23 May 2015

Membuat hiasan Pohon Kelapa

Pohon Kelapa memang banyak dijumpai di Pedesaan, namun dibeberapa Kota juga banyak meski lebih banyaknya pada area Pedesaan. Pohon ini memang memiliki kegunaan hampir diseluruh bagiannya, tidak ada yang terbuang percuma, bahkan menjadi simbol untuk Gerakan Pramuka, yakni Tunas Kelapa. Oke, kali ini kita akan bahasin Pohon kelapa di Powerpoint, tentunya bisa dijadikan fungsi atau hanya hiasan belaka. Tertarik, untuk membuatnya ?

Gbr.38 Hasil Pohon Kelapa
Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis :Tutorial

01 | Membuat batang
Untuk membuat batang Pohon, kita bisa menggunakan Bangun segitiga. Bangun ini dapat dibuat dengan menggunakan ikon shapes --> Isosceles Triangles atau bangun segitiga namun sama kaki. Tarik memanjang pada area slide secukupnya.

Gbr.38a membuat batang Pohon
Berikan warna dengan menggunakan Ikon Shape Fill dan pengaturan lainnya seperti Shape Outline untuk garis terluar. Lebih disarankan untuk menghilangkan garis border dengan cara mengklik opsi no outline pada Ikon Shape Outline.

02 | Membuat daun
Pertama-tama buatlah bentuk Moon terlebih dulu, bentuk bulan dapat dibuat dengan menggunakan ikon yang sama, Shapes ---> moon pada basic shapes. Tarik secukupnya, setidaknya sampai bulatan hijau muncul. Putar setengah lingkaran atau hingga bangun berbentuk seperti huruf n. Berikan warna dan pengaturan lainnya dengan baik.

Gbr.38b Membuat daun
Selesai dengan bangun Moon, perbesar area slide dengan cara menggeser persentasi pada bagian pojok kanan bawah, geser navigasi dan sesuaikan dengan keinginanmu. Setelah membuat bangun ini, selanjutnya buatlah bangun segitiga. Bangun segitiga yang sama pada langkah no.1. Berikan warna putih dan hilangkan garis luar atau border dengan cara memilih opsi no outline.

Gandakan dengan menekan Tombol Ctrl + d pada Keyboard. Tempatkan pada beberapa bagian daun yang sudah kita buat sebelumnya. susun seperti pada gambar dibawah ini, jadilah daun-daun untuk bagian pohon Kelapa sebagai hiasan Powerpoint.

03 | Penataan Pohon Kelapa
Penataan dimaksudkan agar pohon Kelapa bisa lebih bagus dari sebelumnya, susun daun yang sudah dibuat dan letakkan pada bagian atas batang yang sudah kita buat. Untuk memudahkannya, lakukan pengelompokan atau grouping. Gunakan Tombol Ctrl + g pada keyboard untuk mengelompokannya. Daun yang sudah kita buat dapat digandakan dan diputar menggunakan Tombol Bulatan hijau dapat disesuaikan agar bisa memiliki kesan seperti pohon Kelapa sungguhan.

Penataan daun dapat juga dari segi ukuran, cukup gunakan bulatan dan persegi putih untuk mengatur besar kecilnya ukuran daun yang sudah dibuat, kalau ingin mengganti warnanya. Hilangkan dulu grouping dengan cara mengklik kanan pada bangun lalu klik Group --> Ungroup. 


Gbr.38c Melakukan penataan Pohon Kelapa
Semakin banyak tentu akan semakin baik asalkan tidak mempengaruhi penataan topik didalamnya. sangatlah cocok bila disesuaikan dengan topik yang diambil, misalnya seputar lingkungan ataupun pantai maupun tanaman Kelapa itu sendiri.

Tertarik untuk menyimpannya
Bila ingin menyimpan gambar Pohon Kelapa yang sudah dibuat, Anda bisa membacanya melalui postingan sebelumnya :

Artikel dengan tag Tutorial :
loading...

13 comments:

  1. keren juga nih untuk dipelajari, jadi kalau mau membuat atau menyisipkan gambar dalam posting bisa menggunkan gambar asli editan sendiri dengan power point.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh mbak, cukup mudah dan sekaligus tidak perlu diributkan soal hak cipta, asli buatan sendiri jauh lebih membanggakan.

      Delete
  2. keren,,, hanya pakai power point bisa membuat objek kayak gini,, mantabb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh, makasih loh mas indra jadi serasa termotivasi nih.

      Delete
  3. Wah hebat nih agan, jadi pengin belajar terus di sinin

    ReplyDelete
  4. mantap ide membuatnya. tapi kang sepertinya lebih mirip daun pisang.

    ReplyDelete
  5. Kalau dari artikel yang sudah mas terbitkan, wah terus terang saya tidak pernah kepikiran membuat animasi di power point, tapi mas memberi manfaat nih bagi kita semua, thanks ya ^_^

    ReplyDelete
  6. Pohon kelapanya biar nggak terlalu mirip tapi lumayan juga untuk gambar animasi

    ReplyDelete
  7. ternyata bisa juga ya menggambar pakai powerpoint...

    ReplyDelete
  8. terimakasih atas info nya sangat bermnanfaat
    dan menambah wawasan

    ReplyDelete
  9. terimakasih atas infonya
    di tunggu info lainnya
    sukses terus

    ReplyDelete
  10. terimakasih pak tutorial-tutorial nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...