06 February 2015

cara membuat presentasi menarik dengan Template bawaan Microsoft

Salam Kreasi Powerpoint. Kali ini kita akan membahas seputaran Tips powerpoint. Ada satu pertanyaan yang ingin saya ajukan sebagai pembuka posting ini. Bagaimana menyajikan presentasi yang menarik dalam waktu yang singkat ? Tentu jawabannya beragam. Ada yang mengatakan bahwa membuat template untuk disimpan atau mungkin membeli template pada tempat-tempat yang disediakan bahkan mungkin hingga membayar orang untuk menyelesaikan tugas kita tersebut, baik secara online maupun offline.

Jawaban diatas mungkin cukup benar, mengingat tentunya presentasi biasa disajikan dengan halaman kosong. Namun, bagi Anda yang menggunakan Microsoft Powerpoint 2010 atau diatasnya, Anda bisa menemukan triknya untuk bisa membuat presentasi yang menarik dengan waktu yang mungkin saja minim Anda dapatkan. Ya, menggunakan Template bawaan dari Microsoft, Anda bisa melakukannya dengan mudah tapi hasilnya tetap terlihat menarik, Bagaimana caranya ? Simak lebih lanjut.

Cara membuat presentasi dengan template Microsoft

01 |  Buka Aplikasi
Cara membuka Template instan
Gbr.5 Membuat File dengan Template baru
Pastikan bahwa Microsoft Powerpoint 2010 sudah terinstal dengan baik pada perangkat, buka aplikasi tersebut dan umumnya Anda akan menjumpai Slide baru didalamnya. Ini memang hal yang wajar, dari sini Anda bisa menuju tab design dan memilih template. Bukan Template itu yang saya maksud.

02 | Buka Tab File
Tab ini biasanya berwarna dan terletak pada posisi paling pojok sebelah kiri dari posisi Anda menghadap Komputer. Anda bisa membuka Tab tersebut dan memilih opsi New.  Ketika sudah, Anda akan menjumpai dua pilihan, yakni tema dan Template yang tersedia dengan fitur lain yang hanya bisa Anda akses ketika terhubung dengan koneksi Internet.

Template siap pakai di Powerpoint
Gbr. 5a Memilih dokumen bertemplate

Anda bisa mengklik pada Bagian Template dan Tema yang tersedia, tepatnya pada pilihan Sample Templates. Lihat, banyak sekali koleksi Template siap pakai

Anda bisa memilih sesuai keinginan yang dikehendaki, tentunya lebih sesuai bila dengan topik yang diambil dan dipresentasikan.


03 | Pilih yang sesuai
Tentunya sesuai dengan minat dan keinginan Anda yang pas, lagipula Anda bisa melakukan pengubahan nantinya ketika usai memilih template yang ada, setidanya tata letaknya (layout) sudah ada gambaran, sehingga Anda bisa tinggal melakukan penyesuaian saja.

Bila sudah terpilih, maka background pada template terpilih akan berubah berwarna kuning, selanjutnya Anda buat dokumen dengan template tersebut dengan menekan Tombol Create. Dokumen pun ditampilkan sesuai template pilihan Anda. Anda juga bisa melakukan dua kali klik (double click) pada template pilihan Anda, ini akan menampilkan hasil yang sama dengan cara sebelumnya.

Tips memilih template powerpoint
Gbr. 5b Memilih Template di Powerpoint 2010

04 | Sekilas tentang template siap pakai
Template yang siap pakai bisa Anda ubah sesuka hati, Anda bisa melakukan pengubahan lebih lanjut, Beberapa fitur memang sudah disediakan dan disesuaikan dengan pilihan template. Misalnya saja bila template yang dipilih memiliki hubungan dengan Album Foto, maka  akan disajikan beberapa pengaturan foto dan penempatannya. Apalagi, pada bagian bawahnya terdapat catatan yang berfungsi memberikan tips yang mungkin bingung dengan isi masing-masing slide.

Bagaimana mengatur transisi dan memberikan animasi didalamnya. Animasi yang disajikan tetap bisa Anda atur sesuai keinginan. Dengan menggunakan template siap pakai dapat menghemat sekaligus melihat gambaran tentang bagaimana topik yang dibahas dapat Anda terapkan atau bagaimana mengatur penempatan tata letak yang sesuai.

Kini, Anda bisa mempraktekannya bila membutuhkan penggunaan template yang bersifat instan namun tidak memiliki koneksi internet didalamnya. Anda bisa mengunduh pada situs resmi Microsoft bila ingin membuatnya lebih baru.

Pada bahasan sebelumnya kita membahas mengenai Cara membuat Tabel yang bagus di Powerpoint, Tak perlu rumit untuk membuat tabel yang bagus, karena dengan beberapa kombinasi warna dan bentuk akan menghasilkan tabel yang menarik untuk mendukung tampilan yang baik.
loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...