27 February 2016

Membuat animasi teks berubah warna

Pada postingan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai cara membuat efek stroke pada teks di Slide Powerpoint. Nah, tutorial ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya. Bagi Anda yang kebetulan belum membaca, bisa melalui link dibawah ini :
Cara membuat efek stroke pada teks

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

Membuat animasi teks berubah warna

A. Sisipkan teks yang telah diberikan stroke di slide Powerpoint. Gandakan teks tadi dengan mengkliknya terlebih dahulu lalu sambil menekan Tombol Control dan tarik ke area yang diinginkan dan lepaskan. Bila tidak, Anda juga bisa menggunakan cara biasanya yakni Copy dan paste di area yang diinginkan.

Gandakan hingga berjumlah tiga buah diarea slide. Sekarang ganti warna stroke masing-masing pada teks. Disini Saya menggunakan warna Jingga, biru dan hijau pada teks. Selanjutnya kita akan menambahkan animasi pada teks yang sudah kita buat.


B. Berikan animasi dengan terlebih dulu mengklik teks agar terseleksi, selanjutnya klik tab menu Animations lalu klik Ikon Add animations. Pilih Fade dengan ikon bintang merah pada bagian Exit. Lakukan hal yang sama untuk teks lainnya. Jangan lupa untuk mengaktifkan animation pane. Pada versi 2007 mungkin animation pane sudah aktif.


C. Pada bagian animation pane akan muncul deretan animasi beserta durasi yang ditunjukan melalui bar warna jingga disampingnya. Kita akan mengubah waktu jeda sehingga munculnya secara bergantian. Dimulai dari yang paling bawah paling dekat sedang diatasnya digeser dengan cara terlebih dulu mendekatkan kursor pada bar warna jingga hingga berubah menjadi panah dua arah yang berlawanan. Buat menjadi tangga seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.


D. Sekarang Anda bisa mencobanya dengan menekan Tombol play, Bila Anda mengikuti tutorial ini seharusnya animasi yang ditimbulkan menjadi bergantian dari bawah keatas, sekarang satukan tulisan menjadi posisi di tengah. Nah, sekarang coba lagi dengan menekan Tombol F5 untuk melihatnya pada tampilan Full Screen.


loading...

12 comments:

  1. mantep mas, saya ikut baca-baca disini sekalian blogwalking, salam kenal dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Animasi sederhana tapi cukup menarik nggak perlu repot pakai GIF

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh mas, kalo gitu bisa mangkas waktu dan disesuaikan lebih mudah.

      Delete
  3. Whehehe mantep
    ane bisa praktekin nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh, silakan aja buat dipraktekin semoga hasilnya jauh lebih menarik.

      Delete
  4. cantik sekali tampilannya mas, bisa di terapkan buat logo blog ngk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya belum coba tuh mas, masnya coba aja dulu siapa tahu bisa.

      Delete
  5. Info baru buat yang super gaptek kaya aku ini... thanks gan

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete
  7. thank you for the information. i enjoy ur blog

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...