10 February 2015

Cara membuat Lampion di Microsoft Powerpoint

Salam Lampion eh maksud saya Salam Kreasi, sesuai dengan judul yang menjadi bahasan kali ini adalah Tutorial membuat Lampion di Microsoft Powerpoint. Lampion memang identik dengan hari-hari keagaamaan sebagai peringatan tertentu, namun seiring perkembangan zaman memang menjadi aksesoris Interior dan dekorasi, bila ingin membaca lebih lanjut kegunaan lampion bisa membacanya disini.

Cukup membahas lampion, sekarang kita akan belajar membuatnya hanya berbekal Microsoft Powerpoint. Tips dalam membuat lampion ini tak begitu susah bila sudah bisa (Bila belum bisa ya latihan). Tutorial kali ini mungkin membutuhkan langkah yang cukup panjang, namun kita akan membaginya dalam beberapa postingan. Penasaran dengan hasilnya, begini jadinya.

tutorial membuat lampion di Powerpoint
Gbr. 5 lampion di powerpoint
Meskipun tidak terlalu bagus, mungkin Anda bisa mengembangkannya lebih lanjut. Baiklah, kita mulai pada Bagian pertama Tutorial kita membuat Lampion dengan mudah.

Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010 dan diatasnya
Kategori :Menengah
Jenis : Tutorial

01 | Buat Slide baru
Setiap melakukan sesuatu tentunya berdo'a, tentunya selain mengharapkan keberhasilan mengikuti tutorial juga agar lebih berkah. Bila sudah, mulai buka aplikasi Microsoft Powerpoint Anda, disini saya menggunakan Microsoft Powerpoint 2010,  Anda juga bisa menggunakan versi sebelumnya, meskipun ada beberapa langkah yang dirasa cukup berbeda.

Anda bisa membuat Slide baru dengan klik New Slide -> Pilih pada panah New Slide ->Opsi Blank. Ini akan membuat Slide baru dengan tata letak yang kosong, sehingga kita bisa mengubahnya sesuai keinginan kita.

02 | Buat Lingkaran
Untuk membuat lingkaran, Pastikan pada Tab menu Home pada Bagian Shapes -> Klik pada bagian Basic Shapes lalu pilih Bentuk lingkaran (oval). Kursor pointer akan berubah menjadi Tanda Tambah (+) dan geser hingga membentuk lingkaran agak lonjong, bila sudah lepaskan pergeseran ((drag) pada mouse.

membuat bentuk lingkaran oval di powerpoint
Gbr. 5a Membuat bentuk Oval di powerpoint

Ketika bentuk oval sudah terbentuk, sekarang kita akan memberikan warna gradasi pada bentuk tersebut. Klik kanan pada bangun tersebut lalu pilih Format Shape. Muncul kotak dialog Fill, pilih posi Gradient fill, sedangkan pada bagian type pilih radial. efek radial memberikan efek gradasi warna yang melingkar.

Pada bagian direction ->pilih bagian yang paling tengah, pada bentuk melingkar. Sedangkan untuk penyesuain warnannya Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini. Setelah usai, Anda bisa menutup kotak dialog dengan menekan tombol Close.

Cara mengatur gradient pada powerpoint
Gbr. 5b memberikan warna gradasi pada powerpoint
03 | Mengatur Shape Outline
Shape outline berguna untuk menghilangkan garis terluar atau border suatu Bangun, untuk menghilangkannya, Anda bisa mengklik ikon shape outline lalu pilih No Outline. Setelah itu, otomatis garisa akan menghilang.

04 | Membuat Oval kembali
Bentuk oval kembali untuk bagian isinya, Anda bisa menggunakan cara sebelumnya, tepat pada urutan no.2. Hilangkan warna pada Shape Fill dengan menekan tombol fill dan memberikan warna pada garis terluar dengan cara seperti no.3. Disini saya menggunakan warna merah agar sesuai dengan gradasi pada oval pertama. Anda bisa menyesuaikan sesuai keinginan.

Membentuk bangunan oval di powerpoint
Gbr. 5c Membentuk oval dan mengatur shape fill
Bila sudah, geser oval kedua pada oval pertama. Ini akan memberikan kesan lampion yang lebih seperti bangun ruang. Usahakan untuk meletakannya pada bagian yang cukup terang, bila Anda mengikuti tutorial gradasi warna seperti punya saya, Anda bisa melatakannya di tengah karena menggunakan warna putih.

05 | Membuat penutup
Ini terserah Anda mau mengikuti atau tidak, penutup ini hanya berguna sebagai pemanis Lampion yang sudah kita buat, Anda bisa menggunakan dua oval dengan warna coklat dan meletakannya pada atas dan bawah lampion. Lebih jelasnya Anda bisa melihat seperti gambar dibawah ini.

Membuat lampion di Powerpoint
Gbr. 5d Membuat lampion di Powerpoint
Sampai disini kita sudah membentuk dasar lampion, pada artikel selanjutnya kita akan membuat hiasan sebagai pelengkap dari lampion, tetap kunjungi dilain waktu. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Lanjutan Artikel :
Cara membuat Lampion di Microsoft Powerpoint Bagian 2

Tutorial lain yang mungkin bermanfaat :
Cara membuat tabel yang bagus di Powerpoint
Cara membuat animasi Tabel yang bagus di Powerpoint
loading...

2 comments:

  1. ijin nyimak artikelnya gan
    terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  2. thank you for the information. i enjoy ur blog

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...