun dengan Powerpoint
Add caption


Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007 dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Buat bentuk Teardrop
Belum tahu, apa itu Bentuk Teardrop ? sebaiknya, baca dulu deh tutorial tentang Cara membuat hiasan mawar dengan Microsoft Powerpoint. Setelah itu, kembali lagi dimari lalu baca tutorial selanjutnya. Selesai dengan bentuk Teardrop, jangan lupa memutarnya dengan mengklik bulatan warna hijau yang muncul saat Bangun terseleksi (saat diklik).


Jangan lupa untuk mengecilkan ukurannya, ya agar terlihat seimbang. Nanti kalau teardrop yang calonnya jadi bara api lebih besar dari penyangganya kelihatan aneh dan seram juga. Oke, setelah bangun sudah diputar sampai berbentuk telur duduk, jangan lupa mengklik bulatan warna kuning saat area diseleksi, tarik keatas sedikit sehingga bentuk lebih meruncing.

02 | Pengaturan warna gradasi
Klik kanan pada bangun Teardrop, lalu piih opsi Format Shape. Nah, muncul kotak harta karun (bukannya kotak dialog ? itu lebih benarnya). Nah, pastikan pada tab menu Fill --> Pilih gradient Fill. Pada preset Color pilih gradasi api (Fire).Ini akan membuat lilin pada powerpoint lebih terlihat hidup.


Pada bagian Type, pilih radial (ini berfungsi untuk membuat gradasi melingkar pada api lilin). Sedangkan direction silakan pilih yang Anda suka berikut pengaturan gradasi untuk lebih jelas. Bila sudah, jangan lupa menutup kotak dialog dengan menekan tombol OK. Sedang, untuk menghilangkan garis terluar (Border) pada bangun, klik shape outline pada tab menu Home lalu pilih No Outline.

03 | Badan lilin
Ketika kita sudah membuat apinya, sekarang waktunya kita membuat bagian tubuh lilin. Untuk mulai membuatnya, klik Shapes --> pilih bentuk Rounded rectangles pada bagian Rectangles (sebelah kanan bentuk persegi panjang).


tarik memanjang sehingga membentuk tubuh pada lilin. Klik ikon Arrange, lalu atur menjadi send to Back. Hal ini berguna untuk membuat badan lilin berada diposisi paling bawah. Jangan lupa untuk mengatur warna dan garis terluarnya sesuai selera. Disini saya menghilangkan garis border dan menggunakan warna putih pada warna. Untuk memberi warna didalamnya, kita bisa menggunakan Shape Fill. Shape fill berguna untuk memberikan warna pada bagian dalam bangun.

04 | Mengatur latar belakang
Latar belakang yang tepat akan memberikan suasana yang baik dan kesan yang serasi. Untuk tutorial ini, lebih cocoknya kita memilih latar belakang yang terkesan gelap. Tak tanggung-tanggung saya menggunakan warna hitam sebagai latar belakang.


Cara mengganti latar belakang pada Powerpoint yakni, klik kanan terserah pada area slide --> Klik opsi Format Background. Muncul kotak dialog pilih warna hitam pada bagian Color atau warna gelap lain yang sesuai selera Anda. Akhiri dengan menekan tombol OK.

05 | Membuat lilin nampak hidup
Lilin yang sudah kita buat terlihat kurang menarik, kita akan memberikan sedikit pencahayaan pada sekelilingnya agar nampak lebih terlihat nyata. Caranya klik kanan pada api (Teardrop) lalu pilih Format Shapes. Muncul kotak dialog pilih tab menu Glow and Soft Edges. Bila sudah, atur color dengan warna yang cerah (disini saya memilih warna kuning).


Jangan lupa memperbesar size dengan menggeser tombol Segi lima pada ukuran yang diinginkan, saya menggunakan ukuran 39pt, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Klik ok untuk menutup kotak dialog.

Langkah diatas mengakhiri tutorial mengenai cara membuat hiasan lilin dengan mudah tentunya dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, Semoga bermanfaat.

Artikel dengan Tag Tutorial :
Buat galeri foto menarik dengan mudah bersama Powerpoint
Cara buat lampion ala Powerpoint
Cara membuat Pensil dengan Powerpoint
Cara membuat tabel yang bagus modal Powerpoint
Buat bunga mawar dengan Powerpoint, kenapa nggak ?
loading...

1 comment:

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...