02 June 2015

Membuat animasi Daun Tumbuh dengan mudah

Selamat Hari Raya Waisak yang ke 2559 bagi yang menjalankannya. Kali ini kita akan membahas mengenai animasi daun tumbuh dengan mengandalkan slide Powerpoint, pastinya. Dibawah ini merupakan hasil dari pembuatan animasi dengan Slide Powerpoint.

Gbr.42 Membuat animasi rimbunan daun
Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buka File Rimbunan Daun
Untuk Membuka, bisa mengklik Ikon Open atau melalui File --> Open. Cari dimana Anda menyimpan file rimbunan daun yang sudah kita buat sebelumnya. Bila kebetulan Anda belum membacanya, Anda bisa membacanya melalui link dibawah ini.
Cara membuat rimbunan daun dengan Powerpoint

02 | Pengeblokan Elemen
Pertama-tama lakukan Pengelompokan atau grouping pada elemen mawar, ini berguna agar ketika diberikan animasi, masing-masing kelopaknya tidak terpecah satu sama lain. Blok kelopak mawar sembari menekan Tombol Ctrl + g.

Gbr.42a Melakukan Grouping

Bila sudah dilakukan grouping, lakukan pengeblokan seluruh elemen. bila pengeblokan usai dilakukan selanjutnya kita akan memberikan animasi pada elemen di Slide Powerpoint.

03 | Pemberian animasi
Animasi yang kita gunakan adalah muncul dari pusat slide Powerpoint, Dengan elemen yang sudah terblok lalu Klik tab animations. Klik Ikon Add animations lalu pilih Zoom pada bagian Entrance (Bintang hijau). Aktifkan animation pane dengan mengklik ikon animation pane. Pada versi sebelumnya, animation pane sudah aktif secara otomatis.

Gbr.42b Membuat Animasi
Selesai mengaktifkan animation pane, harusnya deretan animasi sudah muncul pada animation pane. Klik Ikon Effect Options --> Slide Center. Pada Versi sebelumnya (Microsoft Office 2007) Anda bisa memberikan pengaturan ini dengan mengklik seluruh deretan animasi pada animation pane sehingga terseleksi bersamaan lalu mengklik kanan dan pilih opsi Effect Options. Muncul kotak dialog pada bagian Setting drop down panah dan pilih opsi yang sama "Slide Center".

04 | Pengaturan animasi
Untuk Melakukan Pengaturan animasi bersifat opsional, artinya tidak harus dilakukan. Karena poin pentingnya terdapat pada tiga langkah diatas, namun bagi yang ingin memberikan kesan berbeda tak ada salahnya untuk mencoba. Ini karena pada beberapa versi Microsoft Powerpoint sebelumnya tidak mendukung. Anda bisa memberikan kesan delay atau penundaan pada setiap elemen yang muncul.

Gbr.42c Mengatur animasi
Untuk mengaturnya, mudah saja. Klik salah satu deretan animasi lalu pada tab menu Animations dibagian atas. Berikan pengaturan pada opsi delay dan atur sesuai keinginan, saya menggunakan konsep penambahan. Jadi, semakin kebawah, delay semakin bertambah sehingga bisa muncul secara bergantian dan terstruktur. Jadi pada animasi elemen pertama saya ketikkan angka 1, pada animasi dibawahnya diatur delay menjadi 2, begitu seterusnya hingga animasi paling bawah.

Sampai sejauh ini menurut saya pengaturan dilakukan secara manual, bagi Anda yang mungkin menemukan cara yang auto tak ada salahnya untuk dibagi.

Langkah diatas mengakhiri pembuatan animasi daun tumbuh dengan menggunakan Microsoft Powerpoint, semoga saja dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan bisa dikembangkan lebih lanjut. Tentu saja, Anda bisa melakukan modifikasi atau tidak mutlak mengikuti seluruh langkah-langkah diatas, karena diatas hanyalah panduan yang bisa dimodifikasi lebih lanjut.

Artikel dengan tag Tutorial :
Cara membuat tirai pembukaan slide
Membuat Slide Show sederhana dengan Powerpoint
Membuat animasi Lampu sorot
Efek Loading di Slide Powerpoint
Membuat Tombol Sulap di Slide
loading...

13 comments:

  1. Keren mas bisa gerak bunga'a :))
    gaptek soal power point :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok mas, saya dulu juga sama. Bakalan mungkin lebih parah, tapi seiring latihan aja tekun nanti juga nggak gaptek lagi.

      Delete
  2. Replies
    1. Tidak juga, selama rajin latihan aja mas, nanti juga bisa buat yang nggak kalah keren.

      Delete
  3. wah mantap nih. saya suka dengan efek efek animasi seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gitu dikembangin aja agar hasilnya nggak kalah menarik tentunya.

      Delete
  4. Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk diterapkan tentunya.

      Delete
  5. keren banget kang, saya masih kurang dalah power point, ijin praktek dlu kang, ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, silakan dipraktekin dan buat efek-efek lain yang nggak kalah seru tentunya.

      Delete
  6. Simple tapi catchy

    nggak kepikiran kalau efek transisi ini bisa dikombinasikan sama vektor-vektor dari power point dan jadi animasi sederhana gini

    kerenn!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, makasih ya Aul
      Ya, dengan adanya perpaduan efek dan vektornya bisa membuat slide persentasi jauh lebih menarik.

      Delete
  7. Kalo pake Power Point versi 2007 bisa ga Mas? Punya saya masih jadul hehehe

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...