07 May 2015

Cara membuat rimbunan daun dengan Mudah

Bagi yang kebetulan mendapatkan materi seputar tanaman, katakan saja seputar Ilmu Pengetahuan Alam, bisa juga presentasi produk-produk Tanaman maupun bahan-bahan pendukungnya. Tentu saja menggunakan Rimbunan daun bisa menjadi pilihan, tenang saja Anda tak butuh waktu berbulan-bulan untuk membuatnya , cepat bukan. Tenang saja,Anda bisa menggabungkan dengan beragam hiasan dan sesuai untuk membuat slide lebih memiliki seni, lebih menarik tanpa butuh waktu lama.

Hiasan Powerpoint ini dapat Anda buat dengan menggunakan aplikasi yang tak asing lagi tentunya, pada tahap awal kita akan belajar membuat bentuk tangkai, dilanjutkan pada bentuk daun serta berakhir dengan beragam kombinasi yang bisa Anda terapkan didalamnya. Penasaran, bagaimana sih penampakan dari rimbunan daun yang akan kita buat, ini dia gambarnya.

Gbr.31 hasil membuat rimbunan daun
01 | Membuat Tangkai
Buat Bentuk Moon, Bentuk Moon atau Bulan dapat digunakan untuk membuat tangkai, pertama-tama tentunya siapkan slide baru dengan Layout —> Blank. Klik Ikon Shapes pada tab menu Home atau Insert —> Moon pada Basic Shapes. Tarik dan sesuaikan besarnya sesuai keinginan Anda, Putar dengan menekan Tombol bulatan hijau yang menjadi seleksi bentuk Bulan yang Anda buat. Bila tidak muncul, itu artinya bentuk yang Anda buat kurang panjang.

Gbr.31a memberikan warna pada tangkai

Tarik dengan menekan Tombol persegi yang muncul saat bangun diseleksi. Letakkan pada tepi-tepi slide dan atur warnanya dengan menekan Tombol Ikon Shape Fill dan mengatur garis bordernya dengan menekan Ikon Shape Outline. Selesai, Sekarang gandakan dengan menekan Tombol Ctrl + d, pastikan saat dalam keadaan terseleksi atau masih dalam kondisi diklik. Atur dan putar-putar hubungan antar satu bangun dengan bangun moon lainnya. Tentu saja, mungkin beberapa diantaranya sampai keluar slide, tak masalah. Selama bagian dalam slide terlihat menarik.

02 | Buat Bentuk Daun
Bagaimana membuat daunnya, cukup gunakan Bangun Teardrop. Untuk menemukannya cukuplah mudah, tak perlu jauh-jauh sampai naik Bis Kota. Klik Ikon shapes —> Teardrop pada bagian Basic Shapes. tepat sebelah kanan dari bangun setengah lingkaran.

Tarik dan sesuaikan besarnya, sebagai saran buat secukupnya dan berikan warna sesuka hati Anda, normalnya mungkin daun berwarna hijau. Namun, bila Anda memberikan warna biru, kuning, bahkan merah muda tak ada salahnya. Disini saya menggunakan warna hijau yang sama dengan warna tangkai yang saya gunakan untuk membuat tangkai, dengan pengaturan yang sama Anda bebas berkreasi disini.

Gbr.31b hasil daun dan tangkai merimbun
Putar sesuka hati dan atur menjadi dekat pada tangkai-tangkai. Saya mengkombinasikan ukuran dan letaknya agar terkesan lebih menarik. Anda bisa membuat sesuka hati Anda dan melakukan kombinasi daun yang mungkin Anda rasa lebih mudah, jangan lupa membagikannya pada saya di Kolom Komentar.

03 | Berikan Hiasan
Hiasan bisa beragam, namun disini saya memberikan hiasan Bunga Mawar yang sudah kita buat pada postingan sebelumnya, Belum baca ? Silakan baca dulu pada postingan dibawah ini

Cara membuat hiasan mawar merah di Powerpoint
(Info : Klik Tombol Skip untuk melewati AdFoc.us)

Lalu, bagaimana mawarnya bisa warna-warni seperti itu, ambil kuas dan warnai monitor Anda dengan cat air. Tenang saya bercanda, Untuk membuat itu semua bukan hal yang baru, cukup klik kanan pada bunga dan klik opsi Format Shapes. Anda bebas mengkustom sesuai selera pada bagian Fill tepatnya pada opsi gradient. Jangan lupakan konsep warna, tentu saja agar bunga yang Anda hias tidak terkesan buruk rupa, bahkan memberikan kesan horror.

Gbr.31c memberikan Bunga Mawar
Sekarang, rimbunan daun sudah menghiasi Side Powerpoint Anda. tentu saja kreativitas tak berhenti disini, Anda bisa menambah dan mengurangi bagian-bagian yang menurut Anda kurang menarik, Slide powerpoint Anda tentu menampilkan selera Anda, tergantung dari Anda bagaimana memolesnya agar terkesan menarik.
Lalu, apa selanjutnya ? Kita akan membuatnya bergerak. Ya, kita akan menganimasikannya. Bagi Anda yang mungkin sudah membuat animasinya jangan dipendam sendiri, kirimkan ke e-mail saya di patrickprasetyo12@gmail.com. Dapatkan award menarik dari Blog ini untuk dipajang di Blog, Sekian dan semoga bermanfaat.
Artikel dengan tag tutorial :
loading...

16 comments:

  1. uwah bisa begitu yaa
    siap saya nyimak ikut belajar :)
    kalau tidak jadi gimana bisa minta tolong Patrick nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, silakan dicoba dulu. Usahakan jadi ya, tapi gak papalah kita saling sama-sama belajar biar sama-sama bisa.

      Delete
  2. wah wah dapat ilmu baru ni. thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, silakan dicoba ya terus dibagikan disini.

      Delete
  3. hmmm..cewek buanget tuh kalau udah urusan dengan bunga mah, hehe..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deh aku akuin, tapi kalau buat yang cowok mungkin dominasinya ke daun aja, lagipula daun cuma opsional, nggak harus kok atau mungkin dikembangkan dengan model lain biar kelihatan lebih cowok banget, pilihan warna mungkin juga nggak kalah menarik.

      Delete
  4. Wah sederhana tapi kelihatan nyeni jadi ingin coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okelah kalo begitu, silakan dicoba dan dikembangkan biar lebih menarik kesannya. Terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  5. Kreatiiffff!

    Hasilnya jadi cantik gitu yaa padahal teknik nya lumayan sederhana dibandingkan yang kemarin-kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh, Makasih kakak buat pujiannya. Semoga ada banyak tutorial lain yang lebih menarik tentunya dengan cara-cara yang lebih sederhana.

      Delete
  6. wah keren nih,
    apa bisa diterapkan di ms.point 2007 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya bisa kok, fitur yang digunakan juga masih dimiliki di versi sebelumnya. Sayangnya, saya hanya mencobanya di versi 2010. Dicoba aja., siapa tahu bisa. Mungkin beda dibeberapa aspek.

      Delete
  7. wah bener-bener cantik hasilnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pujiannya. Silakan dicoba, mungkin punya mas dennyaditia bakalan lebih keren dari ini.

      Delete
  8. Kira-kira daunnya bisa berjatuhan enggak mas dengan animasi gitu?

    Soale paling suka yang gerak2 hehe

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...