05 April 2015

Cara membuat hiasan Mawar Merah di Microsoft Powerpoint

Mawar Merah, bagi kaum hawa bunga ini memang identik dengan bunga yang mengagumkan. Setangkai mawar merah dengan baunya yang semerbak memang menjadi idaman, bicara soal mawar merah kali ini kita akan membuatnya di Microsoft Powerpoint ada tapinya. Dilarang keras untuk memetik bahkan menghirupnya karena itu hal yang mustahil dilakukan pada Mawar merah Powerpoint. Bagaimana membuatnya ?

Pada bagian pertama kita akan membuat bunganya terlebih dahulu, pada postingan yang selanjutnya kita akan membuat batang dan juga daunnya. Untuk mengatasi rasa penasaran, beginilah penampilan bunga mawar merah yang mekar di Microsoft Powerpoint, meskipun tidak mirip hampir 80% sih.

Cara membuat bunga Mawar Merah di Microsoft Powerpoint

Versi : Microsoft Office 2007,2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi

01 | Buat bentuk Teardrop
Untuk membuatnya, Klik Ikon Shapes yang terletak pada Tab Home maupun Tab Insert. Klik lingkaran yang memiliki ujung lancing atau Teardrop pada bagian Basic Shapes. Bentuk lingkaran ini bertetangga dengan bentuk setengah lingkaran dan bentuk lingkaran. Cara mengetahui nama masing-masing bangun adalah menggeserkan kursor pada bangun yang dikehendaki tanpa diklik dan tunggu sebentar, maka nama bangun tersebut akan dimunculkan.

Teardrop di Powerpoint
Gbr.20 Membentuk bangun Teardrop

02 | Pengaturan dan Penggandaan
Bila sudah, klik bangun tersebut dan kursor akan otomatis berubah menjadi tanda Jumlah atau +, nah klik diarea slide dan sesuaikan besarnya sesuai keinginan lalu lepaskan. Bila sudah jadi bentuknya, klik bangun, maka akan muncul lingkaran berwarna hijau pada salah satu sisinya lalu klik dan tarik hingga bangun tersebut menjadi tegak.

Gbr.20 Menggandakan Objek di Powerpoint

Bila bangun belum menjadi tegak, lakukan hal yang sama pada lingkaran hijau itu sampai bentuknya seperti telur duduk. Bila sudah gandakan dengan menekan Tombol Ctrl + d pada Keyboard atau lebih mudahnya Anda bisa menggunakan cara Copy Paste menjadi dua bentuk. Jadi total semua ada tiga bentuk, satu bentuk asli sedan dua bentuk hasil kw bukan hasil copas maksud saya.

03 | Pengaturan
klik bangun dan geser pada samping kiri dan bangun lainnya geser samping kiri, sedang untuk gambar aslinya biarkan pada posisinya ditengah-tengah. Dari sini harusnya sudah nampak seperti bunga. Sekarang Blok semua gambar dengan kursor atau mengklik satu persatu sembari menekan Tombol Ctrl pada Keyboard.

Gbr.20b Mangatur Shape Outline
Bila semua sudah terblok, klik Shape outline lalu pilih No Outline (Masih pada Tab Home).Lalu klik kanan pada bunga tadi lalu pilih Format Object. Muncul kotak dialog, silahkan atur sesuai pada gambar dibawah ini.

Intinya, atur menjadi Gradient Fill, hilangkan salah satu tanda (paling bawah) pada Gradient stops. Anda bisa mengatur warna merah dengan ketebalan terserah, namun hal terpentingnya adalah atur transparency sampai 35%.

04 |Pengaturan Kelopak Bunga
Pada pembahasan kali ini, kita hanya membahas mengenai kelopak bunga mawar. Meskipun mungkin tidak sampai mirip, setidaknya kita sudah bisa membuat bunga di Microsoft Power point. Pada bahasan selanjutnya, kita akan membahas Tangkai dan daunnya.

Gbr.20c mengatur gradasi warna

Anda bisa memilih warna yang Anda sukai untuk mengembangkan bunga yang lebih menarik, sebagai latihan saja saya memilih warna merah. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait tag Tutorial :
Cara membuat Lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat tabel yang bagus di Powerpoint
Cara membuat judul slide yang menarik
Cara membuat galeri foto yang menarik di Microsoft Powerpoint
loading...

12 comments:

  1. selamat pagi gan, saya numpang belajar disini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, silakan Anak Nelayan. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan lagi agar hasilnya maksimal.

      Delete
  2. wih,, keren mas.. kreatif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Indra DP, Selamat Mencoba tutorialnya.

      Delete
  3. wah keren mas baru tahu bikin ginian bisa pake ms. powerpoint
    sebab biasa pake corel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau saya buat Hiasan mawar dengan powerpoint jauh lebih gampang dibanding dengan Corel.

      Sesuai selera aja mas, yang penting kan juga hasilnya.

      Delete
    2. tapi hasilnya bisa dimport gak mas jadi jpg atau png gitu?

      Delete
    3. Bisa kok, tungguin ya artikel selanjutnya menyusul bahasan tentang Cara Menyimpan gambar di Powerpoint

      Delete
  4. wah hasilnya bagus ya,perlu dicoba nih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak atas pujiannya, semoga bisa membuat bunga yang sama dengan tutorial diatas tentunya dan memberikan manfaat.

      Delete
  5. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya
    semoga sukses terus

    ReplyDelete
  6. izin nyimak gan
    suses terus , salam blogger

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...