19 February 2015

Cara membuat Galeri foto yang menarik di Powerpoint

Salam Kreasi Powerpoint. Kali ini tutorial yang akan kita bahas seputaran Galeri. Setiap orang tentunya punya galeri foto, namun tidak semuanya bisa mengolahnya menjadi baik dengan menambahkan judul maupun tanggal didalamnya. Tenang saja, bermodalkan powerpoint kita bisa membuat galeri foto yang menarik namun tetap tersusun rapi dan terkesan profesional seperti gambar dibawah ini.

Gbr.9 membuat galeri dengan powerpoint
Terkesan lebih bersih namun tidak meninggalkan kesan menarik. Baiklah, kita akan membuatnya dalam beberapa langkah berikut ini.

Versi : Microsoft Office 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis. Tutorial

01 | Buat Slide baru
Tentunya Anda harus membuka aplikasi Microsoft Office Powerpoint, lalu otomatis akan tampil slide baru, atur slide agar layoutnya kosong dengan cara Klik Ikon Layout -> Pilih Blank. Pengaturan ini membuat slide Anda bersih dan kita bisa melakukan perubahan didalamnya.

02 | Buka Gambar atau Foto
Buka gambar yang Anda miliki atau Anda bisa mengunduhnya dulu di Mesin Pencari Google. Untuk menyisipkan gambar dari Komputer, Anda bisa mengklik tab menu Insert lalu Klik ikon Pictures. Muncul kotak dialog, selanjutnya cara dimana file gambar Anda simpan, bila sudah klik gambar dua kali atau klik gambar lalu Klik tombol Open.

Tutorial memasukkan gambar di Powerpoint
Gbr. 9a menyisipkan gambar  di Microsoft Powerpoint


03 | Membuat Tanggal/ Deskripsi
Setiap gambar atau foto terkadang perlu diberikan tanggal atau deskripsi guna memberikan penjelasan atau sebagai pengingat dari tanggal foto dari setiap momen. Kita akan membuatnya tampak menyatu dengan gambar atau foto yang kita sisipkan.

Gbr.9b membuat objek persegi panjang
Pastikan Anda berada pada Tab Menu Home atau Insert, selanjutnya Klik Ikon shapes lalu pilih Bentuk persegi panjang pada bagian Rectangles. Bila sudah, kursor akan berubah menjadi tanda penjumlahan (+). klik dan geser untuk membentuk persegi panjang tepat dibawah gambar, sesuaikan lebarnya dengan gambar diatasnya agar tampak seimbang.

04 | Memberikan pewarnaan
Daripada hanya menggunaan warna bawaan windows yang dirasa kurang menarik, tak ada salahnya untuk coba memodifikasinya. Klik bangun persegi panjang agar terseleksi, lalu klik ikon shape Fill (Pada Tab Home). Shape Fill berguna untuk memberikan warna pada bagian dalam Bangun tersebut, sedangkan untuk mengganti warna border atau garis terluar kita bisa menggunakan Shape Outline.

Disini saya hanya menggunakan Shape Fill, sedangkan garis bordernya saya hilangkan. dengan cara Klik Shape Outline lalu pilih No Outline, Anda bisa melakukan hal yang sama pada Shape Fill, cuma perbedaanya terletak pada pilihan No Fill.

05 | Memberikan Teks
Silahkan menuju Tab Menu insert lalu pilih Text box. Bila sudah, sekarang tempatkan pada bangun persegi panjang yang sudah kita buat, geser secukupnya. Bila sudah, Ketikan Tanggal terlebih dahulu, lalu turun kebawah dengan Tombol enter. Ketikan Bulan beserta tahunnya.

Gbr.9c Pengaturan ukuran Font
Normalnya warna dari teks adalah hitam, Anda bisa mengganti warna lain yang lebih cerah. Disini, saya menggunakan warna putih. Klik teks atau blok teks dan berikan warna dengan Ikon Font color. Atur ukurannya menjadi tengah (alignment center). Perbesar ukuran pada tanggal dengan cara memblok tanggal lalu atur ukurannya agar lebih besar.

Selanjutnya Anda bisa menerapkan pada gambar yang lainnya, tentu saja dengan memanfaatkan langkah-langkah seperti diatas, Anda juga bisa melakukan modifikasi dengan meletakkan disamping gambar seperti gambar yang paling bawah dan menambahkan teks dengan langkah yang tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah diatasnya.

Artikel Terkait dengan Tutorial :
Cara membuat Lampion di Microsoft Powerpoint
Cara membuat Tabel yang bagus di powerpoint
Cara membuat judul slide yang menarik
loading...

24 comments:

  1. Assalamu Alaikum Wr.Wb dan selamat pagi Mas... wah blognya membahas tuntas mengenai dunia Power Point ya, blognya bisa menjadi referensi jika besok besok saya ingin belajar berbagai macam Tips dalam membuat Power Point,terakhir saya menggunakan Power Point ketika akan ujian Tutup karena harus menampilkan Materi di depan para Penguji...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sebelumnya. Blog ini memang membahas tuntas mengenai Tips powerpoint. Bahkan juga animasi dan Tutorial didalamnya. Ya, powerpoint menurut saya tidak hanya identik dengan presentasi meskipun itu salah satunya.

      Karena memang kita bisa mengeksplorasinya lebih jauh kak Hayardin Mahgfirah. Terima kasih atas komentarnya.

      Delete
  2. Saya baru tahu karena selama ini pake powerpoint buat persentasi doang... Makasih ilmunya

    Salam kenal dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau Dollar ? Unik juga. Perangkat lunak yang satu ini memang banyak kejutan didalamnya selama kita pandai-pandai melakukan utak-atik didalamnya.

      Delete
  3. keren mas, kreatif sekali.. kapan2 aku coba nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kapan-kapan kalau ada waktu bisa dicoba. Secara, untuk membuatnya memang terbilang cukup mudah namun hasilnya tetap menarik.

      Delete
  4. saya acungkan jempol tangan saya dua-duanya mas hihi keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jempol empat deh sama saya ngikut juga Kak Ipah Kholipah. Untuk pujian dan kunjungannya terima kasih.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. caranya cukup mudah ya mas....kebetulan saya sering bermain2 dgn power point untuk membuat presentasi, tapi untuk ini adalah pengalamn baru bagi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, tidak ada salahnya untuk menampilkan hal baru meski menggunakan Microsoft Powerpoint saja modalnya. #Salam_kreatif

      Delete
  7. kebetulan saya sering buat slide presentasi di youtube.. tapi hasilnya masih seadaanya .. mudah2an bisa belajar banyak di blognya mas
    thanks banget tutorial power pointnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, sering-sering main kesini ya kak klikalfon

      Delete
  8. wah keren nih, saya jarang banget pake PP, jadinya kagok :D \tips yang sangat bermanfaat mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang akrab dengan dunia PP mungkin sudah bukan hal baru. Kalo kagok tinggal rajin latihan juga bisa kok.

      Delete
  9. waah beneran menarik nih,perlu di coba,terimakasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak, silakan dicoba saja, lagipula cuma butuh Microsoft Powerpoint

      Delete
  10. Tanpa basa basi tak coba langsung ni mas, maklum suka dengan desain ni, terima kasih ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh mas, langsung dicoba saja lagipula pembuatannya juga cukup mudah kok.

      Delete
  11. Langsung saya coba buat mas, asiknya bertahap jadi lebih mudah diikuti. Bikin kalender dari powerpoint apa memungkinkan mas secara yang biasa saya gunakan office publisher.

    Kalau bisa selanjutnya ada template power point yang bagus-bagus mas yang bisa didownload dengan mudah.

    Makasih ya?

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Oke deh pas Muhammad Adam Hussein, SPd, CM tungguin kedatangan saya di Blog Anda ya.

      Delete
  13. Powertpoint bisa buat beginian jg ternyata.... mantaps infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, membuat galeri menarik dengan Powerpoint memanglah terasa mungkin selam mau mengembangkannya lebih jauh.

      Delete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...