15 June 2015

Cara membuat daun semanggi

Gbr.45 Daun Semanggi 
Daun semanggi, saya terka mungkin banyak yang tahu meskipun ada yang kurang tahu. Nah, daun ini memang banyak kita jumpai pada tanaman semanggi (Namanya juga daun semanggi). Kali ini, bahasan kita yakni mengenai Cara membuat daun, lebih tepatnya pada Cara membuat daun Semanggi tentunya dengan menggunakan Perangkat lunak Microsoft Powerpoint.

Nah, kita segera saja mulai membuat daun seperti yang ada pada gambar disamping ini. Pertama-tama buka aplikasi dan slide baru akan muncul. Atur layoutnya menjadi Blank agar kosong melompong.


01 | Buat bentuk Heart 
Bangun ini berada pada ketinggian 100 meter, bukan maksud saya bangun ini ada pada bagian Basic Shapes. Klik Ikon shapes yang terdapat pada tab menu Home atau Insert lalu pilih bentuk Heart yang terdapat pada bagian Basic Shapes. Letaknya tidak terlalu jauh dengan bentuk matahari, awan, Bulan.
Kreasi powerpoint daun
Gbr.45a mengatur Shape Fill
Klik dan tarik pada area slide secukupnya saja. Bila sudah, kamu bisa memberikan warna dengan mengklik ikon Shape Fill pada Tab menu Home dan menghilangkan garis paling luar atau Border dengan mengklik Shape Outline. Shape outline dapat kamu temukan tepat dibawah ikon Shape Fill. Kamu bisa melakukan modifikasi warna yang kamu suka, saya disini memilih warna hijau muda.

02 | Menggandakan dan Mengatur
Gandakan atau buat daun menjadi lebih dari satu dengan cara mengklik bentuk yang sudah kita buat lalu tekan Tombol Ctrl + d hampir bersamaan pada Keyboard. Bila langkah yang kamu lakukan benar, maka akan muncul bentuk yang sama dan lakukan dua kali, sehingga jumlah bentuknya menjadi 3 buah.
Membuat bentuk daun di Powerpoint
Gbr.45b Memutar objek
klik salah satu bangun agar terseleksi, lalu putar dengan mengklik bulatan warna hijau yang muncul saat diseleksi. Putar 90 derajat melawan arah jarum jam. Sesuaikan agar ujung bentuk bertemu dengan ujung bentuk lainnya. Lakukan hal yang sama pada bentuk lainnya dan putar dengan derajat yang sama namun searah jarum jam.

03 | Berikan garis
Ini berguna untuk membuatnya nampak lebih mirip, Buat garis dengan cara mengklik Ikon shapes -> Klik line pada bagian Line (garis). Arahkan pada salah satu bentuk Heart, maka akan muncul bulatan merah, klik pada bulatan merah maka garis akan terbentuk, mungkin garis akan tidak lurus, luruskan dengan mengklik bulatan putih dan sesuaikan pada ujung bentuk Heart. Lakukan hal yang sama pada bentuk heart lainnya.
Cara membuat garis di Powerpoint
Gbr.45c Membuat garis sebagai dekorasi
Modifikasi garis tersebut, caranya Klik satu demi satu garis sambil menekan Tombol Shift pada Keyboard. Lalu klik Shape Outline, Atur warna yang diinginkan lalu atur ketebalannya dengan mengaturnya pada bagian Weight (masih di Shape Outline), Kamu bisa mengatur ketebalannya sesuai selera, saya menggunakan 3 atau 4pt.

04 | Membuat tangkai
Klik Bentuk Bulan (moon) pada bagian Basic Shapes. Tarik pada area slide memanjang dan atur agar posisinya menjadi dibelakang dengan cara Klik Ikon Arrange -> Send to Back. Ini akan membuat tangkai seolah-olah menyatu dengan daun yang kita buat.
Cara membuat tangkai dengan mudah
Gbr.45d memberikan tangkai
Kamu bebas berkreasi dengan memilih warna yang kamu kira sesuai dengan daunnya, saya menggunakan warna hijau muda namun mengaturnya sedikit gelap agar nampak bagus. Kamu tentunya bisa melakukan modifikasi didalamnya. Sekarang, kamu sudah bisa membuat hiasan daun untuk Persentasi kamu.

Selesai, kamu sudah membuat daun semanggi di Microsoft Powerpoint yang bisa kamu jadikan sebagai hiasan powerpoint cukup mudah bukan. Kedepannya, kamu bisa membuatnya dengan beragam ukuran dan warna yang bisa dikombinasi menjadi gradasi yang menarik. Dibawah ini merupakan beberapa kreasi daun semanggi yang telah saya buat, tentu saya yakin kamu bisa membuat lebih bagus dan bervariasi tentunya.
Kreasi Powerpoint daun
Gbr.24e hasil kreasi Daun semanggi
Tertarik untuk menyimpannya
Anda bisa menyimpan gambar yang sudah kita buat pada slide powerpoint dengan mudah, silakan membacanya melalui link dibawah ini :
Cara menyimpan gambar di Powerpoint

Artikel dengan Tag Tutorial :
Cara membuat lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat galeri foto yang menarik di Microsoft Powerpoint
Cara membuat tabel yang bagus di Microsoft Powerpoint
Cara membuat judul slide yang menarik 
loading...

8 comments:

  1. keren lucu hasilnya, dari bentuk love bisa jadi bentuk daun semanggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga tutorialnya mudah untuk diikuti

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih atas pujiannya. Bakalan lebih bagus lagi kalau dikembangkan.

      Delete
  3. Terimakasih tutorialnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  4. yang ini kayaknya agak mudah cara buatnya,
    lanjutkan kreasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, daripada yang Bunga Mawar ini jauh lebih mudah buatnya

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...