28 May 2015

Cara membuat Ikon pesan / amplop dengan mudah

Pada postingan sebelumnya, kita sudah membuat Es Krim di Powerpoint. kali ini bahasan mengenai Ikon Pesan. Ikon pesan dalam Powerpoint memang kelihatannya remeh, namun bila disisipkan di Slide cukup menarik juga, apalagi kalau bahasannya pas banget. Misanya seputar slide yang menjelaskan informasi kontak yang didalamnya tersirat alamat atau No. Telpon. Berikut ini penampakan dari ikon pesan yang sudah saya buat menggunakan media yang sama.
Gbr.40 Ikon pesan yang sudah dibuat
Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Buat bentuk Persegi Panjang
Bangun ini dapat dibuat dengan mudah, tinggal siapkan slide kosong lalu klik Ikon shapes --> Rectangles. Klik pada bangun pertama dan tarik secukupnya di Slide Powerpoint. Berikan warna yang cukup muda, ini berfungsi untuk memberikan efek lebih pekat pada pewarnaan sampul. Anda bisa gunakan Ikon Shape Fill pada Tab Menu Home. Sedangkan pengaturan garis terluar atau border bisa diatur dengan mengklik ikon Shape Outline.

Gbr.40a Membuat bangun Persegi panjang
02 | Buat Bentuk Segitiga
Segitiga yang akan kita buat berfungsi untuk bagian bawah, dengan ikon yang sama (shapes) pada tab menu Home atau Insert lalu pilih bangun isosceles triangle, Namun saya lebih enak menyebutnya segitiga sama kaki yang dapat dijumpai pada bagian Basic shapes, tentunya setelah mengklik ikon shapes. Muncul bentuk segitiga yang sudah buat, sekarang letakkan pada bagian persegi panjang dan sesuaikan besarnya dengan sisi lebar bagian bawah.

Gbr.40b Membuat bagian bawah amplop

Sama halnya dengan bangun persegi panjang, Anda bisa mengatur segala hal, namun untuk pewarnaan saya sarankan agar cukup tebal daripada warna yang digunakan pada bangun persegi panjang. Namun juga tidak sangat pekat, karena paling pekat akan digunakan pada pewarnaan sampul amplop.

03 | Sampul Amplop
Sampul Amplop yang akan kita buat sebagai ikon pesan dapat dibuat dengan bangun yang sama dengan langkah no.2, bila sudah putar bangunnya satu lingkaran penuh (36 0 derajat). Sehingga bentuknya seperti segitiga terbalik, tarik cukup memanjang pada bagian kotak kecil yang ikut menyeleksi bangun saat diklik, sesuaikan lebarnya dengan sisi lebar persegi panjang.

Gbr.40c Membuat sampul amplop

Buat bangun segitiga cukup lebar hingga menutupi ujung lancip pada bangun segitiga yang sudah kita buat pada langkah No.2, sekarang Anda bisa melakukan modifikasi dan gunakan warna yang paling tebal, tidak harus terlalu tebal namun setidaknya cukup tebal diantara pewarnaan komponen yang lain.

Semoga langkah-langkah diatas dapat dengan mudah diterapkan, tentu akan semakin baik bila dibuat modifikasi lainnya, misalnya membuat pesan seperti terkesan terbuka atau terkirim dan pengembangan lainnya. Sehingga bisa saling bertukar informasi dan saling mendiskusikan hal ini.

Tertarik untuk Menyimpannya
Untuk menyisipkannya agar bisa digunakan sebagai media clip art dan media yang lainnya, Anda bisa membacanya pada posting sebelumnya yang membahas hal tersebut.
Cara menyimpan gambar di Microsoft Powerpoint

Artikel dengan tag Tutorial :
Cara membuat jajanan dadar gulung coklat
Membuat rimbunan daun dengan Powerpoint
Buat Lampion dengan mudah
Membuat hiasan Pohon Kelapa
Membuat galeri foto tertata menarik
Buat Kue Lidah Kucing di Powerpoint
loading...

9 comments:

  1. Kalo ini mudah kayanya, soalnya simple bikinnya

    *Solar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur deh kalo mudah buatnya, boleh dikembangin lebih lanjut agar lebih menantang tentunya.

      Delete
  2. 3 langkah membuat amplop. hehe.. simple but wow. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh, makasih buat sanjungannya.

      Delete
  3. Kalo yang ini udah pernah bikin ^^

    Tapi warna kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya mas, sekarang bayar

      Delete
    2. Aul Howler
      Kalo gitu kembangin aja biar makin sip, misal buat ikon pesan yang terbuka, ikon pesan seperti terkirim dan yang lainnya.

      Wiki Pebrianto
      Maksudnya bayar ?

      Delete
  4. kreatif sekali mas, jadi pengen nyoba nih, soalnya keren juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih buat sanjungannya, tentu saja aksi kreatif ini bakalan lebih baik kalau dibuat lebih berkembang lagi.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...