30 March 2017

Tutorial Animasi Grow Gallery

Ini merupakan bagian ke empat dalam tutorial kreasi animasi galeri foto. Untuk melihat jenis animasi lainnya, Anda bisa klik pada link berikut ini.
5 Kreasi sederhana Animasi Galeri Foto.

01. Penempatan Gambar

Gambar dapat ditempatkan pada area slide dengan mengklik Insert lalu klik Ikon picture. Nantinya akan muncul kotak dialog, cari gambar dan akhiri dengan menekan tombol insert. Anda bisa memilih gambar sekaligus untuk menghemat waktu.


Atur gambar sesuai keinginan dan bila sudah, lakukan seleksi pada seluruh objek secara bersamaan dengan membloknya. Teknik ini untuk membuat ukurannya nanti sama secara keseluruhan.

02. Pemberian Animasi

Selanjutnya, gambar yang sudah terblock tadi kecilkan dengan menekan bulatan kecil, sehingga kumpulan gambar yang lain juga ikut mengecil. Selain menghemat waktu, cara ini juga untuk membuat posisi gambar tidak berubah, kalaupun berubah tidak begitu jauh. Jarak pada masing-masing gambar mungkin jadi lebih lebar, namun pengaturan lebih lanjut kita lakukan pada bagian animasi, hal terpenting kita kecilkan dulu ukurannya.



Selanjutnya klik tab menu Animations lalu klik ikon Add Animations. Pada bagian Emphasis (Ikon Bintang kuning) pilih opsi Grow/Shrink. Efek Animasi ini akan membuat objek tumbuh membesar. Berikan efek animasi yang sama untuk objek yang lain.


3. Pengaturan Animasi

Langkah selanjutnya adalah, membuat animasi berjalan lebih menarik. Klik ikon Animation pane untuk menampilkan daftar animasi yang telah diberikan pada objek. Selanjutnya lakukan modifikasi pada bagian Duration untuk durasi animasi, dan Delay untuk waktu tunda jalannya animasi.


Efek Duration maupun delay akan aktif bila mengklik animasi objek di animation pane, Disini saya hanya mengatur bagian durasi, jadi tidak ada waktu tunda untuk animasi. Semuanya berjalan secara bersamaan, hanya saja yang membedakan lamanya durasi jalannya animasi. Anda bisa mengaturnya secara beraturan, yakni pada bagian 1 misal durasinya 01,00 ; maka bagian 2  bisa 02,00 ; dst. Namun disini saya mengaturnya menjadi acak Pada Bagian ke 1 01,00 ; Bagian ke 2 02,50 ; Bagian ke 3 01,50 dst.


Selanjutnya

Lakukan preview pada animasi slide, bisa dengan mengklik ikon preview, bisa juga dengan menekan tombol F5 untuk versi layar penuh. Bila ada gambar yang saling bertumpuk satu sama lain, atau ada yang kurang sesuai. Geser saja secara manual agar masalah tersebut teratasi. Selanjutnya Anda bisa melakukan modifikasi agar hasilnya lebih maksimal, sehingga nantinya makin tampak lebih menarik dan tentunya lebih nampak variatif. Selamat berkreasi dan salam SIPowerpoint.

Kembali ke Daftar 5 Kreasi Sederhana Animasi Galeri Foto
loading...

8 comments:

  1. Waahhhhh

    Jadi ppt kita bisa lebih interaktif kayak video ya kak

    ReplyDelete
  2. Perlu dicoba nih ,slide ini bisa dijadikan format video kan mas?

    ReplyDelete
  3. wah keren ini, perlu dicoba nih tutornya. ..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Apa dalam satu slide bisa dua atau lebih efek mas?

    Kalau bisa gimana caranya?

    ReplyDelete
  7. sip banget niy untuk dipelajari.
    inget saat bikin presentasi ujian ... pake power point, masih sangat sederhana hehehe.
    terimakasih mas, nambah ilmu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap dipelajari tentunya. Moga kedepannya nggak sederhana lagi.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...