02 February 2015

Cara membuat tabel yang bagus di Powerpoint

Salam Kreatif pembaca. Kali ini yang kita bahas lebih jauh adalah Bagaimana membuat tabel yang menarik di Powerpoint. Tabel memanglah dibutuhkan untuk menjelaskan topik yang umumnya terbagi dalam sub-sub tertentu. Dimana tidak jauh berbeda dengan tutorial tentang Cara membuat Judul slide yang menarik, kini membuat Tabel yang menarik.Membuat tabel memang bisa dilakukan dengan mudah menggunakan ikon yang ada seperti yang dijelaskan pada Membuat tabel pada Ms. Powerpoint, tapi bila ingin membuatnya sedikit berbeda. Tak ada salahnya mencoba tips berikut.

Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010 maupun diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Tutorial

01 | Buka Program
Pastikan aplikasi sudah tersedia pada komputer, selanjutnya buka aplikasi Microsoft Office Powerpoint. Cara membukanya dengan klik Programs yang terdapat pada bagian Microsoft Office. Pilih Microsoft Office Powerpoint 2010 atau 2007 (disini penulis menggunakan versi 2010).

02 | Buat Slide Baru
Slide baru biasanya sudah disediakan ketika kita membuka aplikasi powerpoint, namun sebagai latihan agar tidak membingungkan, kita akan mengubah tata letaknya, klik new slide (Pada tulisannya disamping panah drop down) lalu pilih Blank. Bila benar langkah yang diterapkan slide baru akan muncul dengan tampilan kosong.

03 | Membuat Persegi Panjang
Cara membuat bangun di Powerpoint
Gbr.2 Membuat Persegi Panjang di Powerpoint
Slide yang sudah dibuat kini akan kita buat bentuk persegi panjang, Langkah-langkahnya. Pastikan menu masih di Home -> Klik bagian Shapes -> Pilih Rectangles -> Rectangles (Bentuk Persegi Panjang). Bila langkah telah diikuti dengan benar, maka kursor mouse akan berubah menjadi bentuk tanda tambah (+). Geser sesuai keinginan, disini saya membuatnya memanjang (Ya, karena bentuknya memang persegi panjang).

Modifikasi bentuk tersebut dengan cara menyeleksinya dengan sekali klik, pilih ikon shape fill untuk mengganti warnanya, sedangkan pilih Shape Outline untuk mengganti garis luar (Bordernya). Bila tidak ingin menggunakan warna bisa memilih opsi no outline, baik pada bagian shape Fill maupun shape Outline.

04 | Buat Judul Tabel
Bila tadi kita membuat persegi panjang, kini kita membuat bentuk lain, yakni persegi panjang lagi (Oke, sebenarnya sama). Langkah-langkahnya sama seperti nomor sebelumnya (No.3) lalu atur ukurannya agar lebih kecil namun tetap lebih panjang. Yakni dengan klik bangun lalu geser hingga begitu kecil seperti gambar berikut ini. Ini warnanya sama karena penulis copas dari persegi panjang pertama lalu diperkecil ukurannya. 
 (Ups, keceplosan)

Cara membuat teks dengan Textbox
Gbr.2a Memberi teks dengan textbox
Bagi yang buat baru persegi panjang mungkin bisa diganti warnanya sesuai pengaturan sebelumnya. Terserah mau warna apa yang penting tidak sama dengan persegi yang pertama (persegi yang pertama kali kita buat).Disini saya menggunakan warna jingga.

05 | Tambahkan teks
Judul Topik
Klik untuk menyeleksi lalu tambahkan teks untuk menjadikannya sebagai judul tabel.

Tabel (Persegi panjang lebih besar)
 Klik Tab menu Insert -> Pilih Text Box. Maka kursor akan berubah menjadi tanda panah menurun. Geser sesuai keinginan atau secukupnya. Mulailah menulis isi dari tabel tersebut. Mengapa menggunakan cara seperti ini ? Karena bagian tabel ada yang tertutupi oleh Judul topik. Jadi, bila kita hanya langsung klik saja yang ada ketika kita memasukkan teks ada yang tidak terlihat karena tertutupi.

Menambahkan teks harus sesuai dengan ukuran tabel. Teks akan otomatis turun kebawah, jadi perbesar ukuran bangun tabel bila dirasa memang kurang.

06 | Memberi Angka
Cara membuat angka di Powerpoint dengan textbox
Gbr. 2c Memberi angka dengan Textbox
Tentu saja tabel memang identik dengan angka. Tanpa hadirnya angka mungkin kurang begitu pas atau beberapa fungsi lainnya. Untuk menambahkan angka bisa menggunakan cara-cara sebelumnya. Yakni menggunakan Text box yang terdapat pada menu Insert.


Bila sudah, geser posisinya pada tempat yang sesuai atau disini sebagai latihan saja kita meletakkannya sejajar dengan judul topik yang kita ulas. Nanti, hasilnya akan seperti ini.

Selesai, kamu sudah bisa melakukan penyalinan dengan melakukan pengelompokan terlebih dahulu (Setiap elemen yang kamu susun agar disatukan untuk memudahkan dalam penyalinan) dengan menggunakan kombinais tombol Ctrl + g. Sekarang kamu bebas menyalin dan menempelnya (copy and paste)  untuk membuat lebih banyak tabel dengan kombinasi yang bisa kamu buat sendiri. Selamat Mencoba.

Cara membuat tabel yang bagus di Powerpoint
Gbr.2d Hasil membuat tabel menarik  di powerpoint
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...