22 April 2015

Cara menghias Dadar gulung Powerpoint

Paa sebelumnya, kita sudah membuat tentang Bagian penting dadar gulung, tentunya bermodal Microsoft Powerpoint. Tentunya kurang menarik untuk dilihat. Pada pembuatan hiasan dadar gulung ini, kita akan membaginya menjadi beberapa macam hiasan. Mulai dari cara membuat buah cerry, stick coklat maupun hiasan daun untuk membuat dadar gulung tampak menarik untuk dihidangkan (eh...ditampilkan).

Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial
Keterangan : Lanjutan dari tutorial Cara membuat dadar gulung di Microsoft Powerpoint

Cara membuat buah Cerry
Buat dulu bangun lingkaran dengan Shapes -> oval. Hilangkan garis yang paling luar dan berikan warna gradient merah, caranya klik objek, lalu klik ikon shape fill-> pilih warna merah. Lakukan hal yang sama dengan tadi namun pada Shape Fill pilih yang gradient dan sesuaikan seperti gambar dibawah ini.

Gbr.26 Membuat gradasi warna
Bila buah cerry sudah jadi, tinggal membuat batangnya dengan bentuk Moon (bulan) yang sudah kita buat tadi, selanjutnya tarik memanjang dan sesuaikan pewarnaan dan hilangkan garis terluar (no Outline).

Untuk membuat daunnya, Gunakan bangun Teardrop, Caranya dengan klik Ikon shapes -> Teardrop (pada bagian basic shapes —> Teardrop bersebelahan dengan bentuk setengah lingkaran (chord). Tarik dan sesuaikan pada slide. Ketika sudah jadi, gandakan dengan mengklik objek lalu menekan Tombol Ctrl + d pada Keyboard. Putar kearah berlawanan dengan menekan bulatan hijau.

Rapatkan kedua daun yang sudah kita buat tadi, satukan cerry dengan batangnya dengan Memblok keduanya lalu grouping dengan cara tekan Tombol Ctrl + g pada Keyboard. Bila sudah, letakkan pada posisi daun yang sudah kita buat tadi. Bila berada pada posisi belakang, Klik Objek yang sudah digroup lalu klik ikon Arrange —> bring to front.

Gbr.26a Membentuk objek Moon
Ini akan membuat posisinya semakin didepan. Blok semuanya (buah ceery, batang, dan daun) lalu lakukan grouping. Letakkan pada area yang diinginkan, disini saya meletakkan pada posisi depan dadar gulung coklat.
Cara membuat stick coklat
pertama, buat bangun stick. Caranya, Klik Bangun Rounded rectangles dengan cara Klik Ikon shapes —> pilih Rounded Rectangles, urutan kedua pada bagian Rectangles. Tarik memanjang pada slide, usahakan jangan menempel pada dadar gulung. Atur pewarnaan dengan shape Fill dan hilangkan garis terluar (border) dengan cara Klik Shape Outline -> No Outline.

Disini, saya menggunakan warna yang tidak beda jauh dengan warna dadar gulung, namun memiliki tingkat kegelapan yang berbeda. Selanjutnya, sebagai variasi agar lebih menarik. Buat bentuk Bulan dengan cara klik shapes->moon (bulan) pada bagian basic Shapes sebelah bentuk Awan. Putar 90 derajat lalu letakkan pada Rounded Rectangles. Untuk membuat bagian atas menjadi berlubang, gunakan bentuk lingkaran dengan cara klik Shapes-> Oval.

Letakkan pada bagian ujung stick yang sudah kita buat. Soal pewarnaan, usahakan agar warna lingkaran dan Bulannya memiliki warna yang sama-sama lebih gelap dari batang stick. Lakukan Grouping dengan cara memblok semua bagian stick beserta lingkaran pada ujungnya lalu Tekan Tombol Ctrl + G pada Keyboard Anda. Putar agar miring kekanan atau sebaliknya dan letakkan pada Dadar gulung. Jika posisinya terletak didepan, buat membelakangi dadar gulung. Caranya, klik stick coklat lalu klik Ikon Arrange —> Pilih Opsi Send to Back.
Cara membuat daun hiasan

Gbr.26b Membuat objek Chevron
Untuk membuatnya cukup mudah, Klik Shapes —> Chevron pada bagian Block Arrows (sesuaikan pada gambar). Bila sudah, putar 90 derajat sehingga bentuk menjadi berdiri. Hilangkan garis terluar (border) dengan cara Klik Shape outline ->No outline. Berikan warna hijau dengan cara Klik Shape Fill—> lalu pilih warna hijau. Sebagai saran, Anda bisa membuat gradasi warna pada Powerpoint untuk membuatnya lebih menarik.

Letakkan pada tempat yang diinginkan, saya meletakkannya pada bagian paling atas dadar gulung. tutorial diatas mengakhiri pembuatan dadar gulung pada powerpoint, Bagi yang mau menyantap. Harap jangan lakukan adegan berbahaya ini pada laptop atau Komputer Anda.

Gbr.26c Mengatur objek Chevron
Tentunya Anda memiliki kebebasan untuk melakukan modifikasi atau memiliki cara cepat untuk membuat dadar gulung yang mungkin tampak lebih menarik, jangan lupa beritahu saya. Saya pun masih perlu belajar untuk membuatnya. Sekian dari saya dan Selamat Mencoba.
Artikel terkait dengan tag Tutorial :
Cara membuat Kue Cupcake lucu dengan Powerpoint
Cara membuat hiasan Bunga Mawar dengan Powerpoint
Membuat lampion menarik dengan Powerpoint
Galeri gambar menarik dengan Powerpoint
loading...

10 comments:

  1. jadi lebih cantik dadargulungnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas buat pujiannya, ini menjadi semangat untuk bisa membuat aneka bentuk-bentuk lainnya yang mungkin saja bisa dibuat sebagai hiasan Powerpoint

      Delete
    2. iya mas moga bisa membuat yang lebih keren-keren lagi :)

      Delete
    3. Terima kasih atas semangatnya mas Denny Aditia semoga bisa membuat efek-efek keren lainnya.

      Delete
  2. bikin kue biasanya di dapur, sekarangmah canngih bisa di buat dalam pc tinggal printernya aja lagi.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis, dunia makin canggih aja. Jadi bisa bikin banyak hal, kalo soal printernya mungkin saya dukung banget mang.

      Delete
  3. postingan nya sangat bagus
    terus posting info info lain nya

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...