04 February 2015

Cara membuat animasi Tabel Powerpoint dengan mudah

Salam Kreasi, sebagai pemberitahuan bahwa ini adalah post kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Cara membuat animasi tabel yang bagus di Powerpoint. Bila sebelumnya kita telah membuat animasi pada judul powerpoint. Kini kita akan membuat animasi pada angka di Tabel Powerpoint yang sudah kita buat sebelumnya.

Kita akan membuat animasi dengan efek yang tidak jauh berbeda dengan efek animasi Judul Tabel. Hanya saja, perbedaannya terletak pada arah yang akan kita beri animasi. Seperti biasa kita mulai dari membuka filenya dulu (Maaf salah, bukan filenya tapi aplikasinya dulu).

Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : Animasi
Keterangan : Lanjutan Tutorial Cara membuat animasi tabel powerpoint dengan mudah

01 | Buka Aplikasi Powerpoint
Dalam membuka aplikasi powerpoint bisa dibaca pada tutorial sebelumnya. Diperlukan untuk membuka tabel yang animasi judulnya sudah kita buat sebelumnya. Anda bisa bebas berkreasi untuk memberikan hasil maksimal, namun bagi yang baru mengenal. Mungkin tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti sesuai tutorial yang ada.

Aplikasi Powerpoint memang kaya dengan animasi, apalagi bila kita pandai-pandai dalam mengolahnya. Kita akan menggunakan Animasi Motion Path. Bila belum memahami, Anda bisa belajar dari Blog Notesanom.

Mengenal Custom Animation pada Di Ms.Powerpoint

02 | Memindahkan Lokasi Angka
memindahkan teks angka di Powerpoint
Gbr.4 Memindahkan teks dan memberi animasi motion path
Sama halnya dengan memindahkan judul topik pada bahasan artikel sebelumnya. Memindahkan lokasi angka juga perlu dilakukan. Initnya, pindahkan angka keluar dari slide, disini saya menggunakan arah yang berlawanan dengan arah dari Judul topik. Sehingga jadinya seperti gambar disamping.

Memindahkan lokasi bisa dilakukan dimanapun, itu bergantung pada kreativitas tentang bagaimana Anda memberikan pengaturan didalamnya.

03 | Memberikan animasi
Animasi yang digunakan bebas sesuai keinginan. Anda bisa juga menggunakan animasi powerpoint berupa motion paths yang sudah diterapkan pada judul Topik Tabel. Namun, bila saya memberikan perpaduan khusus didalamnya. Maksudnya ? Kita akan mencoba memberikan efek lain dan menggabungnya dengan animasi motion path yang telah kita buat sebelumnya.

Gbr. 4a Memberi efek Zoom dan
memunculkan animation task pane
Animasi yang saya gunakan disini adalah animasi Zoom (membesar) pada animasi bagian Entrance. Untuk menggunakan animasi ini, jangan lupa untuk selalu menyeleksi angka yang sebelumnya sudah kita ubah, lalu klik tab menu animation. Klik Add new animation.

Pilih Zoom pada bagian Entrance. Bila langkah-langkah tersebut telah kamu ikuti dengan baik, makan animasi akan ditampilkan pada animation pane. Untuk memunculkan kotak pada gambar, jangan lupa klik animation pane (Beberapa versi sudah menampilkannya secara otomatis).
04 | Melakukan Modifikasi
Pada saat melakukan pemberian animasi diatas, normalnya ketika animasi tersebut Anda jalankan. Maka Anda harus menekan tombol sembarangan, mulai dari enter spasi hingga mengklik mouse untuk menjalankan animasi terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengklik kanan pada animasi yang dipilih -> lalu pilih Start with Previous. Ini akan membuat animasi dijalankan secara otomatis, begitu slide dimainkan.

cara mengatur Start with previous pada powerpoint

05 | Memperpanjang durasi Animasi
Bila kita sudah mengatur jalannya animasi secara otomatis, tentu pada tahap berikutnya bagamana kita mengatur pergerakan waktu juga dirasi animasi berjalan. Terlhat beberapa animasi diatasnya sudah memiliki ukuran lebih panjang dari animasi zoom. Ini membuat animasi Perbesaran / Zoom tidak terlihat karena durasinya telah habis. 

                              
Untuk memperpanjang durasi pada powerpoint, kita bisa mengarahkan kursor pada durasi waktu animasi berjalan (Persegi panjang berwarna kuning). Kita dekatkan hingga kursor pointer berubah seperti bentuk lain mirip huruf I. Bila sudah Kita geser hingga melebihi durasi animasi sebelumnya. Ini akan membuat animasi tetap berjalan meskipun bersama animasi lainnya. Kurang lebihnya seperti gambar disamping ini.
Selesai, Anda bisa mencobanya dengan menekan tombol Preview, maupun langsung memainkannya secara full screen dengan menekan tombol F5. Bagaimana hasilnya ? Tidak menutup kemungkinan Anda bisa mencoba untuk animasi pergerakan dengan modifikasi sesuka hati Anda. Ini hasil dari yang saya buat.

Tutorial membuat animasi powerpoint
Gbr. 4c Hasil akhir animasi powerpoint

loading...

0 komentar:

Post a Comment

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...