11 July 2015

Membuat tanaman menarik dengan Powerpoint

Pada bahasan sebelumnya, kita telah membahas tentang pembuatan kreasi angry birds dengan Powerpoint, ya meskipun tidak sampai 100 % samanya. Presentasi yang memiliki kaitan tanaman,Kadangkala bagi Presentator perlu menambahkan gambar guna mendukung media visual agar lebih menarik.

Tentu saja biasanya Mesin Pencari seperti Google Images menjadi banyak sasaran dalam mencari milyaran bahkan triliunan gambar yang tersaji ketika mengetikkan gambar yang diinginkan. Tapi tunggu dulu, itu salah satu cara untuk menyisipkan media visual Lalu, salah duanya ? ya kita buat sendiri.

Percaya atau tidak gambar dibawah ini merupakan hasil rekayasa Powerpoint (lebay kelihatannya ya). Ya, dengan memanfaatkan akar rotan dari Powerpoint, kita bisa membuat tanaman dibawah ini.


Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori :Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Membuat daun
Daun yang kita buat menggunakan lingkaran yang melonjong. Lingkaran yang dibuat bisa menggunakan Ikon shapes yang ada pada tab menu Home atau Insert. Cukup gunakan bentuk lingkaran yang cukup melonjong, gandakan dengan menekan Tombol Ctrl + d dan putar dengan menekan bulatan hijau yang muncul saat diklik.


Bila bulatan hijau belum muncul kamu bisa memperbesar bangun lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya, selesai melakukannya Anda bisa memperkecil kembali bentuk yang sudah dibuat tadi. Anda bisa memperbesar dan menggandakan agar kesannya lebih menarik tentunya.

02 | Buat batang dan hiasan
Untuk membuat batang Anda bisa membuat bangun persegi panjang yang ditarik memanjang namun cukup tipis, sisipkan pada rimbunan daun yang sudah kita buat pada langkah sebelumnya. Bila batang sudah dibuat, Anda bisa membuat bagian hiasan.

ya hiasan apa saya juga kurang tahu, anggap saja bunga ilalang. Untuk membuatnya gunakan bangun lingkaran yang sebelumnya sudah diajarkan untuk membuat daun, ya dengan ikon shapes. Tarik melonjong kecil atau bahkan sesuai selera. Namun, selama kesannya tetap terlihat menarik tidak masalah.

03 | Pewarnaan
Untuk mewarnai masing-masng objek yang sudah kita buat sebelumnya, gunakan Ikon shape Fill dan Shape Outline. Perbedaan antara keduanya adalah Shape FIll berfungsi untuk memberikan warna pada objek, sedangkan Shape Outline memberikan warna pada garis terluar objek, bisa juga dihilangkan dengan menggunakan opsi No FIll atau No Outline.

Untuk pewarnaan tingkat lanjut, misalnya saja menggunakan tekstur, corak, hingga gradasi warna Anda bisa melakukan pengaturan pada Opsi Format shapes. Caranya, klik kanan pada objek yang ingin diatur lalu piih opsi Format Shapes.Pada kotak dialog, silakan pilih opsi yang diinginkan misalnya untuk memberikan gradasi warna silakan gunakan gradient fill, untuk membuat corak bisa menggunakan pilihan Texture ataupun pattern.

Selesai diatur, Anda bisa melakukan duplikasi pengaturan, jadi Anda cukup mengatur pewarnaan satu objek lalu mengaplikasi pewarnaan yang sama dengan menggunakan Ikon Format Painter (Ikon Kuas ini dapat Anda temukan pada bagian Tab menu Home dan berdekatan dengan Ikon Copy, Paste). Gunakan pada objek yang diberikan pengaturan warna yang sejenis. misalnya daun atau batang maupun hiasannya.

04 | Membuat Pot
Biar tanamannya tidak terlantar, tak ada salahnya untuk sekalian membuat potnya, kan. Potnya tak perlu sulit-sulit asal menarik tentunya. Namun sebelumnya kita lakukan grouping dulu pada tanaman yang kita buat, ini berguna untuk menghindari adanya kerusakan penataan karena bangun telah bersatu dan memudahkan untuk dipindahkan bersamaan.

Caranya blok seluruh elemen dan tekan tomol Ctrl + d hampir bersamaan pada Keyboard. Jika benar maka akan ada garis seleksi yang menutupi seluruh objek yang sudah dikelompokan. Sekarang, kita tinggal membuat potnya. Ada alternatif caranya untuk melakukan grouping yakni seperti gambar dibawah ini.Trapezoid yang terdapat pada bagian basic Shapes. Bangun ini menyerupai trapesium sama kaki. Tarik pada area slide dan putar 360 derajat atau satu lingkaran penuh, sehingga didapatkan bangun trapezoid dalam keadaan terbalik.


Buat dua bentuk trapezoid yang memiliki model yang berbeda, satunya cukup lebar dan satunya cukup panjang. Sehingga bila disatukan nantinya akan berbentuk pot yang menarik. Bila tanaman yang sudah kita kelompokan tadi terlalu besar kita bisa meletakkan posisinya menjadi dbelakang sendiri. Untuk melakukannya, cukup klik ikon Arrange pada bagian Tab menu lalu pilih Send to Back.

Langkah diatas mengakhiri pembuatan tanaman di Powerpoint kali ini, semoga dapat memberikan manfaat untuk bisa dikembangkan lebih lanjut. Selamat Mencoba.

Tertarik untuk menyimpannya
Gambar yang sudah kita buat dapat kita jadikan sebagai gambar dengan ekstensi default PNG. Nantinya, kita bisa menyisipkannya pada media yang lain. Sebagai contoh misalnya pada Microsoft Word, Paint atau yang lainnya. Silakan baca melalui postingan dibawah ini :
Cara menyimpan gambar di Powerpoint

Artikel dengan tag Tutorial :
Membuat Jus strawberry dengan mudah
Bagaimana membuat jajanan kue talam
Kreasi Bonsai yang cukup menarik
Ikan mungil ini dapat dibuat dengan Powerpoint
Bunga mawar cantik dengan Powerpoint
loading...

8 comments:

  1. Menarik untuk dicoba karena hasilnya mirip dengan tanaman asli makasih mas tutorialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, silakan dicoba semoga hasilnya juga tak kalah menarik.

      Delete
  2. eh hebat juag si akang. bikin yang ginian. saya cuman bisanya kalo bunga di foto aja kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, daripada harus sibuk ambil kamera. Ya, masing-masing orang punya seleranya sendiri tentunya.

      Delete
  3. Gaul

    Sekarang kalo presentasi jadi banyak bunga-bungaa..

    bunga-bungaaaa..

    *jadi nyanyi*

    ReplyDelete
  4. sip banget info nya
    bisa di terima dengan baik
    terimakasih

    ReplyDelete
  5. hmm baru kepikiran Gw gan
    hehehe
    thanks deh

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...