01 January 2017

Cara membuat Kembang Api sederhana di Powerpoint

Selamat Tahun Baru 2017, kali ini kita akan membuat Kembang Api sederhana di Microsoft Office Powerpoint, Pastikan ada Aplikasi Microsoft Office yang khususnya Powerpoint sudah terinstal.

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, 2013
Jenis : Animasi
Kategori : Menengah

01. Membuat Lingkaran 

Pastikan sudah membuka aplikasi, pilih Blank pada bagian Layout. selanjutnya klik ikon shapes lalu pilih bentuk lingkaran, sambil menekan tombol shift drag bangun secukupnya saja di area slide. Ini berguna untuk membantu kita dalam membuat bagian dari kembang api.


Berikan warna sesuai keinginan dan hilangkan bagian border atau garis terluar pada bangun dengan mengklik bangun -> klik ikon shape outline -> No Outline.

02. Membuat Segitiga

Segitiga dapat dibuat dengan mengklik ikon shapes juga lalu pilih bagian triangle, tanpa menekan shift, bentuk segitiga menjadi pipih pada area slide, Putar segitiga dengan bagian yang lancip mengarah pada bangun lingkaran yang telah kita buat tadi, gunakan tanda panah memutar yang muncul saat objek diklik.


Bila tanda panah itu tidak terlihat, klik objek lalu perbesar area slide. gandakan dengan mengklik objek sambil menekan Tombol Ctrl pada Keyboard dan drag diarea lain. Buat sebagus mungkin, hingga segitiga-segitiga tersebut membuat bentuk seperti matahari pada slide, jika sudah, tinggal hapus saja bangun lingkaran tersebut.

03. Membuat Persegi Panjang

Persegi panjang ini nantinya menjadi permulaan dalam pesta kembang api di powerpoint. Sehingga awalnya persegi panjang ini meluncur keatas baru memunculkan bangun segitiga. 

Gunakan Ikon yang sama, Shapes untuk membuatnya lalu pilih bagian rectangle untuk membuatnya. buat gradasi warna dengan mengklik kanan pada bangun lalu pilih Format Shapes. Atur gradasi dengan bagian bawahnya berwarna hitam sedang atasnya disesuaikan dengan warna segitiga yang tadi kita buat.


04. Memberikan Bintang (Optional)

Bintang hanya sekedar tambahan, Gunakan Ikon shapes, pilih bagian stars and banners. Pilihan bintang bisa disesuaikan, namun disini saya menggunakan bangun bintang yang normal. sesuaikan bentuknya dan tempatkan dekat area segitiga pipih yang telah kita buat sebelumnya.

Gandakan dengan tombol ctrl pada keyboard dan lakukan hal yang sama untuk posisi di segitiga yang lainnya sesuai gambar dibawah ini.


Lalu, animasinya ?
Pada bagian yang kedua kita akan bicara soal animasinya.

loading...

2 comments:

  1. Waaah, keren, nampaknya sederhana tapi rupanya proses pembuatannya tidak semudah mengetik, numpang belajar ya

    ReplyDelete
  2. Yuk Gabung Bersama RoyalQQ

    Hanya dengan minimal Deposit Rp. 15.000,- anda sudah bisa bermain di semua jenis games!

    RoyalQQ juga membagikan Bonus TO 0.5% setiap hari nya lho..^^

    So tunggu apa lagi!?!

    Yuk daftarkan diri anda sekarang juga hanya di
    www.royalqq.com

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...