05 February 2015

Tips mengatur judul pada Slide

Selamat berjumpa lagi pengunjung Kreasi. Dalam membuat Slide pada powerpoint, tentunya kita tidaklah asing dengan judul pada slide. Judul merupakan komponen yang penting didalam slide, lalu bagaimanakah tips mengatur judul pada Slide ? Tentu saja, ini yang menjadi bahasan kita kali ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan memang mungkin sering diremehkan, padahal itu adalah kunci suksesnya dalam memikat audien, selain menyimak presentasi yang sedang kita bawakan.

Berikut ini beberapa tips dalam mengatur judul dalam slide presentasi powerpoint. Bila ada kesalahan maupun tambahan serta kritik dan yang lainnya, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menambahkannya.

1. Singkat tapi padat
Membuat judul dalam slide powerpoint memanglah perlu dipertimbangkan. Karena mengingat Slide Powerpoint memanglah berguna menyampaikan poin-poin dari presentasi, tentu saja pembuatan judul dari setiap slide harus dibuat singkat. Hal ini tentunya membuat audien tidak merasa bosan atau bingung dengan topik yang sedang kita jelaskan.

Dalam dunia bisnis, tentu saja . pemberian judul pada setiap slide dapat memberikan nilai dimata setiap Client. Bagaimana mereka memandang perusahaan yang sedang mempresentasikan ide-ide maupun analisisnya tentu judul memang menjadi hal yang disorot saat mereka melihat slide yang sedang ditayangkan. Bagaimana judul dapat memikat perhatian para peserta tentu saja ada caranya, Anda bisa membacanya pada Tujuh cara Hebat menciptakan judul presentasi yang memikat.

2. Penggunaan Huruf Kapital
Huruf kapital yang kita gunakan tentu saja haruslah menyesuaikan dengan kaidah bahasa yang benar. Tentunya, akan terkesan kurang baik bila kita menempatkan huruf kapital sesuak hati yang malah tidak membuatnya baik. Penggunaan huruf kapital seluruh huruf pada judul atau tiada huruf kapital pada judul juga bukan hal yang baik.

3. Pengaturan ukuran kata
Sebagai penekanan terhadap judul topik yang dibahas. Penggunaan ukuran yang lebih besar tentu menjadi aspek yang penting. Penggunaan ukuran yang cukup besar dari seluruh judu-judul sub topik membuatnya terkesan lebih rapi dan tentunya teratur. Ini membuatnya terkesan lebih rapi dan tentunya membuat pembaca yang melihatnya jauh lebih nyaman saat mengalihkan perhatiannya pada slide yang ditayangkan.

Penggunaan ukuran yang baik tentunya disesuaikan untuk semua slide agar sama. Hal ini membuat peserta tidak terkejut saat melihat slide-slide selanjutnya. Apalagi kesan yang ditimbulkan tentunya lebih baik dan pergerakan jauh lebih seirama.

Gbr. 5 Tips mengatur judul powerpoint











4. Penataan Huruf
Huruf yang digunakan tentunya huruf yang nyaman untuk digunakan. Huruf yang nyaman tentu saja huruf yang mudah untuk dibaca. Menggunakan huruf-huruf seperti ketebalan yang pas tentunya memberikan kesan yang tak membuat audien butuh waktu lama untuk mencerna. Sehingga dalam sekilas pandang sekalipun, mereka sudah bisa melihatnya dengan jelas untuk kemudian mencernanya dalam isi topik.

Meskipun begitu, penggunaan huruf tentunya mengikuti topik yang dibahas. Mempertimbangkan mengenai peserta yang diberikan presentasi menjadi hal penting, jadi bila topik dan targetnya lebih pada remaja. Penggunaan warna yang keren tentunya tak menutup kemungkinan hingga mengubah jenis hurufnya, namun harus terkesan ramah bagi pembaca.

5. Pemberian jarak 
Ini membuatnya terkesan lebih 'bersih'. Bagaimana suatu slide dianggap cukup menarik dan terkesan lebih profesional, tentunya dilihat dari bagaimana mereka memberikan celah antara judul dengan isi slide. Memberikan jarak membuat mata yang memandang tidak cepat lelah untuk berlama- lama mengikuti slide presentasi Anda.

Dalam memberikan jarak tentunya harus sesuai dengan area yang ada. Selama ada sedikit jarak itu sudahlah cukup. Hindari untuk membuatnya sangat rapat dengan isi. Hal ini membuat judul tidak begitu dihargai aau tidak memiliki tempat, karena terlihat bersatu padu dengan isi topik, membuat peserta harus memberi waktu untuk membedakan antara keduannya.

6. Penggunaan Desain dalam Judul
Apapun itu, mulai dari  penggunaan warna hingga background dari judul memang menjadi hal yang mendukung keberadaan judul asalkan tidak berlebihan. Penggunaan desain yang sesuai pada porsinya membuat judul terkesan lebih menarik dan tidak membosankan tentunya.

Penggunaan desain yang berlebihan hanya membuatnya terkesan rumit, apalagi bila didukung dengan pemberian warna yang kurang tepat, tentunya memberikan kesan yang mencolak dan membuatnya silau. Penggunaan desain yang seperti ini tentunya memberikan kekacauan dalam slide dan membuat presentasi Anda terasa kurang seimbang, pembawaan yang baik namun slide tidak mendukung.

Tak perlu berlebihan, karena cara yang singkat mungkin bisa memoles judul topik lebih baik namun tetap profesional, pada tulisan yang berjudul Cara membuat judul slide yang menarik, saya menggunakan warna flat pada judul, ini membuatnya lebih menarik tapi tak butuh waktu lama untuk membuatnya.

Jadi, dalam Tips powerpoint kali ini kita fokus pada judul slide. Mengingat bagian ini memang cukup penting dan yang pertama kali dilihat oleh peserta. Memberikan kesan yang baik dimulai dari judul slide memanglah penting, karena bila dalam awal kalimat mereka sudah bosan bagaimana mereka menyimak isinya.
loading...

3 comments:

  1. Wah tks artikelnya sangat bermanfaat. Slide yang bagus akan membuat PD ketika kita memberikan presentasi ketika seminar.. :)

    ReplyDelete
  2. Benar sekali, khususnya pada judu slide powerpoint, karena memang peserta tak selalu tertuju pada kita, tapi juga pada slide yang kita tampilkan.

    ReplyDelete
  3. Benar sekali, khususnya pada judu slide powerpoint, karena memang peserta tak selalu tertuju pada kita, tapi juga pada slide yang kita tampilkan.

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...