24 August 2015

Inspirasi pengembangan transisi teks

Salam Sipin, Pada postingan yang sebelumnya, kita sudah membahas mengenai transisi teks yang dibuat dengan mudah di Slide Powerpoint. Kali ini masih dengan bahasan yang tidak jauh berbeda, tapi beberapa pengembangan animasi yang sudah kita buat sebelumnya.
Bila Anda kebetulan belum membaca postingannya bisa melalui link dibawah ini :
Cara membuat transisi teks sederhana di Slide Powerpoint

Nah, tanpa basa-basi lagi, inilah beberapa inspirasi dari transisi teks di Slide Powerpoint yang tentu saja bisa Anda kembangkan lagi sesuai kebutuhan presentasi. Disini, ada beberapa penggandaan seperti bangun chevron dan perubahan beberapa jenis animasi teks dan peletakannya.

Inspirasi Pertama

Pada bagian inspirasi yang pertama, Anda bisa melihat bahwa teks mengikuti arah anak panah dari bangun Chevron yang sudah kita buat. Perubahan terletak pada animasi yang digunakan pada teks, Gunakan model animasi yang sama seperti bangun chevron, yakni Motion Paths. Gunakan motion paths pada teks dengan arah yang berbeda.


Teks pertama menggunakan Motion paths yang arahnya menuju kanan dan yang lainnya sebaliknya, Anda bisa menggunakan Animation painter yang dapat ditemui ikonnya di Tab menu Animations (beberapa versi Microsoft Powerpoint mungkin berbeda atau bahkan tidak ada). Kedua tetap ditumpuk, melainkan dipisah dan diletakkan pada luar slide. Sehingga, begitu bangun chevron memasuki slide, maka teks akan mengekor dibelakangnya.

Inspirasi kedua

Pada inspirasi kedua, perubahan yang terlihat adalah teks berjalan bersama-sama dan berhenti pada area yang ditentukan. Tentunya masih melibatkan bangun Chevron yang sudah diberikan animasi. Perubahan tidak terlalu mencolok, karena hanya memisahkan teks dengan bangun chevronnya. Kelihatannya lebih mudah, tapi terlihat berbeda bila diterapkan.


Karena memang tidak ada yang hilang kecuali bangun chevronnya. Tentu saja perubahan hanya terletak pada pemendekan garis segitiga sebagai jalur animasi. Tarik dan pendekan jalur animasi dengan mengklik segitiga warna merah dan masukan pada area slide. Lakukan hal yang sama dengan teks lainnya. Jadi nantinya, tidak ada yang hilang pada saat animasi dijalankan.

Inspirasi ketiga

Pada inspirasi ketiga, Perubahannya lebih mirip seperti pesawat terbang. Bangun chevron yang besar dengan yang tipis diberikan waktu jeda, pengaturan jeda pada animasi bisa dilihat pada tab menu Animations dan pada bagian delay lakukan pengaturannya. Tentu saja pastikan bahwa yang diatur jedanya adalah animasi chevron yang tipis.

Selesai melakukan pengaturan bangun Chevron, selanjutnya menambahi animasi pada teks dengan animasi Wipe (ikon bintang merah). Karena normalnya memang animasi ini menghilang perlahan dari awah bawah keatas, lakukan pengaturan pada ikon Effect Options atau melalui klik kanan pada deretan animasi di Animation pane. pilih arah yang disesuaikan dengan arah bangun chevron yang tipis. Untuk mengetahui animasi yang digunakan, klik saja bangun chevron yang tipis, lalu klik ikon effect Options. Nah, lakukan hal yang sama untuk mengetahui arahnya.

Anda bisa melihat bintang merah yang menjadi ikonnya, itu merupakan dua teks yang sudah diberikan animasi dan diatur pergerakannya agar setelah bangun chevron yang tipis lewat dengan mengatur delay di tab menu Animations.

Baiklah, inspirasi ketiga rupanya mengakhiri tulisan mengenai inspirasi transisi teks di Powerpoint. Terlepas dari beberapa inspirasi diatas, saya yakin bahwa masih banyak lagi pengembangan lainnya yang tentunya tak kalah keren yang bisa Anda buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
loading...

16 comments:

  1. Hmm caranya boleh dicoba nih kalo ada tugas presentasi.

    Salam kenal ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, semoga bermanfaat tentunya. Bisa dicoba dan tentunya dikembangkan.

      Delete
  2. tutor powerpointnya bagus bagus gan, udah expert ya... hehe lam kenal gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak juga, kenyataannya saya masih belajar kok. cuma sering-sering aja dibagi disini.

      Delete
  3. Menarik, nih. Bisa buat variasi presentasi tugas akhir nanti XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh, kalau dikembangin secukupnya mungkin bakalan tak kalah menariknya tentunya.

      Delete
  4. wah keren, dari ketiga gambar, bagus yang paling atas brro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya setuju-setuju aja sih, kenyataannya emang saya suka semuanya.

      Delete
  5. Jujur tadinya power point ini aku anggap tidak terlalu penting, setelah liat blog ini, pemikiran itu luntur :D makasih Sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, dengan aplikasi yang sederhana pun kita sebenarnya bisa membuat banyak seni.

      Delete
  6. biasa dicoba nih entar kalau ada tugas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba dan jangan lupa untuk dikembangkan.

      Delete
  7. Nggak pernah kepikiran kalau shape yang dikasih efek transisi bisa jadi animasi sederhana tapi bikin slide kita jadi mahal gini

    Besok pas presentasi ujian hasil skripsi coba praktekin ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh, moga presentasinya lancar jaya deh.

      Delete
  8. wah keren" inspirasi power pointya :D. mungkin bisa digunakan pas presentasi ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikembangkan lebih lanjut tentunya biar lebih menarik.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...