12 April 2015

Cara membuat Cupcake di Powerpoint

Kreasi Powerpoint kali ini mengangkat tema yang tidak biasa, tapi luar biasa. Ya, bila sebelumnya kita hanya membahas tutorial mengenai barang-barang, tanaman. Kali ini kita nyobain Bisnis Kuliner, dimulai dari kue Cupcake. Kalau tidak salah, kue ini juga masuk jajaran versi Android. Nah, kali ini kita akan membuat kue Cupcake murah meriah modal Powerpoint doang. Penampakannya Kue Cupcake bila di Powerpoint di Powerpoint seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.

hiasan powerpoint, cupcake powerpoint
Gbr.23 membuat cupcake dengan powerpoint

Versi : Microsoft Office Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya.
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01 |  Buat bentuk trapesium
Sebelumnya, buat slide baru dulu dan atur Layout -> Blank. Ketika Slide sudah tampil kosong melompong, saatnya kita memulai kreasi kita. Klik Ikon Shapes yang terdapat pada tab menu Home atau Insert. Shapes --> Trapezoid pada bagian Basic Shapes. Ya, dalam Microsoft Powerpoint lebih dikenal dengan sebutan Trapezoid.

Membuat makanan dengan Powerpoint
Gbr.23a membuat bangun Trapezoid

Tarik pada area slide secukupnya (Tapi kok terbalik ?). Gunakan bulatan hijau yang muncul saat bangun diseleksi. Putar searah jarum jam, sehingga tidak memiliki kesan terbalik. Warnai sesuka hati, baik bagian dalam maupun garis terluar (border) dengan menggunakan ikon Shape Fill dan Shape Outline. Bila tidak ingin menggunakan garis terluar atau Border, klik pilihan No Outline pada Shape Outline.

02 | Buat bentuk Oval
Bentuk oval berguna untuk memberi kesan bahwa itu mangkuk. Dengan ikon yang sama (shapes) klik bangun lingkaran (oval) pada bagian Basic Shapes. tarik menyamping, sehingga bentuknya ramping atau apalah namanya. usahakan menempel antara bangun Trapesium dan bentuk Ovalnya.

Membuat bentuk mangkuk kue
Gbr.23b Mengatur warna bangun Oval

Berikan warnannya dan atur garis terluar (Bordernya). Dengan begitu, mangkuk sudah terlihat lebih bagus. Bila sudah, buat lagi lingkaran dengan langkah yang sama, namun bentuk menjadi lingkaran dengan ukuran mini-mini. Ini tidak wajib, hanya sebagai hiasan pada bangun trapesium agar terkesan bagus saja.

03 | Buat Kuenya
Untuk membuat kuenya kita menggunakan bangun yang sama, yakni bangun lingkaran (oval). tarik pada area slide dan bentuk ramping dan gandakan menjadi dua, jadi totalnya ada 3 bangun oval yang ramping. Susun secara bertangga, perkecil ukuran oval dari bagian yang paling bawah.

Gbr.23c membuat kue cupcake

Jadi, bangun kedua diatur lebih kecil namun tetap ramping, begitu juga yang diletakkan pada bagia atas. Sebagai hiasan saja, gunakan Bentuk bulan dengan cara klik Shapes -> Moon pada Basic Shapes. Ini hanya berguna sebagai pemanis saja, jangan lupa untuk mengatur warnanya dan pada bangun lingkaran kedua atau paling tengah atur warnanya agar terkesan bahwa bangun itu bertumpuk, bukan satu kesatuan. Gunakan shape fill dan pilih warna yang lebih gelap namun tetap satu warna.

04 | Berikan hiasan
Ada dua hiasan yang saya pakai, bentuk stick dan juga cerry. Untuk membuat Stick, gunakan bentuk Rounded rectangles. Shapes --> Rounded Rectangles pada bagian Rectangles. Persegi panjang namun agak melengkung dan berada pada deret kedua setelah persegi panjang yang kaku. tarik secukupnya, lalu putar dengan menggunakan bulatan hijau. Bila tidak muncul, perlebar bangun dengan mengklik bulatan putih saat terseleksi.

Kue Cupcake sebagai hiasan Powerpoint
Gbr.23d memberikan Hiasan kue Cupcake

Setelah diputar kearah kanan, jangan lupa dibuat kembali ramping dan lakukan pengaturan warna, disini saya menggunakan warna coklat pekat sedangkan garis terluarnya No Outline. Jangan lupa untuk Klik Ikon Arrange pada Tab menu Home --> Send to Back. Kita akan meletakkan posisi stick diposisi paling belakang dan sisipkan pada kue yang sudah kita buat.

Sedangkan untuk membuat cerry dan hiasan bulatan kecil lainnya Anda hanya perlu bangun lingkaran dan bentuk sesuai kreativitas Anda. Anda bebas berkreasi dengan Kue cupcake ala Powerpoint yang Anda buat. Lakukan modifikasi dan pemilihan warna yang tepat dan Taraa...Kue Cupcake Anda sudah siap. Silakan disantap.

Ingin menyimpannya sebagai gambar ? agar bisa disisipkan pada banyak Dokumen atau dokumen lainnya, tenang saja ada caranya kok. Baca artikel dibawah ini :
Cara menyimpan gambar di Microsoft Powerpoint
Kok cuma satu, yang lainnya mana ? Oke, kita akan menjelaskan pada ostingan selanjutnya.. Kue Cupcake seri pertama ini akan bersambung pada Kue Cupcake seri kedua (ya iya dong masa langsung seri ketiga)
Artikel lanjutan :
Cara membuat cupcake dipowerpoint Versi 2

Artikel dengan Tag Tutorial :
Cara membuat hiasan mawar dengan Microsoft Powerpoint
Lampion menarik modal Microsoft Powerpoint
Galeri foto yang menarik buatan sendiri
Tabel bagus dengan Microsoft Powerpoint
loading...

26 comments:

  1. Wah hasilnya ciamik juga ya, izin coba praktek dulu mas, makasih banget sangat membantu. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya juga harus berterima kasih karena sudah mau main-main kesini. Silahkan dipraktekan, saya kira juga tidak terlalu sulit Cupcake Powerpoint untuk dibuat.

      Delete
    2. lebih hebat yang buat aplikasi microsoft powerpointnya.

      Delete
  2. simpel dan menarik mas ternyata powerpoint gak kalah sama software grafis lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak Denny Aditia Kalo cuma buat gambar seperti ini, nggak butuh aplikasi yang berat-berat juga untuk membuatnya.

      Delete
    2. iya tinggal kreatifitas yang bermain agar hasilnya keren

      Delete
    3. Bener banget, tinggal kreatifitas menggunakannya tentu hasil akhirnya juga cukup ciamik. Ya, tekun berusaha juga sih.

      Delete
    4. ciamik dah pokoknya
      pasti lahir di ciamis deh

      Delete
    5. Eh, siapa bilang...Saya lahir dari rahim ibu saya mas. Tapi, tempatnya juga bukan ciamis, ciwangi. Hahaha. #Bercanda

      Delete
    6. kan masih sama-sama ci depannya :D

      Delete
  3. belajar membuat cupcake di powerpoint membuat saya ingin membuat cupcake aslinya...
    keep happy blogging always...salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh tuh dicobain. Lihat gambar aja rasanya sudah mau makan, apalagi ada yang bikin asli wah tambah ingin mencicipi rasanya. Hmm...

      Delete
  4. anak saya bakalan seneng nih kalo saya forward postingan Mas Patrick. juara banget sih Mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yey...Saya harus bilang wow kah untuk komentar yang menyebutkan saya juara. wah, bisa dapat nasi uduk sewarung nih kayaknya.

      Delete
  5. wah saya baru tahu ni kalau bisa membuat cupcake di powerpoint. langsung saya coba mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba, jangan lupa dikembangkan biar hasilnya lebih maknyuss lalu disantap.

      Delete
  6. Kreatiff!!
    Baru tau ternyata bisa (*0*)

    Besok pas presentasi proposal skripsi cobain ahhh ending credits nya pake cupcake wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, nanti para pesertanya nggak lihatin creditnya nih. Malah bikin laper Aul Howler wkwkwk

      Delete
  7. wow kagak kepikiran saya kalau ternyata PP bisa buat menggambar..
    visit back

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, asal kreatif aja sih ngolahnya, hasilnya juga lumayan kok. Soal kunjung baliknya ? Sekarang aja ya.

      Delete
  8. Waah..kerenn.. ternyata ga harus pakaui aplikasi gambar,dll

    Coba ahh..

    TFS..berguna banget (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sanjungannya, ya dengan Slide Powerpoint sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan selain untuk membuat slide presentasi. Terima kasih juga untuk kunjungannya.

      Delete
  9. kunjungan pagi gan
    artikel nya menarik sekali untuk dibaca
    ditunggu update nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah saya update kok gan, silakan dibaca tentang Cara membuat Kue Cupcake Versi 2 pada link dipostingan diatas. Saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

      Delete
  10. wah kreatif banget bsa bikin ky gini,nice info .sangat bermanfaat,bisa dcoba nih hehee

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...