07 April 2015

Cara membuat hiasan Mawar Merah di Microsoft Powerpoint Bag.2

Hiasan Mawar memang sudah kita bahas sebelumnya. Namun, pada sebelumnya kita hanya membahas mengenai Kelopak Bunga Mawar saja. Belum tangkai maupun Daunnya. Pada kali ini, kita akan membuat daun dan Batang di Kreasi Powerpoint. Bagaimana ? Siap untuk membacanya lebih lanjut.

Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial
Keterangan : Lanjutan dari Artikel Cara membuat hiasan mawar powerpoint

01 | Membuat bentuk Moon
Buka dokumen yang sudah disimpan sebelumnya, sekarang buat bentuk Moon atau Bulan. Caranya, Klik Ikon Shapes > Klik Bentuk Moon pada bagian Basic Shapes. Bentuk Bulan ini tidak jauh letaknya dengan matahari, bahkan bertetangga dengan bagian yang sama.

Buga mawar merah di Powerpoin
Gbr.21 membuat tangkai bunga
Usai mengklik, tarik sesuai besar yang diinginkan, secukupnya saja untuk membuat tangkai. Jangan lupa untuk meletakannya pada bagian bawah kelopak bunga, boleh menyatu boleh tidak. Disini, saya menggunakan metode yang menyatukan batang dengan kelopak Bunga.

Untuk memberikan kesan yang menarik, jangan lupa untuk memberikan sapuan warna dengan menggunakan Ikon Shape Fill dan mengatur garis terluar atau border melalui Ikon Shape Outline. Bila sudah, sekarang tianggal membuat daun.

02 | Membuat daun
Gunakan bentuk yang sama, lalu tarik pada area slide lebih pendek dari batang. Klik bangun bulan yang akan kita jadikan daun, lalu klik lingkaran berwarna hijau. Tombol lingkaran ini kita tahan dan kita putar kearah yang kita inginkan.

Gbr.21a memutar objek Moon

Disini, saya menggunakan warna hijau dan menghilangkan garis terluar. Bagaimana menghilangkan border di Microsoft Powerpoint ? Caranya mudah saja, Klik Ikon Shape outline lalu klik No outline, dengan begitu garis terluar akan menghilang alias tanpa warna didalamnya. Hal serupa juga berlaku untuk Ikon Shape fill, Bagi yang tidak mau memberikan warna Anda bisa mengklik pilihan No Outline.

03 | Pengaturan
Sekarang, tinggal melakukan pengaturan saja agar terkesan lebih menarik. Dalam gambar dibawah ini saya juga menggunakan konsep Arrange yakni membuat gambar bisa berada pada posisi paling belakang maupun paling atas. Untuk mengatur gambar agar berada pada posisi paling bawah gunakan rrange -> Send to Back. Disini kita sudah membuat hiasan bunga di Powerpoint.

Gbr.21b Mengatur posisi daun

Ini mengakhiri tutorial kita mengenai cara membuat hiasan mawar merah di Microsoft Powerpoint, Semoga dengan adanya tutorial ini dapat membantu kita semua dalam menyajikan hiasan mawar yang menarik untuk kebutuhan dalam pembelajaran maupun sebagai gambar pendukung. Daripada menggunakan gambar yang biasa kita temui dan mengandung hak cipta, tak ada salahnya untuk membuat sendiri agar menjadi hak cipta kita sendiri. Selamat Mencoba.

Artikel dengan tag Tutorial :
Cara membuat Galeri foto yang menarik di Powerpoint
Cara membuat lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat tabel yang bagus di Microsoft Powerpoint
Cara membuat judul Slide yang Menarik
loading...

21 comments:

  1. wihhhhh, kren banget mas, saya beljar photosop ko gax bsa" ya ? :( ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, tidak harus mengandalkan photoshop. Kalau dengan aplikasi yang biasa aja bisa, kenapa nggak kan mas Hary Wardiansyah

      Delete
  2. keren mas,lanjutkan bikin kreasi lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh mas Andrian, semoga kreasi lain bisa lebih menarik, terima kasih atas dukungannya.

      Delete
  3. Replies
    1. Tanpa rumit tapi hasilnya juga nggak buruk-buruk amat kak Daniel Nagata.

      Delete
    2. Saya ga pernah kepikiran, jadi pake powerpoint juga bisa gambar selain sajikan presentasi...hebat dan sungguh kreatif

      Delete
  4. Saya kunjungan langsung ke bag 2 ni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diperbaiki kak, mengenai bagian pertama Cara membuat Hiasan Powerpoint mengenai bunga mawar linknya.

      Delete
  5. wow, hasilnya jadi luar biasa begitu ya, padahal bukan dari hasil gambar kan, hebat euy..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Devy Indriyani atas pujiannya. Semoga tutorial diatas bisa menjadi alternatif untuk membuat hiasan selain dari gambar. Selamat Mencoba.

      Delete
  6. Mantap tutorialnya sob, jarang banget yang share tentang trik powerpoint..salam satriyoku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Satriyoku juga, Oke deh semoga dengan share trik Powerpoint bisa menambah wawasan agar bisa mengeksplorasi Powerpoint lebih jauh.

      Delete
  7. Replies
    1. Silakan coba-coba dan kreasiin. semoga bisa dikembangkan lebih lanjut agar lebih menarik.

      Delete
  8. Indah bener nih mas, kalau dibikin flash pasti ini bakal tambah seru apalagi kalau dikirimkan buat pasangan kita ya mas?

    Makasih banget tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silahkan diberikan pada pasangannya, siapa tahu seneng banget. kalu bisa, diberikan animasi dan dibuat banyak variasi warnanya agar makin seneng hatinya.

      Delete
  9. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses terus

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...