25 February 2016

Membuat efek stroke pada tulisan

Efek tulisan yang menarik mungkin bagi sebagian orang hanya dipandang dari sisi fontnya, bisa juga karena paduan warna yang biasa diolah pada Adobe photoshop. Nah, kita akan membuat beberapa Model teks yang menarik tentunya dengan menggunakan aplikasi andalan.

Versi : Microsoft office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

A. Buat teks di Slide
Klik tab menu Insert lalu klik text box. Klik pada area slide dan mulailah mengetik kata-kata yang diinginkan. bila selesai, klik area sembarang slide asalkan diluar text box. Anda bisa mengatur ukuran maupun jenis font yang diinginkan. Sebagai contoh, disini saya mengetikan kalimat selamat datang dan menggunakan font vivaldi.



B. Klik teks sehingga terseleksi lalu klik tab menu Drawing Tools yang muncul saat teks di seleksi. Untuk memberikan efek stroke pada tulisan gunakan ikon text outline. Pilih warna yang diinginkan, karena tulisannya berwarna hitam, saya menggunakan warna jingga, Anda juga bisa memberikan warna seperti abu-abu atau lainnya yang sesuai.


C. Sampai disini sudah mulai terlihat efek pada tulisannya. Anda bisa mempertegasnya dengan menambahkan besar efek stroke dengan cara mengklik ikon Text outline, namun klik yang opsi weight. Anda bisa memilih ketebalan efek yang diinginkan, cukup sesuaikan saja sesuai kebutuhan. Namun, efek tebal mungkin berguna bila font tulisan yang Anda gunakan cukup tebal.


D. Lalu bagaimana dengan opsi dashes, Ini berfungsi untuk memilih corak dari efek stroke yang Anda buat, Ada macam-macam variasi, dimulai dari model yang lurus biasa, ada yang berupa garis putus-putus. Anda bisa coba untuk menyesuaikan kreasi pada teks yang Anda buat.

Demikian tutorial singkat kali ini tentang bagaimana membuat efek stroke pada tulisan, semoga kedepannya dapat membuat efek tulisan pada slide Anda tidak tenggelam oleh warna background atau membuat teks yang ada pada slide terkesan lebih menarik untuk dipandang. Selamat Mencoba untuk mengkreasikannya.
loading...

5 comments:

  1. jadi kelihatan menarik tulisannya ya mas ada backgroundnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, biar kesannya tidak monoton. Begitu ada background juga biar tidak bertabrakan karena ada stroke yang fungsinya melindungi sekaligus memperindah tulisan.
      (o)

      Delete
  2. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete
  3. thank you for the information. i enjoy ur blog

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...