03 February 2015

Cara membuat animasi Tabel Powerpoint dengan mudah

Salam Kreasi, bicara soal animasi. Perangkat Lunak Microsoft Powerpoint memang bukan hal biasa, tapi bagaimana kita mempolesnya agar terkesan lebih menarik itu yang lebih luar biasa. Oleh karenanya, kita akan membahas mengenai tabel yang sudah kita buat pada postingan sebelumnya lalu sebagai lanjutannya kita bisa menambahkan animasi pada tabel tersebut.

Versi : Microsoft Powerpoint 2007, 2010, dan diatasnya
Kategori : Mudah
Jenis : animasi

01 | Buka Aplikasi -> Buka File Tabel Powerpoint
Bila belum membuat Tabel Powerpoint, Anda bisa membuatnya melalui artikel Cara membuat tabel yang bagus di Powerpoint. Sebelumnya, buka file tersebut pada lokasi file itu disimpan. Anda bisa juga membuka Microsoft powerpoint terlebih dulu lalu membuka File Tabel menggunakan ikon open (Buka). Bila File itu sudah selesai dibuka. Anda bisa mengklik judul tabel sehingga otomatis akan terseleksi.

02 | Memindahkan judul Topik
Gbr.3 Memberi animasi pada powerpoint
Geser Judul topik tersebut diluar area slide. Anda bisa bebas untuk meletakannya dimanapun Anda mau, namun saya meletakannya sejajar dengan posisinya agar pemberian animasi tidaklah rumit. Anda bisa juga berkreasi dengan seni lain bila Anda sudah memiliki ide.

03 | Berikan sentuhan Animasi
Dengan bangun persegi panjang yang masih terseleksi selanjutnya Anda klik Tab Animation ->pilih Lines pada bagian Motion Paths. Normalnya, panah akan menunjuk kearah bawah, Anda bisa melakukan sedikit pengubahan didalamnya dengan mengklik effect option -> pilih Left (kiri) atau terserah pada pilihan Anda. Intinya, kita membuat Bangun tersebut keluar dari tempat persembunyiannya menuju Slide yang kita mainkan saat itu.
Gbr. 3a Memodifikasi Animasi

04 | Mengatur ukuran Panah
Pada gambar diatas kita melihat posisi dari panah sudah panjang bagaimana dengan punya Anda ? normalnya masih pendek, Anda bisa mengklik bulatan kecil pada tanda panah warna merah untuk memperpanjang animasi berjalan. Beberapa menit mungkin dibutuhkan untuk menyesuaikan landasan yang pas untuk bangun persegi panjang tersebut. Dalam artian bahwa bagaimana membuat bangun tersebut mendarat tepat pada lokasi yang kita inginkan.

05 | Modifikasi animasi
Bila sudah memanjangkannya, sekarang coba jalankan animasi tersebut dengan menekan tombol Preview (beberapa Versi Microsoft Office mungkin memiliki lokasi penempatan yang berbeda). Modifikasi bisa Anda lakukan untu membuatnya nampak baik. Anda bisa menggunakan tombol panah pada Keyboard untuk membuatnya tepat sesuai keinginan.

Bagaimana hasil Anda, ini milik saya. Saya yakin Anda bisa membuatnya lebih menarik daripada yang saya buat, apalagi bila ide-ide segar Anda selalu muncul dalam membuatnya.
Gbr. 3b Hasil animasi powerpoint pada tabel
loading...

1 comment:

  1. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete

Silakan masuk dengan akun Google untuk memberikan Komentar. Bila kebetulan tidak ingin Masuk, silakan masuk dengan akun Name / Url. kik panah disamping tulisan Comment as lalu pilih Name/url. Isikan Nama dan Url situs Anda. lalu isi Komentar Anda. Terima Kasih.

loading...