01 February 2015

Cara membuat judul slide yang menarik

Salam Kreasi. Sebelumnya ini posting pertama saya mengenai Kreasi PowerPoint. Dimana, Program pengolah Presentasi ini memang cukup populer. Kreasi Powerpoint yang kita bahas kali ini adalah Bagaimana membuat Judul slide di Powerpoint jauh lebih menarik dibanding hanya menggunakan tulisan atau pengubahan kata maupun huruf didalamnya. Untuk hasil akhirnya mungkin akan seperti ini, tentu saja yang sudah cukup memahami powerpoint tutorial seperti ini sudah biasa. Tapi, bagi yang mau belajar atau ingin menambah wawasan bisa disimak lebih lanjut.
Gbr.1 Hasil pembuatan judul slide
Untuk membuat judul slide seperti diatas.Tentunya beberapa komponen pada Powerpoint setidaknya sudah Anda pahami, namun tidak menutup kemungkinan bagi yang belajar dari nol. Karena banyak sekali sumber informasi yang bisa saling terhubung satu sama lainnya. Baiklah, kita mulai Membuat judul slide Powerpoint yang mudah meski tetap baik dipandang.


01 Membuka Program 
Tentunya aplikasi Program pengolah Presentasi Powerpoint sudah terinstal dengan baik di Komputer. Mulai dengan membuka program aplikasi dan mulai membuat slide baru. Bila Anda belum mengetahui bagaimana membuat slide baru, Cara membuat slide baru di Powerpoint yaitu Klik pada New Slide pada bagian menu Home, jangan lupa pada panah disamping pilih yang Blank. Ini berguna membuat halaman slide bersih dan memberikan kebebasan bagi kita untuk berkespresi didalamnya.

02 Membuat Garis
Awali dengan Membuat garis. Masih dimenu Home, Klik shapes -> Pilih Lines->lines. Klik pada sembarang area slide, maka akan muncul garis. Atur ukuran maupun penempatan dengan klik bulatan putih, lalu geser hingga seukuran slide atau sesuai ukuran yang diinginkan.

Gbr.1a Membuat Persegi Panjang di Powerpoint
03 Buat Persegi Panjang
 Membuat Persegi Panjang. Masih dibagian menu Home, klik shapes -> Pada bagian Rectangle pilih Rectangle. Bila sudah, pointer akan berubah menjadi tanda tambah (+). Tarik dan sesuaikan seberapa besar ingin membuat persegi panjang.

Tentunya lebih disesuaikan pada teks yang ingin ditambahkan, karena disinilah judul setiap topik akan ditambahkan.

04 Tambahkan Teks
Ini menjadi langkah terakhir dalam tutorial ini. Dalam artian masih cukup penting untuk diikuti. Untuk menambahkan teks didalamnya, klik kanan pada bangun persegi panjang -> pilih edit text. Bila tidak mencukupi, Teks akan secara otomatis turun kebawah. Bila sudah dirasa sempit maupun ada beberapa kata yang tak terlihat tinggal memperbesar bangun persegi panjang dan teks akan mengikutinya.

Gbr.1b Memberi warna pada Powerpoint
05 Modifikasi sesuai selera
Anda bisa melakukan modifikasi didalamnya. Mulai dari mengganti ukuran, jenis font hingga warna maupun border bisa Anda modifikasi sesuai selera. Hal terpenting adalah bagaimana membuatnya nampak baik dan tentunya memberikan pemikiran yang sama dengan para audien atau pada umumnya. Perpaduan warna yang baik atau menggunakan satu warna mungkin akan memberikan kesan lebih profesional dalam presentasi yang lebih optimal, khususnya dalam slide.

Beberapa ikon seperti shape fill maupun Shape outline juga bisa digunakan dalam membuat tampilan judul lebih menarik. Kegunaan Shape fill yaitu untuk memberi warna pada latar belakang bangun (disini adalah Bangun Persegi Panjang), Sedangkan kegunaan Shape outline adalah memberi warna pada tepi garis luar bangun, fungsi lainnya adalah memberikan warna pada garis.

Bila tidak berniat menggunakan warna atau menghilangkan warna border bisa memilih opsi No outline. Dengan begitu, tak ada warna yang dimasukan pada elemen yang dipilih. Sekian tutorial pertama saya dan sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...