06 April 2017

Tutorial Slideshow Animasi Galeri Foto

Bagian akhir dari beragam kreasi sederhana Animasi galeri foto akhirnya tiba disini. Pada bagian ke lima ini, kita akan membahas Tutorial Slideshow animasi galeri foto. Daftar isi dari animasi galeri foto ini dapat Anda lihat melalui link dibawah ini.

01. Sisipkan Gambar

Apa yang bakalan diberi animasi, kalau aja foto-fotonya belum ada. Langsung aja buka slide baru di Powerpoint dan ganti tata letaknya menjadi kosongan atau blank. Klik tab menu Insert lalu klik ikon Picture. Nantinya bakalan muncul kotak dialog dan cari dimana file gambar kamu, akhiri dengan menekan tombol Open.

02. Animasi Diberikan

Tai tunggu dulu, biar nggak berantakan, kita lakukan pengelompokan atau grouping. blok seluruh objek lalu klik kanan dan pilih Grouping -> Pilih opsi Group. Selesai, saat objek diklik sekali, harusnya objek yang lain ikut nempel, kalau double klik baru objek satuan yang terseleksi.


Lalu, biar lebih keren foto-fotonya kita berikan efek 3d, tak perlu repot karena aplikasi ini sudah menyediakannya. Nah, klik dua kali objek yang akan diberikan efek, nantinya akan muncul Picture Tools, selanjutnya tinggal klik box dan lakukan drop down, pilih sesuai selera dan terapkan. Selesai, jadi nanti seperti foto yang diberikan frame ataupun sejenisnya.

Ada yang persegi, oval, persegi dengan siku lengkung dan pilihan lainnya yang bisa disesuaikan sendiri, berikan jarak lebih banyak antara satu foto dengan foto yang lain, jadinya tidak terkesan menumpuk, gitu aja sih sarannya.


Letakan diluar area, nggak perlu jauh-jauh juga kali dari slide. pokoknya nggak kelihatan dari pojokan. Nah, apa maksudnya ini ? biar nanti jalannya dia tidak terlihat dan seakan-akan baru masuk kedalam arena, ok paham.

Nah, sekarang tambahkan animasi agar hasilnya menarik. pastikan objek sudah terseleksi, selanjutnya tinggal klik tab menu animations. pilih opsi line, karena animasi yang akan kita berikan adalah sejenis motion paths. selesai diklik, atur arahnya agar tidak kebawah tapi kesamping, sesuaikan arah gambar masukny, karena kebetulan saya disebelah kiri, jadi saya memilih opsi untuk bergerak kearah kanan, begitu juga sebaliknya.


Masih di tab menu animations, klik opsi Effect Options dan pilih Right. nantinya, ada anak panah merah yang merupakan finish dari jalannya animasi, jika dirasa kurang drag panah merah hingga keluar dari area slide. Lalu, lakukan testing dengan menekan tombol preview atau play. 

Bila sudah cukup, sekarang atur agar menjadi otomatis. Klik opsi animation pane untuk melihat daftar animasi yang telah diberikan. Klik kanan dan pilih opsi Start with Previous. Lakukan preview lagi untuk melihat perbedaannya.



Tentunya jalan animasi masih cukup cepat, nah atur durasinya agar menjadi lebih enak dilihat, normalnya mungkin durasinya pendek sekitar 02,00. Atur pada bagian Durations menjadi lebih besar, saya memasukan 10,00 untuk durasi. Tentunya opsi ini pada tab menu Animations, sedangkan delay berguna untuk memberikan penundaan terhadap jalannya animasi, misalnya ada dua kelompok gambar yang dibuat slideshow, tinggal atur delaynya.

Lebih kreatif

Beberapa tutorial yang dibagikan disini tentunya bisa dilakukan pengembangan agar hasilnya lebih beragam. Lebih kreatif meski menggunakan aplikasi Microsoft Office Powerpoint. Baiklah, sampai jumpa ditutorial selanjutnya dan Selamat Mencoba.

Daftar Isi :
Tutorial Animasi fade Gallery
Tutorial Animasi Double Lines Gallery
Tutorial Animasi Fly Gallery
Tutorial Animasi Grow Gallery
loading...

2 comments:

  1. Keren ya bisa bikin slide show animasi :)

    ReplyDelete
  2. Ya, tentunya dengan aplikasi yang sederhana yakni Powerpoint.

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...