10 May 2015

Ketika Strawberry bisa dibuat di Powerpoint

Strawberry di Powerpoint, ya dengan menggunakan aplikasi yang cukup familiar ini kita dapat membuat buah strawberry tentunya dengan hati-hati, kalau main banting aja juga nggak jadi. Dibawah ini merpakan penampakan dari Buah Strawberry yang akan kita buat dengan aplikasi Microsoft Powerpoint.

Strawberry di Powerpoint, Sipowerpoint
Gbr.32 Strawberry di Powerpoint
Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Buat Bangun Teardrop
Siapkan Slide baru, atur layout menjadi blank. Sekarang saatnya berkreasi, klik Ikon Shapes pada Tab menu Home atau Insert. Klik Bangun Teardrop. Untuk mengetahui namanya, geserkan saja kursor pada bangun-bangun sekitaran lingkaran dan setengah lingkaran. Bentuknya lingkaran dengan salah satu ujungnya lancip. Klik dan tarik pada area slide. Sesuaikan besarnya sesuai keinginan Anda.

Membuat Bangun Teardrop
Gbr.32a Membuat Bangun Teardrop
Jangan lupa untuk diputar searah jarum jam, atur agar posisi yang lancip berada dibagian paling bawah sedangkan posisi yang berbentuk lingkaran berada diatas, bagian atasnya akan kita buat daunnya. Sekarang atur pewarnaannya, Anda bisa memilih warna merah melalui Ikon Shape Fill dan mengatur garis terluar melalui Ikon Shape Outline.

02 | Memberikan warna
Disini saya menggunakan gradasi warna untuk memberikan kesan yang jauh lebih menarik, agar kesan yang ditimbulkan tidak flat begitu saja. Klik kanan pada bangun Teardrop --> Pilih Opsi Format Shapes. Muncul kotak dialog, pastikan tab menu menunjukkan Bagian Fill, Klik Opsi Gradient Fill, lakukan pengaturan dengan memilih radial pada bagian Type dan Direction atau arah gradasi yang bisa diatur sesuka hati, disini saya memilih deret paling awal.

Memberikan gradasi warna
Gbr.32b Memberikan gradasi warna
Sedangkan pewarnaannya pada Gradient Stops, Saya menggunakan Warna Merah tua pada bagian Stop 1 , merah biasa pada Stop 2 dan sisanya menggunakan warna lebih terang. Tentunya Anda bisa mengeditnya sesuka hati Anda, Akhiri dengan mengklik Tombol Close. Jangan lupa untuk menghilangkan garis terluar atau Border dengan mengklik Ikon Shape Outline --> pilih No Outline.

03 | Memberikan pelengkap
Sudah seperti strawberry belum, kelihatannya bukan strawberry. Apa langkah-langkahnya salah ? Nggak, nggan bener kok langkah-langkah yang ditulis diatas. Oke bercanda, selanjutnya berikan titik-titik kecil untuk membuatnya lebih manis, Klik Ikon Shapes --> Pilih Circle (Bentuk lingkaran). Anda bisa membuatnya sekecil mungkin, dan letakkan dengan hati-hati pada bangun Teardrop.

Gbr.32c Memberikan pelengkap Bangun Teardrop
Berikan warna putih atau warna lain yang Anda kira sesuai, hilangkan juga Garis paling luar/ border. Gandakan dengan menekan Tombol Ctrld + d melalui Keyboard. Susun secara rapi pada bangun Teardrop yang sudah kita buat, Untuk membuat buah strawberry yang menarik.

04 | Daun Strawberry
Daun yang dibuat disini bukan daun beneran ya, ini hanya buatan manusia. Sekarang Kita buat daunnya, Klik Ikon Shapes -- > Pilih Bentuk Moon (Bentuk Bulan). Bentuk ini juga terdapat pada bagian Basic Shapes. Posisinya berdekatan dengan bentuk Matahari maupun awan. Sekarang klik dan tarik pada area slide.
Gbr.32d Memberikan daun Strawberry
Putar siku-siku (90 Derajat) dengan cara mengklik lingkaran hijau ketika bangun terseleksi. Lalu berikan warna dan sesuaikan besarnya sesuai keinginan. Gandakan dengan Ctrl +d lalu buat lagi beberapa daun dan unuk bagian yang berlawanan (bagian kanan) putar 360 derajat agar bentuknya cukup baik untuk dilihat, Berikan warna sesuai keinginan Anda.

05 | Tangkainya
Sukses di Daun, sekarang buat tangkai Strawberry. Klik Ikon Shapes --> Block Arc pada Bagian Basic Shapes. Tarik di Area slide dan putar hingga bentuknya berdiri sekitar 90 derajat (siku-siku). Tempatkan pada bagian atas bangun Teardrop, usahakan rapat dengan daun-daun jangan menyisakan celah dibagian atas. Semua tertutup daun dan tangkai. Berikan warna yang selaras/sama atau berbeda. Disini kebetulan saya memberikan warna yang sama, yakni hijau tua.

Gbr.32e Memberikan Tangkai buah
Sebagai saran, sebaiknya daun dan tangkai diberikan grouping. Jadi, ketika akan dipindah, semua akan bersamaan terpindah, tidak terpisah satu sama lain. Kalau perlu lakukan grouping seluruhnya. Caranya Blok seluruh Buah Strawberry, mulai bangun Teardrop hingga Block Art tekan Ctrl +g pada Keyboard. Ada bisa juga melakukan langkah kedua, klik kanan --> Pilih Opsi Group --> Group.

Anda tentunya bebas berkreasi dalam membuat buah dalam Powerpoint. Anda bisa menggandakan dan membuat dalam beberapa versi dengan ukuran yang berbeda-beda. Anda tentu dapat menyesuaikan posisi dan diputar sesuka hati. Langkah diatas mengakhiri Tutorial kita dalam membuat Buah Strawberry di Powerpoint. Anda bisa menggabungkannya pada postingan sebelumnya, yakni mengenai Cara membuat Rimbunan daun dengan mudah. Karena pada postingan tersebut menjelaskan tutorial dengan bunga sebagai hiasan.
(Info : Tunggu 5 Detik, lalu Klik Skip untuk menuju laman)

Semoga dapat bermanfaat dan sebagai informasi singkat jangan sampai diberikan audien, cukup dimakan Powerpoint aja. Bila ada kesalahan yang tidak sengaja dan apapun bentuknya, saya minta maaf dan Terima kasih sudah melauangkan waktu untuk membaca.

Artikel Dengan Tag Tutorial :
Cara membuat Lampion dengan Mudah
Buat jajanan Dadar Gulung dengan Powerpoint
Tutorial membuat Kue Cupcake
Yuk, Buat hiasan pada Foto di Slide
loading...

4 comments:

  1. Nggak nyangka power poiint bisa buat gambar buah buahan bisa nih buat alternatif gambar postingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya, tinggal sebagai pengguna saja pak bagaimana dituntut untuk bisa kreatif menggunakan aplikasi yang ada. Semoga kedepannya, semakin banyak yang bisa dibuat dengan Powerpoint.

      Delete
  2. Mas Patrick ini memang jagonya desain deh. Power point itu padahal sudah cukup sering saya gunakan, tapi belum terpikir membuat seindah strawberry. Keren :)

    ReplyDelete
  3. Makasih mas Komar, saya hampir nggak percaya juga waktu bisa mendesign dengan modal cuma Sipowerpoint. Terima kasih juga dengan kunjungannya mas Komar.

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...